Trik Jitu Menghasilkan Desain Cat Kamar Geometris yang Estetik

Desain cat kamar geometris bisa mengubah suasana kamar yang polos menjadi lebih menarik. Karena pola geometris yang estetik akan membuat dinding kamar terlihat cantik. Kalau biasanya orang lebih memilih menggunakan wallpaper kamu bisa membuat sendiri polanya agar lebih personal.

Mulai sekarang jangan biarkan kamar tidur atau kamar tamu anda tampil polos. Hanya dengan bermodalkan cat tembok dan masking tape, anda sudah bisa membuat tampilan yang menawan di dinding. Membuat suasana unik dan berbeda yang menambah kenyamanan hunian.

Trik Jitu Menghasilkan Desain Cat Kamar Geometris

Trik membuat desain cat kamar geometris yang menarik tidak memerlukan langkah yang sulit dan biaya yang mahal. Juga tidak memerlukan bantuan pensil untuk menggambar polanya. Anda hanya cukup membuat pola dengan masking tape saja. Kalau penasaran simak 5 langkah jitu dibawah ini ya?

Tentukan Area Kamar

Langkah pertama adalah menentukan area dinding kamar yang ingin digambari dengan pola geometris. Yang perlu diperhatikan saat menggunakan pola geometris ini adalah lebih cantik ketika digunakan pada satu dinding saja, Misalnya pada belakang meja, belakang tempat tidur bagian headboard.

Sebaiknya kamu tidak membuat pola geometris ini diseluruh dinding yang menyebabkan kamar menjadi terasa penuh dan sempit. Meskipun ukuran kamar yang digunakan cukup luas, memenuhi dinding dengan pola membuat pemandangan tidak nyaman.

Sebelumnya memulai membuat kamu hanya perlu menyiapkan bahan dan alat yang diperlukan untuk membuat pola. Yaitu rol untuk lebih memudahkan mengecat, berbagai ukuran kuas untuk membuat detail pola, masking tape dan cat dengan berbagai warna yang menarik.

Ketika bingung memilih pola dan warna yang digunakan, kamu bisa mencari inspirasi dengan searching di internet. Setelah mendapatkan beberapa contoh biasanya ide dan gambaran akan segera muncul dalam pikiranmu. Untuk membuat pola dan warna yang sesuai dengan seleramu.

Bersihkan dan Perbaiki Kerusakan Pada Dinding.

Karena hasil akhir dari proses desain cat kamar geometris juga ditentukan oleh proses dasar dari pengecatan dinding sebelumnya. Maka untuk mendapat hasil yang terbaik, pastikan dinding tidak dalam keadaan yang lembab, berlubang, atau bahkan berjamur.

Karena kondisi warna cat tidak akan pernah tampil sempurna bila dinding yang akan dicat dalam kondisi yang tidak rata dan kotor. Selain itu cat juga tidak dapat menempel dengan sempurna, bahkan mudah mengelupas ketika digunakan pada dinding yang lembap dan berjamur.

Oleh karena itu sebelum mulai mengecatnya atau membuat pola, perbaiki dahulu masalah yang ada. Misalnya kalau dinding berlubang di tambal dahulu, kalau dinding bocor bisa dicat dengan waterproof dan mengecat lagi warna dasar agar lebih sempurna.

Aplikasikan Cat Dasar yang Sudah Dipilih

Kemudian sebagai langkah selanjutnya anda dapat mengaplikasikan cat dasar yang sudah anda pilih sebelumnya. Sapukan pada dinding warna yang nantinya akan mendominasi desain cat kamar geometris yang kamu inginkan.

Tetapi kamu bisa melewati tahapan ini ketika warna dasar pada dinding masih rapi dan bersih. Kamu bisa langsung melakukan langkah membuat pola agar proses pengerjaan bisa lebih cepat selesai. Dan desain dinding kamarmu lekas terwujud dengan sempurna.

Membuat Pola

Langkah selanjutnya adalah membuat pola dengan masking tape, caranya adalah dengan menempelkan masking tape. Tempelkan dengan rapi dan lekat sesuai pola geometris yang kamu inginkan.

Jangan lupa untuk memastikan bahwa masking tape yang kamu tempelkan sudah melekat sempurna. Pastikan tidak ada yang terlipat atau menggelembung agar hasil cat nantinya terbentuk sempurna saat  masking tape dilepaskan.

Melakukan Touch Up

Setelah itu kamu dapat melanjutkan langkah dengan cara menyapukan cat pada tiap bagian pola yang sudah dibuat sebelumnya.Lapisi berulang agar hasilnya terlihat nyata dan sempurna secara merata.

Setelah yakin semua cat sudah menyebar sempurna dan sudah kering, lepaskan masking tape. Setelah itu lakukan touch up dengan menggunakan kuas kecil pada bagian tertentu agar lebih rapi dan cantik.

Itulah 5 trik jitu dan praktis untuk membuat desain cat kamar geometris yang cantik pada dinding kamar minimalis. Cobalah aplikasikan pada kamarmu sekarang juga, agar suasana hati dan mood kamu semakin bertambah baik.

5 Trik jitu Memadukan Warna Cat Untuk Desain Cat Kamar Geometris

Memadukan warna cat yang serasi dan senada untuk membuat desain cat kamar geometris yang cantik juga sangat penting. Karena warna cat bisa menentukan hasil akhir dari suatu pola atau desain. Memainkan banyak jumlah warna bisa membuat kesan yang ceria, kamu bisa mengikuti tips berikut ini:

Tentukan Gaya Desain Yang Diinginkan

Pertama kali yang harus kamu lakukan adalah dengan menentukan konsep interiornya terlebih dahulu. Misalnya kamu menginginkan konsep elektik maka yang harus dipilih adalah warna kontras dan bertabrakan. Namun kalau menginginkan konsep industrial bisa memilih warna coklat dan hitam

Gunakan Cakram Warna

Cakram warna merupakan salah satu senjata para desainer interior untuk mendapatkan warna yang serasi. Anda juga dapat memanfaatkan kegunaan benda ini ketika ingin memadukan warna dalam interior rumah.

Cara penggunaannya juga sangat mudah dan membantu karena paduan warna pada cakram tersebut sangatlah jelas. Pada cakram terdapat beberapa warna cat dasarnya yaitu merah, kuning, dan biru. Kemudian dari ketiga warna tersebut akan muncul warna sekunder, tertier, dan juga turunannya.

Ketika kamu ingin menggunakan dua warna yang berbeda namun senada, maka kamu bisa memilih warna yang saling bersebelahan. Namun ketika menginginkan warna yang berani dengan perpaduan yang kontras bisa menggunakan sudut 90 derajat sehingga hasilnya akan lebih elegan.

Ukuran Ruang yang Digunakan

Karena warna cat memiliki pengaruh yang besar dengan ukuran sebuah ruang, maka harus benar-benar diperhatikan. Jangan memilih warna yang terlalu gelap dan kontras pada ruangan yang sempit. Karena akan membuat ruangan menjadi terasa penuh dan sesak.

Pakailah warna yang terang seperti putih dan pastel agar kesannya menjadi lebih luas. Namun ketika ruangan yang digunakan cukup luas bisa bebas menggunakan warna apa saja. Termasuk warna gelap dan juga perpaduan yang kontras.

Warna Furnitur Yang Serasi

Selain menyesuaikan dengan dinding saja warna furnitur juga turut mempengaruhi hasil dari desain cat kamar geometris. Perhatikan dengan baik warna yang dimiliki pada furniture yang kamu gunakan. Gunakan warna yang senada dengan furniturenya agar hasilnya terlihat semakin cantik dan menawan.

Proporsi Tiap Warna yang Senada

Jangan lupa untuk memperhatikan proporsi warna yang digunakan, karena ketika proporsi warna yang digunakan salah malah merusak dekorasi. Pastikan untuk menggunakan tiap warna dengan porsi yang pas agar terlihat serasi dan senada.

Baca Juga : Mengenal Contoh Kerajinan Berbasis Media Campuran Beserta Contohnya

Lima cara memadukan warna cat tadi sudah menjamin keindahan dekorasi kamar kamu saat diterapkan dengan tepat. Sehingga membuat nuansa yang berbeda dan terasa lebih pas dibandingkan sebelumnya.

Beberapa ulasan mengenai desain cat kamar geometris tersebut dapat membuat dekorasi rumah kamu menjadi keren saat diterapkan. Mulai sekarang tidak usah ragu-ragu lagi saat ingin mengecat kamar kamu dengan pola geometris yang ngehits dan kekinian.