Struktur Organisasi Kelas, Tugas dan Keuntungan yang Didapat

Apakah kamu pernah menjadi pengurus dalam struktur organisasi kelas? Struktur ini memang pada umumnya sama dari waktu ke waktu dengan tugas yang hampir sama juga. Namun, hal ini berbeda penerapannya pada masing-masing kelas.

Setiap kelas memiliki wilayah intern sendiri sehingga mereka dapat membuat organisasi lebih hidup dan memberi kemanfaatan bersama. Pengelolaan organisasi kelas secara maksimal, akan didapat banyak keuntungan baik di masa sekarang atau kemudian hari.

Keuntungan yang Didapat dengan Aktif Organisasi Kelas

struktur organisasi kelas

Jika kamu suka berorganisasi, sebaiknya aktif sebagai pengurus kelas. Hal ini bukan hanya membuat kamu lebih percaya diri dan mempermudah pergaulan, tapi ada banyak manfaat yang didapat. Keuntungan aktif dalam struktur organisasi kelas dapat kamu simak di bawah ini, antara lain:

Lebih Percaya Diri

Berorganisasi akan membuatmu tampil lebih percaya diri baik karena terpaksa atau tdak. Sebagai pengurus au tidak mau harus dapat menghandle tugas dan orang jika berhubungan dengan tugasmu.

Hal seperti ini melatih kepercayaan diri untuk tampil di muka umum, menguasai public speaking. Dengan begitu akan menambah lebih banyak kepercayaan diri yang berguna di masa mendatang.

Manajemen Waktu

Sebagai bagian dari organisasi kelas, tentunya ada tugas baru yang disandang dan harus dibereskan. Untuk itu kamu harus pandai dalam manajemen waktu agar pelajaran tidak terganggu.

Meskipun sibuk dan harus meluangkan waktu, hal ini akan menyenangkan jika kamu lakukan dengan senang hati. Manajemen waktu yang bagus akan membuatmu belajar lebih menghargai waktu.

Media Pengembangan Diri

Organisasi kelas memang lingkup kecil dalam sebuah sekolah. Hal ini menjadi pemicu agar kamu dapat lebih mengembangkan diri sesuai kemampuan yang kamu miliki.

Maksimalkan dan lakukan tugas dengan baik, maka cara cerdas pengembangan dirimu akan terbuka luas. Perlahan, kamu akan menemukan tempat yang tepat dan cocok untuk melihat kemampuan yang ada.

Berani

Dapat dikatakan masuk dalam struktur organisasi kelas akan membuatmu lebih berani menghadapi banyak rintangan. Terutama ketika menghadapi berbagai macam karakter teman sekelasmu. Dengan demikian kamu dapat melihat mana sisi baik dan buruk dalam sebuah pertemanan.

Hal ini sangat baik untuk membentukmu menjadi lebih berani. Bahkan keberanian ini ditunjang jika kamu dengan langkah pasti berani untuk mengutarakan ide kreatif yang tak biasa.

Menghargai Orang Lain

Organisasi akan mengajarkan banyak hal salah satunya lebih mampu menghargai orang lain. Banyak tipe yang berbeda dengan kepribadian diri tapi jangan membuat hal tersebut bertentangan.

Saling menerima dan lebih menghargai orang lain akan membuatmu lebih sabar dalam mengatasi berbagai masalah. Dari tingkat kepekaan seperti ini memunculkan rasa empati dalam banyak hal.

Menambah Wawasan

Tentu saja jika kamu aktif ketika masuk dalam struktur organisasi kelas akan banyak wawasan yang didapat. Wawasan yang akan membuka pola pikirmu maju seribu langkah ke depan lebih cepat dari orang kebanyakan.

Wawasan bukan hanya masalah pelajaran di sekolah saja, tapi bagaimana mengatasi banyak tugas dengan baik. Lebih banyak wawasan didapatkan akan menimbulkan ide baru yang lebih kreatif.

Pandai Mencari Solusi

Sebuah organisasi tentu memiliki masalah. Masalah yang muncul harus diselesaikan dengan baik dan tepat sasaran. Dari sini belajar untuk menghadapi masalah dengan baik, menganalisa untuk mendapatkan solusinya.

Penyelesaian masalah yang kadang tidak dapat kamu temui dalam pembelajaran biasa. Namun, melalui organisasi hal ini membuatmu lebih kritis dalam mengatasi problem.

Tugas dan Struktur Organisasi Kelas yang Harus Kamu Tahu

struktur organisasi kelas

Setelah mengetahui berbagai keuntungan dalam berorganisasi, sekarang saatnya mengetahui struktur organisasi kelas secara lengkap. Organisasi ini memang ruang lingkupnya kecil, tapi efek ke depannya luar biasa.

 Ketua

Ketua kelas memiliki banyak tugas yang tidak dapat dibilang mudah. Ia bertanggung jawab penuh akan organisasi kelas yang dipimpinnya. Selain itu kadang harus memutuskan sendiri untuk masalah yang timbul.

Cara memilih ketua kelas yang baik adalah:

  • Memiliki jiwa kepemimpinan yang bagus.
  • Berani mengutarakan pendapat.
  • Peka terhadap berbagai hal.
  • Memiliki komunikasi yang bagus.
  • Dapat dipercaya sehingga memberi kenyamanan terhadap teman yang lain.
  • Mampu mengatasi masalah dengan baik.
  • Dapat mendistribusikan apa yang menjadi tugasnya dengan baik.

Dengan begitu ketua yang dipilih benar-benar mumpuni dan dapat mengatasi berbagai situasi kelas. Ketua juga dapat memberi arahan dengan sabar kepada rekan yang lain. Tak kalah pentingnya ketua harus mampu menjadi penengah jika ada masalah yang muncul di intern kelasnya.

Wakil

Adanya wakil ketua tentu untuk membantu tugas ketua kelas. Dalam struktur organisasi kelas, wakil ketua juga bertugas sebagai pengganti ketua kelas ketika ketua berhalangan hadir. Tugas lainnya adalah memberi saran terbaik pada ketua kelas agar organisasi berjalan dengan baik.

Memilih wakil ketua sama halnya dengan ketua kelas, ia harus memiliki jiwa pemimpin. Tidak segan ketika harus menegur teman jika dibutuhkan dan selalu siap membantu teman yang lain jika mengalami permasalahan.

Sekretaris

Sekretaris memiliki tugas dalam hal administrasi kelas dan sebagai asisten ketua serta wakilnya. Ia yang bertugas mencatat segala hal ketika melakukan rapat, mampu memberi kesimpulan dan pandai berkomunikasi.

Sebaiknya pilih sekretaris dengan tulisan bagus, hal ini bukan tanpa alasan. Dengan tulisan bagus maka orang yang melihat segala catatan menjadi senang dan nyaman. Selain itu ia juga mesti pandai mengoperasikan MS Word untuk membuat laporan.

Bendahara

Adapun bendahara memiliki tugas utama dalam mengurus keuangan kelas. Sebaiknya bendahara dipilih yang pandai mengurus keuangan, tidak pelit tapi juga tidak over dalam pengeluaran. Pilih yang terpercaya dan amanah agar keuangan kelas aman di tangannya.

Sebagai bendahara sebaiknya mampu menguasai Excel dengan baik agar semua laporan beres dengan cepat. Dengan begitu laporan akan selalu siap kapanpun dibutuhkan.

Yang Lainnya

Ada beberapa struktur organisasi kelas yang menambah seksi dalam kepengurusannya. Beberapa di antaranya adalah seksi keamanan, seksi kreatif hingga seksi kerohanian. Kembali ke masing-masing, jika dirasa penting seksi ini akan meringankan pekerjaan pengurus.

Baca Juga : Contoh Kritik Karya Seni Rupa 2 dan 3 Dimensi

Biasanya, beragam seksi digunakan ketika kelas mengadakan acara khusus. Dengan adanya seksi makan akan lebih memudahkan ketua dan wakil ketua dalam memberi arahan terhadap teman yang lain.

Setiap organisasi kelas memiliki permasalahannya sendiri dan sebaiknya diselesaikan dengan baik. Jika sekiranya tidak mampu menyelesaikannya dapat melakukan konsultasi dengan wali kelas.  Dengan demikian segala hal yang berat menjadi lebih mudah karena ada tim yang solid.

Apabila kamu menjadi pengurus dari sebuah organisasi kelas, lakukan semua tugas dengan baik agar organisasai tidak timpang. Meskipun kelas terdiri dari banyak orang dan banyak kepala, tetap dibuat sebaik mungkin untuk jadi tim solid.

Struktur organisasi kelas selalu memberi nilai lebih jika masing-masing memiliki kesadaran sendiri agar lebih optimal. Meskipun berbagai masalah datang, tetap ada solusi terbaik jika tim tersebut saling bekerjasama dan membantu.