Populer Ini Dia 5 Tarian Sunda dengan Gerakan Istimewa

Tarian Sunda memang istimewa dengan berbagai ragam dan keunikannya. Dari budaya tari daerah ini terdapat beragam hal yang dapat dipelajari untuk menambah wawasan. Filosofi dari tarian daerah juga memberikan wawasan tersendiri yang kental akan adat budayanya.

Kamu dapat merasakan iringan musik, gerakan nyentrik gemulai memberikan citra warisan leluhur akan seni yang sesungguhnya. Bagaimana balauran adat seni yang sesungguhnya ini mendasari semua kreasi seni yang tak boleh luntur begitu saja.

Khas dan Unik Tarian SUnda, Spesial pada Gerak Jaipong yang Mendunia

Tarian Sunda

Begitu banyak keistimewaan dari tari Sunda yang memang spesial adanya. Dari berbagai macam keunikannya, tari Jaipong memang spesial karena gerakannya apik dan penuh semangat. Istimewa dan memberi semangat dengan mampu membius penonton untuk meniru setiap ketukan nada.

Hal unik tarian Sunda khususnya Jaipong dapat dilihat seperti di bawah ini:

Unik dan Berbeda

Dapat dibilang out of the box, sangat unik dan etnik yang tak bosan ditonton. Dari iringan musik dan suara sinden yang muncul memang berbeda karana Bahasa Sunda yang dinyanyikan. Suara khas daerah seperti ini yang belum tentu ditampilkan dari seni tari yang lain.

Selain itu gerakannya penuh semangat dengan penuh keceriaan. Musiknya semakin memperlihatkan keceriaan tarian sehingga tidak membosankan untuk ditonton.

Seni, Identitas dan Krativitas Tanpa Batas dalam Budaya Sesungguhnya

Tarian daerah sebagai warisan budaya leluhur yang dapat disebut sebagai identitas seni budaya bangsa. Kesenian ini berasal dari Bandung Jawa Barat dengan budaya yang kental akan ciri khasnya masing-masing.

Identitas budaya yang harus dilestarikan sebagai budaya bangsa Indonesia. Dengan begitu budaya daerah semakin dikenal lebih banyak kalangan. Bahkan sekarang ini tarian daerah sudah banyak yang dikenal hingga mancanegara.

Ditampilkan di Berbagai Acara

Tari daerah dapat ditampilkan dalam berbagai acara baik resmi ataupun tidak resmi. Tari Jaipong dapat ditampilkan ketika acara penting dilakukan. Baik untuk penyambutan kedatangan tamu dari negara lain atau acara penting lainnya.

Semakin sering ditampilkan, tari tradisonal semakin dikenal masyarakat luas. Semakin luas jangkauan penonton, tak dipungkiri akan memperluas jaringan penggemar tarian Sunda di banyak daerah.

Sebagai Jatidiri Seni Tari

Daya tarik tarian ini memang luar biasa dengan berbagai kalangan menyukainya. Meskipun begitu jatidiri tarian daerah ini tetap dipertahankan dalam budaya aslinya.

Dari sini seni tari tarian Sunda menjadi lebih banyak dikagumi karena bukan hanya tarian biasa saja. Racikan gerak, lagu, bahkan nyanyiannya ada makna tersembunyi yang akan membuatmu takjub saat mendengarnya.

Menyehatkan Tubuh

Begitu banyak hal tentang tarian ini karena keunikannya, bagi penarinya sendiri Jaipong sangat istimewa. Dengan tarian penuh semangat dan keceriaan, mampu menyehatkan tubuh mereka. Liukan gerakannya memang gemulai tapi tetap tegas dan indah dilihat.

Seperti halnya tarian lain, dengan mengikuti setiap gerakannya yang bagus ini, tubuh menjadi sehat. Olahraga tari yang sangat menyenangkan karena tidak membosankan dalam iringan musik etnik penuh adat budaya.

Baik tari dalam balutan energi biasa atau power yang tak biasa, akan menciptakan tubuh lebih sehat dan kuat. Layak jika para penari memiliki tubuh sehat karena garak lankah saat menari memang menyehatkan.

Memiliki berbagai hal yang penuh manfaat, khas daerah juga menimbulkan rasa kebersamaan yang kuat. Setiap tampilannya mampu memberikan sesuatu yang berbeda sehingga tarian ini sangat dinanti. Ada berbagai jenis tarian yang cukup dikenal, apa saja?

5 Tarian Sunda yang Terkenal baik di Indonesia Hingga Mancanegara

Tarian Sunda

Siapa bilang tarian daerah hanya berkutat di daerah saja? Mungkin, kamu pernah menyaksikan tarian daerah ini dalam perhelatan internasional yang ditayangkan di YouTube atau media lainnya. Dari berbagai tarian terkenal, ada yang sampai mancanegara karena berbagai keunikannya.

Begitu pula dengan tarian Sunda, terdapat jenis tarian yang memang telah dikenal hingga mancanegara. Jika kamu penasaran, dapat dilihat di bawah ini apa saja tariannya.

Tari Jaipong

Tari Jaipong dapat dikatakan sebagai tarian istimewa karena goyangannya sangat kental dan apik. Terstruktur dengan jelas, tarian ini mampu membawa pembaharuan dalam tarian khas daerah. Gabbungan tarian dalam berbagai aspek dengan folosifinya masing-masing.

Selain itu seni ini adalah gabungan tarian ketuk tilu yang sangat apik sehingga dilihat tak pernah bosan. Dalam menerima tamu dari mancanegara, tarian Jaipong sering ditampilkan lengkap dengan kostum dan musik iringannya. Bahkan tarian ini sering ditampilkan dalam misi kesenian berbagai negara.

Gerak Seni Indah Tarian Wayang

Tari Wayang dapat dibilang sudah ada sejak abad ke-16. Adapun tari wayang dapat dibagi ke dalam 3 bagian, yaitu tari tunggal, berpasangan dan tari massal. Tari ini bercerita tentang jabatan dan penokohan dari wayang sehingga disebut sebagai tari wayang.

Adapun ciri tarian ini menggambarkan tokoh dengan watak dan karakternya masing-masing. Penampilanya ada yang dilakukan secara sendirian, ada pula yang ditampilkan secara duet. Bahkan saat penayangan massal tetap menarik untuk ditonton hingga selesai.

Tari Buyung

Tarian Sunda berikutnya yang menarik adalah tari buyung karena sangat unik. Mugkin kamu sering melihat tarian ini karena ciri khas yang tak terdapat pada tarian lain yaitu properti kendi yang ditaruh di atas kepala.

Kendi dari tanah liat ini menjadi daya tarik tersendiri karena tarian dengan kendi. Sepanjang tarian, kendi tidak boleh jatuh sehingga yang menonton tak akan lepas mata memandang. Pada umumnya tarian dapat kamu lihat ketika panen dan dilakukan oleh 12 orang penari.

Tari Merak

Gamelan yang mengiringi tari merak sangat khas akan budaya Sunda. Dari namanya kamu dapat menyimpulkan bahwa tarian ini sangat spesial bercerita tentang merak jantan. Gerak geriknya bagaimana ia memutar dan berbalik arah kembali sangat rapi dan menarik.

Gerakan gemulai dan lembut dengan kostum khas warna burung merak. Pada umumnya tarian Sunda ini dilakukan oleh 3 orang penari dan sering ditayangkan dalam misi kesenian di berbagai negara.

Tari Ketuk Pilu

Setiap daerah memiliki cara tersendiri ketika mensyukuri berkah yang diberikan oleh Sang Kuasa. Salah satunya dengan menyambut kedatangan panen dan tarian ini akan ditampilkan. Belum banyak yang tahu jika tarian ini merupakan cikal bakal tari Jaipong yang termasyur itu.

Musik pengiring berupa gong, reog, kulanter, rebab, kempul dan kendang besar. Sahutan musik memerrindah tarian dan membuat suasana meriah. Tarian dapat dilakukans endirian atau ooleh 2 orang dengan gerakan khas daerah.

Baca Juga : 10 Contoh Tari Tunggal Nusantara Beserta Asal Daerahnya

Indonesia memang memiliki berbagai kebudayaan daerah yang bagus dengan cirinya tersendiri. Jika dibudidayakan dengan baik seni tari ini dapat mendunia karena unik dan tak bisa. Jika kamu menyukai berbagai tarian daerah, dapat dijadikan tambahan wawasan untuk melestarikannya.

Pada setiap gerakan tarian Sunda ada sensasi tersendiri yang tak mudah didapatkan pada taria lain. Memiliki performa dan karakter yang apik, tak heran tarian dikenal pula hingga ke Mancanegara.