Pola Lantai Tari Serimpi Lengkap Dengan Ragam dan Jenis Gerakannya

Pada dasarnya, Tari Serimpi ini merupakan perpaduan dari budaya Yogyakarta dan juga Surakarta. Dimana pola lantai tari Serimpi yang satu ini biasanya berbentuk horizontal atau garis lurus. Dengan kata lain, para penari Serimpi tersebut nantinya akan membentuk sebuah barisan lurus dan pastinya juga tidak berpindah tempat.

Di sisi lain, pola lantai tari Serimpi ini digunakan sesuai dengan tempo gerakan dari sang penari sendiri, sehingga terlihat lembut dan juga gemulai.

Ragam Jenis Tari Serimpi

Pada awalnya, tari Serimpi ini biasanya ditampilkan dalam rangka sebagai tradisi yang dilakukan di lingkungan Keraton Kasultanan Mataram. Bahkan, sampai saat ini, tari Serimpi masih dilestarikan dan mengalami banyak  sekali perkembangan.

Meskipun termasuk jenis tarian yang sakral, namun tidak menjadikan tari Serimpi ini hanya dipertontonkan dalam lingkup keraton saja. Melainkan, tari Serimpi nyatanya sudah berkembang sampai ke luar keraton, menarik bukan?

Di luar keraton, tari Serimpi ini dikenal dengan dengan serimpi lima sebab ditampilkan oleh 5 orang penari. Bahkan, tari serimpi lima ini sudah mulai dikembangkan di daerah Malang, Jawa Timur.

Pertunjukan tari lima serimpi ini umumnya dipentaskan dengan tujuan untuk membersihkan diri dari berbagai macam aura yang negatif. Bahkan, dipercaya untuk mengusir nasib yang buruk juga.

Lantas, apa saja perkembangan dari tari Serimpi tersebut akibat perubahan zaman yang semakin modern? Berikut ini ulasan lengkap mengenai perkembangan ragam jenis  tari Serimpi.

1. Ragam Jenis – Tari Serimpi China

Ragam jenis tari Serimpi yang pertama yaitu akulturasi dari budaya China. Dimana jenis tarian putri yang satu ini lahir dari kalangan Keraton Yogyakarta dan mendapat pengaruh dari negara China.

Ciri khas khusus yang dimiliki oleh tari Serimpi China ini tidak lain yaitu terletak pada busana atau kostum yang digunakan oleh para penarinya. Dimana pakaian tari Serimpi China ini menyesuaikan dengan kostum yang dipakai orang Tionghoa.

2. Ragam Jenis – Tari Serimpi Padhelori

Jenis tari Serimpi yang kedua ini diciptakan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono ke VI dan juga VII. Dimana properti yang biasa digunakan dalam tarian ini tidak lain berupa pistol dan juga keris kecil yang kerap disebut dengan istilah cundrik.

Tari klasik putri dengan gaya khas dari daerah Yogyakarta ini mempunyai kisah yang menarik. Dimana tari Serimpi Padhelori ini menceritakan terjadinya perang antara Dewi Sudarawerti dan juga Dewi Sirtu Palaeli.

3. Ragam Jenis – Tari Serimpi Merak Kasimpir

Tari yang ketiga ini juga diciptakan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono ke VII. Dimana tarian ini juga mempunyai ciri khas pada peralatan atau properti yang digunakan, yaitu berupa panah atau jemparing dan juga pistol.

Satu hal yang menarik dari tarian ini adalah instrumen musik yang digunakannya. Tari Serimpi Merak Kasimpir ini menggunakan instrumen musik yang berupa gending Merak Kasimpir.

Jenis Gerakan Pola Lantai Tari Serimpi beserta Penjelasannya

Untuk gerakannya sendiri tari Serimpi ini menyesuaikan dengan pola lantainya sehingga menghasilkan tarian yang memikat mata para wisatawan. Ciri khas yang ditonjolkan dari pola lantai tari Serimpi ini tidak lain yaitu terletak pada kelembutannya.

Dimana setiap gerakan yang dilakukan oleh sang penari sendiri dilakukan secara harmonis. Dengan begitu, makna dan simbolnya pun dapat tersampaikan kepada para penonton nantinya.

Selain itu, perpindahan untuk gerakan pola lantai tari Serimpi yang cenderung heroik sendiri harus disesuaikan. Dimana tempo yang tadinya perlahan menuju ke cepat harus senantiasa dikontrol untuk menyelaraskan tariannya.

1. Maju Gawang – Jenis Gerakan Pola Lantai Tari Serimpi

Memasuki area pertunjukan, pola lantai serimpi yang pertama ini dilakukan pada saat sang penari mulai . Dalam istilah lain, jenis gerakan pola lantai tari serimpi maju gawang ini sering disebut juga dengan kapang-kapang.

Nantinya sang penari menyesuaikan pola lantai tari Serimpi dengan cara berjalan dari arah kiri atau kanan. Jika sudah, sang penari akan mengakhirinya dengan cara duduk yang menandakan bahwa dirinya sudah siap memulai adegan berikutnya.

2. Gerakan Pokok – Jenis Pola Lantai Tari Serimpi

Gerakan yang satu ini bisa dibilang sebagai bagian yang inti dari tarian Serimpi. Sebab, nantinya gerakan pola lantai tari Serimpi ini akan memperagakan adegan yang sesuai dengan alur yang hendak disampaikan.

Seperti yang telah dijelaskan diatas tadi, bahwa tari Serimpi ini menceritakan tentang peperangan. Maka dari itu, adegan sang penari Serimpi nanti juga akan membawa alat persenjataannya yang berupa keris atau pistol.

3. Mundur Gawang – Jenis Gerakan Tari Serimpi

Terakhir, gerakan maju gawang merupakan jenis pola lantai tari Serimpi yang dilakukan pada saat sang penari akan keluar dari area pementasan. Dengan begitu, dapat dikatakan bahwa gerakan mundur gawang ini sebagai tarian akhir saat pementasan tari Serimpi.

Dimana sang penari menampilkan gerakan akhirnya pada saat akan keluar dari panggung pagelaran pementasan tari Serimpi.

Nah, dalam pagelarannya sendiri tari Serimpi ini juga menyesuaikan dengan suasana perangnya. Dengan kata lain, tari Serimpi ini juga menyelaraskannya dengan para pahlawan di medan perang seperti dalam cerita Menak, Mahabarata, Purwa, dan juga Ramayana.

Nilai-Nilai Tari Serimpi

Nantinya, di dalam tari Serimpi ini nilai-nilai mengenai perjuangan peperangan itu sendiri akan kamu dapatkan. Hal tersebut bisa dilihat dari lambang dua kubu  perang yang mana satu kubu terdiri dari penari yang terlibat dalam peperangan.

Sedangkan tema dari tari Serimpi ini biasanya lebih sering mengangkat tentang perjuangan dan juga kepahlawanan. Hal ini dibuktikan karena kisah yang diangkat hampir mirip dengan tari Bedhaya Sanga.

Dimana tari Bedhaya Sanga ini menceritakan mengenai pertikaian yang terjadi karena ada dua hal yang bertolak belakang. Sedangkan dalam tarian Serimpi ini mempunyai makna yang menggambarkan peperangan antara kebaikan dan juga keburukan.

Ada juga peperangan akal dan juga nafsu manusia serta pertentangan antara kebenaran dan kesalahan. Selain itu, di dalam tari Serimpi ini  juga sering mengangkat tema mengenai nilai-nilai kehidupan.

Basis dari nilai-nilai kehidupan yang diangkat dari tari Serimpi tersebut tidak lain berdasarkan pada filsafat ketimuran. Selain itu juga kamu akan melihat kebaikan dan juga kejahatan yang terus berlangsung menjadi simbol pertarungan.

Baca Juga : Populer Ini Dia 5 Tarian Sunda dengan Gerakan Istimewa

Di sisi lain, ekspresi peperangan yang terjadi bisa dilihat dengan jelas dari gerakan yang ditampilkan oleh sang penari sendiri. Di mana dalam tari Serimpi tersebut penari yang berjumlah dua pasang akan melawan para prajurit dengan bantuan properti senjata.

Itu dia ulasan lengkap mengenai pola lantai tari serimpi beserta ragam dan jenis gerakannya. Jadi, apakah kamu sudah paham mengenai penjelasan di atas tadi? Jika sudah, lestarikan tarian tersebut supaya nantinya tidak hilang karena tergerus oleh perkembangan zaman ya!