Mengenal Fungsi dari Microsoft PowerPoint Lebih Lanjut

Tahukah kamu bahwa Microsoft PowerPoint memiliki banyak fitur yang berguna untuk memperbagus presentasi mu? Selain memiliki beraneka ragam fitur, ternyata Microsoft PowerPoint juga memiliki banyak fungsi. Nah, apa saja fungsi dari Microsoft PowerPoint yang harus kamu ketahui? Maka dari itu, yuk baca lebih lanjut penjelasan di bawah supaya pemahamanmu mengenai PowerPoint semakin dalam.

Fitur-Fitur Microsoft PowerPoint

fungsi dari Microsoft PowerPoint

Sebelum membahas mengenai fungsi dari Microsoft PowerPoint, kamu harus mengetahui terlebih dahulu fitur-fitur apa saja yang berada di dalamnya. Di mana fitur-fitur tersebut bisa kamu gunakan untuk menjadikan presentasi mu lebih unik, menarik dan kreatif. Mau tau apa saja fitur-fiturnya? Check it out!

  • Control Windows,
  • Group, fitur yang berisi kelompok-kelompok tool Ribbon yang memiliki fungsi berdekatan.
  • Notes, fitur ini berguna sebagai tempat untuk menulis catatan untuk setiap slide.
  • Office Button,
  • Placeholder, salah satu fitur berbentuk kotak yang dapat diubah secara default dan memiliki banyak pilihan untuk diubah sesuai kebutuhan.
  • Quick Acces Toolbar,
  • Ribbon, tools dari fitur ini digunakan untuk mengelola file dengan cara mengkliknya saat ingin menggunakannya.
  • Slide, sebuah lembaran presentasi yang berisi aneka materi dengan lengkap.
  • Slide Number, biasanya dikenal juga sebagai nomor urutan slide yang ingin ditampilkan.
  • Slide Panel, dikenal juga sebagai deretan thumbnail slide.
  • Tab Outline Panel, fitur ini berisi deretan tombol panel yang berada dalam file yang sedang dibuat.
  • Tab Ribbon, dikenal sebagai fitur yang berisi deretan menu-menu yang berisi submenu. Di mana submenu tersebut berisi perintah untuk mengelola file yang dikerjakan.
  • Title Bar,
  • View Mode, fitur yang akan menampilkan bagian-bagian tool untuk presentasi.
  • Zoom Slide, fitur ini berfungsi untuk mengatur perbesaran atau pengecilan dari slide.

Nah, itu dia beberapa fitur Microsoft PowerPoint yang wajib kamu ketahui. Setelah mengetahui fitur-fitur dari Microsoft PowerPoint, alangkah baiknya jika kamu juga tahu tentang fungsi dari Microsoft PowerPoint. Apa saja fungsi dari Microsoft PowerPoint? Silakan simak pembahasan selanjutnya!

3 Fungsi dari Microsoft PowerPoint

fungsi dari Microsoft PowerPoint

Sama halnya dengan softwire lainnya, PowerPoint juga memiliki beberapa fungsi untuk para penggunanya. Lalu, apa saja fungsi dari Microsoft PowerPoint? Kamu bisa mengetahui setelah membaca pembahasan berikut!

  1. Salah satu sarana untuk melakukan presentasi agar lebih menarik.
  2. Memudahkan para pengguna untuk membuat presentasi berbentuk softcopy sehingga memudahkannya untuk diakses oleh smartphone maupun laptop.
  3. Membuat materi presentasi semakin menarik dengan menampilkan vidio, audio, gambar, animasi serta template yang akan digunakan.
  4. Memudahkan pengguna untuk membuat, mengatur dan mencetak berbagai slide presentasi.
  5. Salah satu sarana untuk memberikan materi pembelajaran yang lebih ringkas dan mudah untuk dipahami oleh para pendengar.
  6. Menjadikan bahan presentasi lebih hemat, karena tidak boros kertas.
  7. Menjadikan presentasi lebih sederhana, namun tetap menarik untuk dilihat.
  8. Mampu mempengaruhi para pendengar dengan menggunakan teks, visual maupun audio.
  9. Menjadi jembatan untuk memotivasi serta menginspirasi para pendengar supaya tujuan penyampaian sebuah gagasan lebih mudah dipahami.
  10. Membuat pendengar mampu mencetuskan gagasan baru yang sesuai dengan keinginan orang yang melakukan presentasi.
  11. Menjadi sarana untuk menyampaikan permasalahan, solusi serta cara kerja menjadi lebih sederhana dan mudah untuk dipahami.

Bagaimana dengan fungsi dari Microsoft PowerPoint yang sudah dijabarkan di atas? Apakah sekarang kamu tertarik untuk menggunakan PowerPoint sebagai media presentasi? Jika iya, kamu harus bisa menjalankan Microsoft PowerPoint dengan baik dan benar supaya presentasi mu menjadi lebih menarik dan tidak monoton.

Tips Membuat Presentasi Menarik

fungsi dari Microsoft PowerPoint

Nah, bagaimana cara membuat presentasi di PowerPoint menjadi lebih menarik? Yuk ikuti beberapa tips berikut ini step by step supaya kamu bisa mendapatkan hasil yang memuaskan.

Membuat ‘Killer Opening Slide’

Tahukah kamu apakah killer opening slide itu? Ya, killer opening slide merupakan slide pembuka presentasi yang bisa mengundang perhatian dari para audien. Maka dari itu, kamu harus membuatnya semenarik mungkin agar audiens tertarik dengan presentasi yang akan disampaikan.

Baca Juga : Pola Lantai Tari Serimpi Lengkap Dengan Ragam dan Jenis Gerakannya

Bagaimana cara membuatnya? Kamu bisa menggunakan gambar yang menarik, unik dan memakai warna yang tidak mencolok tapi tetap enak dilihat. Jika, pembukaan presentasi mu menarik, maka audiens akan tertarik untuk mendengarkan presentasi mu hingga akhir.

Menggunakan Theme Custom

Cara selanjutnya ialah menggunakan theme custom PowerPoint. Setiap versi PowerPoint pasti memiliki tema built-in yang bisa digunakan dengan gratis. Namun, kamu juga bisa menggunakan tema premium atau tema gratis dari web jika bosan dengan tema yang disediakan oleh PowerPoint.

Menggunakan Slide Master

Apakah kamu ingin membuat materi presentasi menjadi lebih cepat? Cobalah menggunakan slide master. Ya, slide master ini merupakan sebuah fitur yang berfungsi untuk menjaga konsistensi elemen-elemen slide seperti gambar, tulisan, font, warna latar belakang dan lainnya.

Maka dari itu, dengan menggunakan fitur ini akan membantumu untuk lebih hemat waktu. Sebab, fitur ini akan memberikan template yang sesuai seleramu dengan waktu yang lebih singkat.

Menggunakan Built-in Slide Layouts

Jika kamu memiliki waktu luang, cobalah untuk membuat slide presentasi satu per satu menggunakan layouts sesuai dengan seleramu. Kamu bisa menemukan banyak layout untuk mendesain slide custom. Layout tersebut juga bisa kamu gunakan sebagai titik awal untuk mendesain slide sesuai selera.

Menggunakan Skema Warna

Apakah kamu ingin membuat presentasi mu terlihat lebih profesional dan harmonis? Jika iya, cobalah untuk menggunakan skema warna. Sebab skema warna menyediakan berbagai macam warna yang harmonis saat dipadukan.

Hal ini akan membuat slide presentasi mu menjadi lebih menarik dan mengundang perhatian. Lalu, bagaimana cara untuk memilih warna yang harmonis? Kamu bisa menggunakan skema warna sesuai rekomendasi dari PowerPoint atau melihat majalah.

Menggunakan Stunning Visuals

Seperti yang sudah dijelaskan pada bagian fitur PowerPoint bahwa, slide berguna sebagai media komunikasi visual. Maka dari itu, kamu bisa memasukkan diagram, gambar maupun tampilan visual lainnya yang bisa membantu audiens memahami presentasi mu lebih cepat.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan gambar kreatif yang mampu memancing rasa ingin tahu, menarik perhatian dan membuat pendengar selalu memperhatikan kelanjutan presentasi.

Menggunakan Align Text dengan Konsisten

Jika kamu ingin membuat teks menjadi lebih sejajar dan terlihat rapi serta bersih, gunakanlah align text. Sebab,align text dapat menjadikan text baik itu judul, paragraf atau list menjadi lebih rapi.

Tata Letak PowerPoint Designer

PowerPoint Designer merupakan fitur terbaru dari Microsoft PowerPoint yang berfungsi untuk membuat tata letak gambar dan tulisan menjadi lebih bervariasi dan tidak membosankan. Fitur ini akan muncul secara otomatis saat kamu memasukkan gambar pada slide.

Setelah mengetahui fungsi dari Microsoft PowerPoint serta fitur-fitur yang ada di dalamnya. Sekarang kamu bisa mencoba untuk membuat presentasi menggunakan PowerPoint menjadi lebih menarik. Cara membuat presentasi menjadi lebih menarik pun bisa kamu ikuti sesuai dengan tips yang sudah dijabarkan.

Maka dari itu, apalagi yang membuatmu bingung dan galau? Kamu sendiri pun bisa menilai apakah PowerPoint menjadi media presentasi yang worth it digunakan dengan melihat fungsi dari Microsoft PowerPoint yang sudah dipaparkan.