Mengenal Contoh Kerajinan Berbasis Media Campuran Beserta Contohnya

Contoh kerajinan berbasis media campuran saat ini memang semakin beragam. Anda yang ingin mencari ide atau referensi proyek bisa saja kebingungan menentukan barang apa yang ingin dibuat.

Namun jangan putus asa, karena Anda bisa merencanakan media campuran jika sudah mengetahui apa saja jenis bahan yang bisa digunakan.

Bahan yang Digunakan pada Kerajinan Berbasis Media Campuran

Pada dasarnya, ada berbagai bahan yang tersedia secara melimpah di sekitar Anda sebagai media. Dalam hal ini, Anda bisa memilih bahan-bahan yang mudah atau murah didapat serta menambahkan beberapa bahan buatan lainnya sesuai kebutuhan. Contoh kerajinan berbasis media campuran pun bisa dengan mudah Anda kenali dari bahan utama yang menjadi media utama pembuatannya.

Seperti yang diketahui, tidak ada batasan tentang media apa yang bisa Anda campurkan untuk membuat kerajinan seperti batu, kayu, logam, plastik, keramik, tanah liat, kulit, cangkang kerang, kardus, karton dan sebagainya.

Sayangnya, hal ini tak selalu mempermudah dalam hal pemilihan media pembuatan kerajinan. Dengan mengetahui jenis bahan yang umum digunakan, Anda bisa mengetahui apa saja kandidat bahan yang layak digunakan dalam proyek kerajinan Anda nantinya.

Tentunya Anda mengetahui bahwa bahan yang digunakan dalam pembuatan kerajinan berbasis media campuran memiliki karakteristik masing-masing. Hal ini kemudian dapat mempengaruhi prinsip, teknik dan bahan pendukung lainnya yang akan digunakan dalam proses pembuatannya.

Ya, menggunakan peralatan dan teknik yang sesuai tentunya perlu diketahui agar dapat menghasilkan barang yang sesuai dengan harapan.

Contoh Kerajinan Berbasis Media Campuran Berdasar Bahan Utamanya

Nah, berikut ini jenis dan karakteristik bahan sebagai media yang umum digunakan, beserta peralatan yang diperlukan. Anda juga bisa mempertimbangkan contoh kerajinan berbasis media campuran yang juga disebutkan sesuai jenis bahan yang digunakan:

1. Bahan Batu

Bahan yang satu ini bisa dikatakan melimpah ketersediaannya di Indonesia. Jenis batu yang digunakan pun bisa dari batu mulia seperti permata atau batu akik, hingga batu biasa seperti batu kali dan sebagainya. Tak mengherankan jika kemudian banyak ditemukan barang kerajinan berbahan batu aneka bentuk, motif, tekstur dan warna di Tanah Air, utamanya di tempat-tempat wisata dan galeri seni.  

Proses pembuatan kerajinan dari bahan batu ini biasanya menggunakan bahan buatan lainnya seperti bahan logam, kayu, resin dan lainnya. Hal ini kemudian dapat memperindah dan memperkuat struktur barang kerajinan dari batu aneka macam tersebut. Hasilnya, ada berbagai macam jenis barang kerajinan yang bisa dibuat atau dikombinasikan menggunakan batu sebagai bahannya. 

Dalam membuat kerajinan berbahan batu, maka alat teknik yang digunakan pun bisa cukup beragam sesuai dengan kreasi yang dilakukan perajin. Namun pada umumnya, Anda akan memerlukan peralatan seperti mesin pemotong batu, alat pahat, gerinda dan sebagainya untuk pekerjaan ini. Anda bisa melihat contoh sarang seperti gelang, kalung dan cincin yang merupakan hasil kerajinan batu.

2. Bahan Kayu

Indonesia juga dikenal kaya akan hasil hutannya, menjadikan kayu sebagai salah satu bahan alam yang melimpah. Tak heran jika kayu banyak dijadikan sebagai bahan pembuatan perabot rumah tangga hingga barang-barang hiasan. Sebagai produk kerajinan campuran, bahan kayu ini sering dipadukan dengan bahan lain seperti logam, kulit atau bahkan kaca.

Kayu yang bisa digunakan dalam pembuatan kerajinan bisa dari bagian batang, cabang, ranting hingga bagian akarnya yang cukup besar. Ada beberapa jenis kayu yang memiliki sifat seperti kedap air, isolator dan memiliki tingkat kekerasan yang beragam. Hal ini karena ada banyak jenis kayu di Indonesia seperti kayu jati, akasia, kayu meranti, kayu nangka, kayu jati belanda, kayu hitam dan lain-lain.

Untuk menangani pekerjaan kayu ini, beberapa alat pertukangan yang mungkin perlu disiapkan oleh perajin di antaranya seperti amplas, gergaji kayu, pahat, mesin bubut dan sebagainya. Selain itu, peralatan lain juga mungkin dibutuhkan apabila perajin ingin memadukan bahan kayu dengan media campuran lainnya seperti pada contoh meja, bangku atau bingkai foto.

3. Bahan Logam

contoh kerajinan berbasis media campuran

Selain batu, kerajinan di Tanah Air juga banyak ditemukan yang menggunakan media logam sebagai bahan pembuatannya. Salah satunya adalah perak, yang memang sering digunakan dalam produk kerajinan media campuran. Bahan yang satu ini banyak dipilih karena harga yang ekonomis, awet dan mudah diolah untuk menghasilkan barang dengan estetika tinggi.

Bahan logam sendiri bukan hanya perak, masih ada jenis metal lain seperti emas, perunggu, besi hingga titanium. Berbagai jenis logam ini dapat dipadukan menggunakan media campuran lain seperti  kayu, batu dan sebagainya. Sementara untuk media buatannya, sering dilapisi dengan cat khusus yang tak hanya meningkatkan estetika, namun juga mencegah korosi.

Pekerjaan kerajinan logam tentunya juga memerlukan peralatan khusus untuk bisa menghasilkan aneka barang. Peralatan ini biasanya berupa alat penggiling logam, alat patri, tang lancip, penjepit dan sebagainya. Tentu saja, diperlukan ketekunan ekstra untuk bisa menghasilkan kerajinan berbahan dasar logam mengingat bahan yang satu ini memiliki karakteristik yang solid seperti pada barang seperti bros atau aksesoris lainnya.

4. Bahan Plastik

contoh kerajinan berbasis media campuran

Plastik juga menjadi bahan yang paling banyak dikonversi sebagai media campuran pembuatan kerajinan. Umumnya, pemilihan bahan ini dikarenakan upaya daur ulang atau pemanfaatan limbah. Salah satu barang plastik yang memang melimpah adalah botol plastik bekas. Ada banyak jenis barang yang bisa dihasilkan dari botol plastik yang memiliki karakteristik cukup solid namun masih mudah dibentuk.

Bahan plastik sendiri dapat dengan mudah diubah bentuknya menggunakan teknik pemotongan atau pemanasan. Dengan fleksibilitasnya tersebut, bahan ini pun leih mudah untuk dikombinasikan dengan media campuran lain seperti logam, kayu, batu, kain atau lainnya. Ya, ada banyak jenis barang dan struktur yang bisa dikreasikan dari campuran media plastik.

Alat yang dibutuhkan untuk membuat kerajinan berbahan plastik biasanya tak membutuhkan banyak peralatan khusus. Namun sesuai dengan proyek yang akan dikerjakan, proses pembuatan bisa saja menggunakan penggilingan plastik, pemanas khusus atau bahkan mesin pres plastik. Produk hasil kerajinan plastik yang bisa Anda perhatikan misalnya kursi dari susunan botol hingga hiasa bros dari sedotan plastik misalnya.

5. Bahan Keramik

Bahan keramik diklasifikasikan dari struktur kristal, komposisi kimia serta mineral bawaan tanah liat yang menjadi bahan pembuatannya. Jenis keramik yang biasanya digunakan dalam kerajinan media campuran seperti feldspar, ball clay, kwarsa dan kaolin.

Bahan keramik banyak digunakan sebagai bahan dasar kerajinan media campuran karena dinilai memiliki sifat yang cenderung lebih stabil. Namun sayangnya, keramik juga memiliki kelemahan pada strukturnya yang rapuh atau mudah pecah. 

Namun demikian, perajin dapat memberikan support untuk kelemahan keramik ini dengan menambahkan bahan lain. Berbagai bahan yang memiliki sifat yang lembut, ringan dan tidak merusak bisa digunakan untuk memperindah sekaligus melindungi keramik, seperti kulit, kain, perca, rotan, karton dan lain-lain. Namun pada struktur tertentu, bahan solid seperti kayu atau logam juga bisa digunakan.

Baca Juga : Populer Ini Dia 5 Tarian Sunda dengan Gerakan Istimewa

Kerajinan ini bisa dibuat menggunakan alat-alat seperti butsir, rol, spon, tali pemotong, alat putar tangan (hand wheel), alat putar kaki, (kick wheel) dan tungku pembakaran. Selain itu, peralatan pendukung lain juga bisa diperlukan apabila perajin menghendaki menggunakan media lainnya. Biasanya, kerajinan keramik dihargai cukup mahal di pasaran, seperti vas bunga dekoratif atau bahkan patung.

Akhir Kata

Bagaimana, Anda sudah memiliki gambaran setelah menyimak contoh kerajinan berbasis media campuran di atas?Ya, tak menutup kemungkinan Anda bisa berkreasi dengan kerajinan media campuran lainnya mengingat pilihan bahan media juga didasarkan pada ketersediaan. Pastikan Anda menggunakan peralatan dan teknik yang sesuai dengan jenis bahan yang dikerjakan.