','

' ); } ?>

Materi Pramuka Penggalang yang Selalu Teringat Sepanjang Masa

Pramuka atau bisa juga kamu sebut sebagai Praja Muda Karana adalah kata yang melekat hingga dewasa. Pembelajaran materi Pramuka Penggalang menyimpan banyak kenangan yang tidak mudah dilupakan.

Dari berbagai materi tersebut, tentu ada yang membekas di hati. Entah karena seru, unik atau anti mainstream yang tentunya menyenangkan. Buat kamu sendiri, adakah materi yang benar-benar menjadi momen istimewa karena keseruannya?

Materi Pramuka Penggalang, Serius Tapi Seru dan Menyenangkan

Materi Pramuka Penggalang

Keceriaan pramuka memang tak diragukan lagi. Banyak keseruan yang didapatkan dari belajar sekaligus bermain baik di dalam atau luar ruangan. Hal seperti inilah yang menjadikan momen Pramuka begitu istimewa.

Apa saja momen keseruan yang menjadi materi Pramuka Penggalang keren ini? Kamu dapat simak kelanjutannya di bawah ini.

P3K

Materi ini menjadi salah satu materi seru yang tak mungkin dapat dilupakan begitu saja. Ada banyak pembelajaran yang dapat dipetik hikmahnya terkait penanggulangan orang yang sedang sakit. Di antaranya adalah:

  • Menangani Korban Kesetrum

Kena sengatan listrik memang membahayakan dan jangan membuat kamu panik. Dalam materi penggalang langkah yang dapat kamu lakukan dengan berdiri di atas karet, papan atau karet yang kering. Kemudian ambil tongkat atau papan untuk menjauhkan kawat aliran listrik tersebut dari korban.

  • Menangani Pendarahan

Jika sedang melakukan kegiatan dan ada teman yang terluka tak perlu panik. Dalam materi Pramuka Penggalang diajarkan cara termudah penanganan pertama pendarahan dengan membersihkan dan menutup luka menggunakan kain steril. Lalu menekan kuat hingga darah berhenti mengalir.

Permainan

Semua kegiatan Pramuka dilakukan dengan penuh keceriaan tapi tetap serius. Seolah bermain tapi tetap ada keseriusan. Materi Pramuka untuk Penggalang dengan mengolah permainan, antara lain:

  • Tangkai Sapu Ajaib

Permainan menggunakan tangkai sapu yang ditaruh di tengah lingkaran. Kemudian satu peserta memperagakan salah satu karakter, yang lain menebak karakter apa yang diperagakan.

Permainan ini merupakan spontanitas yang melatih kamu untuk lebih berani tampil di depan orang banyak. Serunya, akan muncul tebakan karakter yang kadang lucu dan seru.

  • Peta Kehidupan

Permainan menceritakan tentang peserta dengan kehidupannya dari kecil hingga dewasa. Berupa khayalan dan mimpi yang tak dapat ditebak. Permainan kadang menyenangkan kadang menyedihkan. Tergantung dari peta kehidupan yang diceritakan.

Permainan melatih kebersamaan antara peserta. Selain itu mimpi atau hal laian yang kadang tertutupi menjadi momen spesial ketika peta kehidupan diungkap dengan penuh keceriaan.

Tali Temali

Ketika kamu masih tergabung dalam Pramuka Siaga ada pembelajaran tentang tali temali yang sangat penting untuk diaplikasikan di kemudian hari. Berbagai macam simpul dengan berbagai kemanfaatan masing-masing, begitu juga dalam materi Pramuka Penggalang.

Beberapa simpul yang sering digunakan dalam banyak hal adalah simpul hidup, simpul mati, simpul anyam dan simpul jangkar. Keseruannya ketika kadang bingung mana simpul mati atau simpul hidup. Momen tak terlupakan lagi ketika berlomba lebih cepat menyelesaikan tugas simpul tersebut.

Membuat Tandu

Momen seru materi Penggalang berikutnya adalah saat membuat tandu darurat. Pembuatan ini dibutuhkan tim yang cekatan dan dibutuhkan kegesitan dalam memadupadankan simpul.

Selain itu dibutuhkan tongkat pramuka yang digunakan sebagai dua sisi tandu yang akan digabungkan dengan simpul. Pembuatannya membutuhkan tim solid. Jika tidak penyelesaian tandu menjadi lama dan ketinggalan dibanding grup lain.

Berbagai Sandi

Pramuka membentuk pribadi lebih gesit dalam melakukan berbagai pekerjaan dan menebak sesuatu. Tak kalah serunya ketika bermain sandi baik itu sandi Morse atau sandi ular yang rumit. Kamu perlu menghafalkannya sebelum melakukan praktek bermacam sandi ini.

Memang tidak mudah tapi banyak hal seru yang akan menjadi momen istimewa ketika belajar materi Pramuka Penggalang. Dengan mengikuti berbagai hal secara lengkap, ada banyak manfaat dengan aktif sebagai anggota Pramuka.

Manfaat Pembelajaran Materi Pramuka Penggalang

Materi Pramuka Penggalang

Ketika Latihan Pramuka dimulai, kamu harus mengikuti upacara pembukaan. Kemudian materi hari itu yang berbeda-beda dalam setiap pertemuannya. Di akhir pertemuan tak lupa upacara penutupan atau berdoa langsung dalam satu regu.

Banyak manfaat yang didapatkan jika kamu aktif dalam pembelajaran materi ini. Pramuka Penggalang yang dikhususkan untuk peserta dengan usia 11 hingga 15 tahun, memang istimewa dengan banyak manfaat, antara lain:

Disiplin

Menjadi anggota Pramuka akan membuatmu lebih disiplin dalam berbagai hal. Semuanya sesuai jadwal yang ditentukan sehingga dalam kegiatan apapun harus tepat waktu. Tepat waktu dari kecil akan membentuk sifat yang baik untuk masa depan yang lebih baik.

Selain itu disiplin akan melatih kamu mampu memanajemen waktu lebih baik lagi. Untuk itu harus lebih cekatan untuk menyelesaikan tugas agar sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

Mandiri

Materi Pramuka Penggalang lainnya selain kedisiplinan diri akan membentuk sifat kemandirian dengan dedikasi tinggi. Sikap ini dapat terbentuk karena dari latihan Pramuka akan terbentuk jiwa kemandirian ketika melakukan banyak hal baik sendiri atau tim.

Misalnya saja ketika berkemah, kamu akan dituntut untuk menyelesaikan semuanya sendiri atau bersama grup. Apapun yang terjadi harus diselesaikan secara mandiri tanpa ada campur tangan orang tua atau saudara.

Mampu Memimpin

Kegiatan ini melatih kamu menjadi pemimpin dalam lingkup kecil. Dalam banyak tugas yang diajarkan pemateri semua peserta dilatih kemandirian dengan sepadan. Bukan hannya ketua regu saja tapi semua anggota ikut berpartisipasi.

Kepemimpinan mampu membentuk pribadi agar dapat memimpin teman lain menjadi lebih baik. Tim solid tentu dengan kepemimpinan yang baik.

Peduli Terhadap Sesama

Pelatihan Pramuka akan membuat kamu lebih peduli terhadap teman. Bertugas dalam tim, mau tidak mau menerima teman dalam berbagai kondisi. Baik yang cekatan, kurang disiplin, semaunya atau tidak paham dengan instruksi yang diberikan.

Hal ini akan membentuk empati yang bagus di kemudian hari. Sifat yang apabila dipupuk membentuk karakter hangat dan sangat peduli sesama.

Dapat Bekerja Tim

Bukan hanya kemandirian semata ketika materi Pramuka Penggalang ini mulai diajarkan. Ketika kamu masuk dalam sebuah regu, tim akan semakin solid jika mampu mengabaikan ego yang muncul. Hal ini tidak mudah karena usia 11 hingga 15 tahun saat ego masing-masing di level tinggi.

Baca Juga : Contoh Undangan Pengajian Terbaik Agar yang Diundang Hadir

Dengan pengendalian diri yang baik maka tak perlu khawatir lagi kamu dapat bekerja secara mandiri ataupun tim. Di kemudian hari memiliki sifat seperti ini akan membantumu dalam banyak hal.

Peduli Lingkungan

Dalam pembelajaran yang lebih detail, kamu belajar mencintai lingkungan dan menjaganya dengan baik. Saat berkemah, hal ini terasa sekali karena harus membersihkan tempat bekas perkemahan. Ketika berkemah tidak boleh menebang atau memotong pohon secara sembarangan.

Meskipun hal kecil, semua itu akan membentuk kepribadian yang bagus di kemudian hari. Semuanya menjadi momen yang tak terlupakan sepanjang masa.

Materi Pramuka Penggalang adalah berbagai hal yang di kemudian hari memberi manfaat berlebih. Baik dalam hubungan dengan sesama dan rasa peduli terhadap lingkungan.