','

' ); } ?>

Kerajinan Bahan Campuran Lengkap Beserta Prinsip dan Contohnya

Kerajinan bahan campuran merupakan sebuah kerajinan yang dibuat dengan tujuan untuk merubah bentuk benda. Yang semula terdiri dari satu jenis bahan agar menjadi lebih menarik. Baik tanpa menghapuskan fungsi aslinya maupun menggantinya dengan memadukannya dengan bahan yang lainnya.

Contohnya yang paling sederhana adalah perhiasan yang dibuat dari logam, namun dapat dicampurkan dengan baru seperti batu alam sehingga hasilnya lebih keren. Namun arti campuran ini bukan hanya campuran bahan saja melainkan juga jenis produk kerajinannya.

Kerajinan Bahan Campuran Lengkap Beserta Contohnya

Kerajinan bahan campuran

Dalam kehidupan sehari-hari seringkali perajin mengaplikasikan teknik kerajinan bahan campuran untuk menambah nilai jualnya. Karena kerajinan yang dibuat dengan berbagai macam bahan akan menghasilkan karya yang unik dan cantik. Seperti contohnya berikut ini:

Perhiasan

Perhiasan meruapakan salah satu contoh kerajinan yang seringkali dibuat dengan bahan campuran. Paling sering dibuat karena perhiasan membutuhkan keelokan bentuk agar menarik minat pembeli. Pada umumnya perhiasan dibuat dengan  memadukan bahan logam dan batu.

Misalnya saja perhiasan kalung emas yang memiliki liontin batu alam. Perhiasan gelang emas yang menambahkan berlian diatasnya dan lain sebagainya. Perhiasan yang kerap menggunakan teknik ini biasanya adalah perhiasan kalung, gelang, anting dan cincin.

Aksesori

Aksesori juga termasuk dalam kerajinan bahan campuran, karena sering dibuat dengan berbagai macam bahan. Aksesori seperti Bando, jepit rambut, bros, manik-manik biasanya kerap memadukan menggunakan bahan campuran seperti plastik dan logam.

Kerajinan pada aksesori juga merupakan produk yang paling mudah untuk dicampurkan sebagai produk. Jadi penyebabnya bukan hanya dari bahannya saja, contohnya bando yang memiliki bros, atau manik-manik yang memiliki perhiasan.

Wayang

Wayang yang asalnya dari jawa barat ini juga menggunakan teknik campuran. Karena menggabungkan bahan kayu dan juga kain sebagai bahan dasar pembuatannya. Bahkan pada jenis wayang modern bahan lain seperti rambut sintetis dari plastik seringkali ditambahkan.

Pada perjalannya sampai hari ini, bahkan wayang juga dapat dideformasi oleh pengrajin. Yakni dengan cara menghilangkan kemampuannya untuk digerakkan sehingga hanya dapat dijadikan pajangan.

Tas

Tas merupakan salah satu peralatan yang digunakan sehari-hari untuk membawa sesuatu dengan lebih mudah. Pada umumnya tas dibuat dengan menggunakan bahan yang sangat bervariasi. Seperti bahan  kain dan logam untuk tas permanen, sampai dengan plastik, kertas, dan pita untuk yang semi permanen  

Senjata

Senjata pada jaman sekarang sudah tidak lagi memiliki fungsi utamanya karena sekarang  sudah beralih fungsi menjadi hiasan, benda koleksi atau pajangan.Beragam jenis senjata seperti keris atau kujang dibuat dengan dua bahan, yakni logam dan kayu.

Namun terkadang kulit juga ditambahkan untuk  membuat penutupnya. Ada juga yang menambahkan  berbagai batu alam yang cocok dan biasa digunakan untuk menghiasinya.

Diorama

Diorama merupakan salah satu jenis kerajinan dengan model tiga dimensi yang merepresentasikan atau mengilustrasikan suatu seperti peristiwa atau tokoh tertentu di museum. Pada umumnya diorama disusun dengan memadukan patung, bangunan, dan lukisan yang menjadi latar belakangnya.

Sehingga dalam seni kerajinan diorama ini penggunaan media campuran umum digunakan. Seperti contohnya adalah bahan yang meliputi plastik, kain, logam, kayu, cat, dsb.

Sandal

Sandal yang digunakan sehari-hari juga termasuk sebagai kerajinan bahan campuran. Karena dibuat dengan memadukan banyak bahan seperti karet dan plastik, kayu dan kulit, hingga kain dan bambu.

Bahkan terkadang sandal juga dibuat dengan menambahkan batu alam hingga sedikit logam. Contohnya seperti pada sandal tradisional meriah yang biasa digunakan untuk prosesi adat pernikahan.

Cendera mata

Beragam jenis cendera mata atau kerajinan merupakan benda yang menyimpan kenangan tentang sebuah peristiwa atau lokasi yang pernah dialami dan dikunjungi. Bentuknya cenderamata ini dibuat dengan beragam bahan dan banyak menggunakan media campuran.

Mainan

Mainan merupakan benda yang paling banyak menggunakan bahan berbasis campuran, Contohnya mainan seperti action figure yang pembuatannya menggunakan bahan campuran seperti plastik dan karet.

Selain itu juga banyak mainan yang menggunakan bahan buatan plastik dan logam serta kain. Namun ada juga mainan yang menggunakan bahan campuran tradisional contohnya seperti mainan tradisional dari kulit jeruk bali dan kayu.

Boneka

Boneka merupakan salah satu contoh karena menggunakan banyak bahan campuran. Karena pada proses pembuatannya boneka menggunakan kain dan isiannya. Bahkan pada beberapa boneka menggunakan campuran plastik juga pada bagian tertentu, seperti pada bagian hidung dan mata.

Instalasi

Instalasi merupakan rangkaian beberapa benda kerajinan bahan campuran yang disusun sedemikian rupa. Sehingga hasil akhirnya akan memberikan dampak lebih kuat dibandingkan dengan benda hias tunggal. Salah satu contoh bentuknya adalah hiasan dinding yang dibuat dari beberapa pigura, atau patung kecil yang terhubung satu sama lain.

Karya Media Campuran Inovatif

Inovasi merupakan salah satu kata kunci utama yang menjadi dasar pembuatan kerajinan memiliki dasar media campuran ini. Karena sesungguhnya dalam proses pembuatan tidak memiliki sekatan jenis membatasinya dengan jelas.

Kamu bisa membuat dua jenis kerajinan seperti sendal dan boneka menjadai sandal boneka misalnya. Atau tas dengan aksesori menjadi tas aksesori yang cantik. Namun demikian saat membuat suatu karya kemudian dapat mengatakan sebagai karya kerajinan media campuran.

Karena pada dasarnya memerlukan acuan yang dapat diikuti dan dipertimbangkan. Agar inovasi yang kamu lakukan dapat berhasil dengan baik.

Prinsip Kerajinan Berbasis Media Campuran

Kerajinan bahan campuran

Ketika melakukan inovasi yang mengakibatkan perubahan pada kerajinan bahan campuran, harus digunakan strategi tertentu agar hasilnya terlihat menarik. Strategi-strategi tersebut dapat dipahami dengan prinsip kerajinan berbasis media campuran.

Strategi perubahan atau prinsip kerajinan yang berbasis media campuran merupakan penggabungan dari berbagai bahan. Yang tidak mengakibatkan reaksi kimia tertentu saat dipadukan, contohnya adalah bahan yang ketika digunakn tidak membuat bahan lainnya terkikis, berkarat dsb.

Sehingga hasil kerajinan tadi dapat bertahan lama dan juga tidak menimbul efek yang berbahaya baik kepada manusia sebagai penggunanya maupun alam. Biasanya bahan yang digunakan tidak hanya satu jenis saja, bisa dua, tiga, empat atau bahkan lebih.

Banyaknya ragam bahan yang digunakan tentu saja tergantung pada rancangan dan kebutuhan dasar dari produk kerajinan bahan campuran yang hendak dibuat. Bahan juga dapat dibuat dari bahan homogen maupun heterogen sesuai kebutuhan.

Perpaduan ini bisa dibuat dengan memadukan bahan alam dengan bahan alam, bahan alam dengan bahan buatan atau bisa juga bahan buatan dengan bahan buatan. Ketika saat dipadukan salah satu bahan tidak mengalami perubahan fisik, misalnya terjadi lelehan setelah direkatkan, dsb.

Karena masing-masing bahan pada umumnya mempunyai karakteristik sendiri yang saling mendukung. Sehingga terciptanya keindahan (estetika) dari sebuah produk kerajinan yang dibuat. Perpaduan bahan yang memberikan manfaat tambahan seperti menjadi lebih kuat, awet, atau aman juga dapat menjadi nilai tambah.

Baca Juga : Mengenal Contoh Kerajinan Berbasis Media Campuran Beserta Contohnya

Prinsip dan manfaat ini sangat baik jika kerajinan ditujukan untuk seni terapan atau barang pakai yang memiliki nilai guna. Perpaduan bahan yang dibuat harus dapat menyatu dengan bahan lainnya sehinnga terjadi kesatuan dan harmonisasi.

Penutup

Demikianlah sekilas ulasan tentang kerajinan bahan campuran yang sangat baik diterapkan dalam pembuatan kerajinan. Semoga menambah wawasan kamu didalam bidang kerajinan dan karya seni terapan yang jauh lebih baik.