Kenali Contoh Surat Bisnis Sesuai Dengan Fungsinya

Seiring dengan berjalannya waktu maka telah hadir beragam jenis surat yang perlu kita ketahui. Salah satunya tentu saja surat bisnis. Sekarang sudah tersedia beragam contoh surat bisnis berdasarkan fungsinya.

Surat bisnis masuk dalam kategori surat resmi jadi mampu dipergunakan oleh banyak perusahaan untuk keperluan bisnis. Secara fungsi, umumnya perusahaan sudah banyak yang mempergunakan surat tersebut sebagai cara untuk menjalin kerja sama dengan perusahaan lainnya.

Yang perlu anda ketahui ternyata ada banyak jenis surat bisnis yang telah beredar setiap hari. Baik itu surat pesanan, surat penawaran, surat permintaan penawaran dan masih banyak jenis lannya.

Berbagai macam jenis surat bisnis ini dipergunakan untuk memberikan dukungan demi kelancaran perjalanan bisnis sebuah perusahaan. Hingga akhirnya perusahaan pun bisa semakin maju dan lebih berkembang. Sebetulnya pembuatan surat bisnis tidaklah sulit dilakukan asalkan mengetahui caranya.

Ada berbagai macam hal yang wajib anda perhatikan saat beerkeinginan membuat surat bisnis. Semisal saja dalam hal pembuatan kop surat, tanggal, tujuan surat, nomor, perihal, isi bahkan bagian penutup surat bisnis. Selain itu penggunaan bahasa bahkan penulisan menurut EYD juga perlu diperhatikan.

Contoh Surat Bisnis Menurut Fungsinya

contoh surat bisnis

Ketika kita mempunyai sebuah perusahaan, pastinya ada banyak hal yang perlu dipahami. Termasuk terkait contoh surat bisnis sekaligus fungsinya. Supaya anda lebih jelas lagi tentang semuanya. Ada baiknya menyimak penjelasan pentingnya berikut ini:

Surat bisnis permintaan penawaran

Jenis surat bisnis kali ini pada umumnya sering dipergunakan calon customer terhadap penjual yang berisikan mengirimkan surat penawaran kepada anda selaku pembeli atas produk yang memang ingin dibeli.

Di dalam surat, anda pun bakalan meminta beberapa informasi penting terkait barang yang nantinya ingin dimiliki. Selain itu tata cara pembayaran yang telah berlaku dalam perusahaan pun juga perlu diketahui.

Surat bisnis pemberitahuan pengiriman barang

Tentu saja kita bisa dengan mudah menemukan contoh surat bisnis yang satu ini. Jenis surat tersebut seringkali dipergunakan hanya untuk memberitahukan pembeli jika barang yang mereka pesan bisa segera dikirim melalui jasa pengangkutan tertentu. Semuanya sudah melalui kesepatan bersama.

Contoh surat ini sengaja dibuat supaya mampu meyakinkan para pembeli jika anda memang merespon dan bakalan memproses pesanannya secepat mungkin.

Surat bisnis pesanan

Jenis surat kali ini dibuat bahkan dikirimkan perusahaan yang nantinya berkeinginan membeli produk tertentu pada penjual. Dalam membuat surat ini maka biasanya anda perlu mengisikan beragam informasi penting. Baik itu terkait nama barang bahkan jumlah barang yang nantinya akan dibeli sedetail mungkin.

Apabila anda maupun perusahaan berkeinginan membeli suatu produk. Maka anda kini sudah bisa membuat surat pesanan kemudian mengirimkan pada perusahaan lainnya yang sudah menghadirkan barang kebutuhan tadi.

Surat bisnis penawaran kerjasama

Banyaknya contoh surat bisnis yang sudah tersedia seakan memberikan kemudahan pada perusahaan untuk membuatnya. Jadi mereka bisa menyesuaikan pembuatan surat sesuai keperluan. Kali ini anda bisa menjalin kerjasama dengan perusahaan lainnya yang sudah berkembang dengan baik hanya melalui surat tersebut.

Anda bisa kirimkan surat penawaran untuk menjalin kerjasama dengan mereka bahkan berusaha semaksimal mungkin supaya mereka percaya dan mau menerima iktikad baik anda ini.

Surat Bisnis Dalam Bahasa Inggris

Bagi siapa pun anda yang terbilang mahir dalam berbahasa inggris maka membuat surat menggunakan bahasa inggris terbilang gampang sekali. Usahakan tetap memperhatikan susunan suratnya agar nanti menghasilkan surat bisnis yang baik dan benar.

Surat bisnis penagihan

Jenis surat yang satu ini sengaja dibuat oleh penjualnya untuk para customernya. Tujuannya tak lain hanya untuk melakukan penagihan atas pembayaran barang yang sudah dibeli sebab melebihi batas tempo pembayaran yang telah ditentukan.

Surat tersebut memang teramat penting untuk dibuat pada sebuah toko online atau bahkan perusahaan yang nantinya akan dikirimkan pada pelanggan. Surat ini diberikan jika pelanggan tidak mampu membayar berdasarkan batasan waktu yang telah disepakati bersama.

Surat Bisnis Pengiriman Bukti Pembayaran

Bentuk surat kali ini ternyata menerangkan tentang bukti pembayaran dari anda dan nantinya bakalan diserahkan pada penjual. Surat yang satu ini terbilang begitu penting sekali. Sebab dijadikan sebagai konfirmasi jika anda sudah melakukan pembayaran atas barang yang telah dibeli.

Selain itu dalam surat tersebut, kini anda sudah mampu melampirkan bukti pembayaran yang telah anda bayarkan ketika melakukan pembelian produk. Kini anda pun sudah mempunyai bukti kuat terkait pembayaran barang.

Itulah tadi sedikit penjelasan mengenai contoh surat bisnis sekaligus kegunaannya. Sebetulnya masih cukup banyak yang lainnya. Di atas hanya sebagian saja yang mungkin mampu mempermudah anda memahami jenis surat bisnis.

Karena bagaimana pun juga surat bisnis memang cukup banyak jenisnya dengan beragam keperluan tertentu. Jadi jangan sampai nantinya anda merasa kebingungan membedakan antara satu surat dengan surat lainnya. Apalagi kini sudah  banyak contoh surat bisnis yang bisa anda temukan.

Cara Mudah Penyusunan Kerangka Surat Perjanjian Bisnis

contoh surat bisnis

Ketika anda sudah mengetahui beragam contoh surat bisnis sekaligus dengan fungsinya. Jangan lupa juga anda pelajari mengenai bagaimanakah cara pembuatan suratnya.

Dalam dunia bisnis pada umumnya surat yang terbilang sering dibuat adalah surat perjanjian kerja. Dimana jenis surat yang satu ini tergolong begitu penting sekali.

Supaya nantinya bisa lebih mudah memahaminya. Ada baiknya simak teknik penyusunan kerangka surat perjanjian kerja sama berikut ini:

  • Mencantumkan informasi pengirimnya

Dalam contoh surat bisnis pastinya anda tahu jika struktur surat yang perlu dicantumkan dan terbilang penting adala kop surat. Bagian kop surat seringkali mencantumkan nama perusahaan, alamat lengkap bahkan nomor telepon. Alangkah baiknya anda melengkapi bagian tersebut.

  • Berikan tanggal yang jelas

Tanggal ini tentu saja tanggal ketika surat tersebut dibuat.

  • Informasi mengenai penerima

Usahakan anda mampu menuliskan secara jelas nama penerima, jabatannya bahkan alamat lengkapnya.

  • Penghormatan

Bagian ini bisa dikatakan sebagai awalan struktur surat. Usahakan memberikan salam pembuka serta penghormatan.

  • Teks tubuh

Teks tubuh ini seringkali terdiri atas satu hingga tiga paragraf yang sudah terstruktur bahkan terbilang runtut. Jadi pada bagian paragraf pertama mampu berikan kata pengantar dan selanjutnya akan menyampaikan maksud isi suratnya sejelas mungkin.

  • Penutupan

Jangan sampai lupa juga memberikan kata penutup baik dan benar. Penutupan surat biasanya berisikan satu bahkan dua kalimat yang memohon penerima agar mampu menerima tawarannya. Pada bagian penutup surat ini jangan lupa sertakan pula ucapan terima kasih.

Baca Juga : Mengenal Contoh Kerajinan Berbasis Media Campuran Beserta Contohnya

Dari sini kita pun semakin paham akan contoh surat bisnis menurut fungsinya. Apalagi kini banyak perusahaan yang banyak mempergunakan surat tersebut. Berkat penjelasan yang menarik mengenai contoh surat bahkan struktur penyusunan surat. Maka pengetahuan anda mengenai surat bisnis semakin meluas.

Sebagai pelaku bisnis memang harus paham tentang jenis surat bisnis. Apalagi kita sebagai pemegang perusahaan juga sering mengirimkan surat pada perusahaan lainnya dengan keperluan berbeda.

Dari sini anda sudah bisa membedakan antara keperluan satu dengan lainnya. Jadi pembuatan surat bisnis pun nantinya lebih terarah sesuai dengan kebutuhan perusahaan.