Kapan Melakukan Senam Dasar PSHT? Begini Penjelasannya

Senam dasar PSHT merupakan hal pertama yang akan dipelajari oleh para peserta pemula. Salah satu tujuannya adalah sebagai perkenalan agar tidak sampai kaget dengan latihan utama nantinya. perlu diketahui jika sebenarnya gerakannya juga tidak terlalu berat sehingga tubuh dapat lebih rileks.

Waktu Melakukan Senam Dasar PSHT

senam dasar psht

Ada banyak manfaat penerapan senam dasar PSHT, misalnya saja untuk merelaksasi tubuh supaya saat melakukan lahan inti tidak mengalami cedera. Sebab, banyak terjadi ketika melakukan gerakan berat tubuh cenderung tegang jika sebelumnya tidak menjalankan pemanasan.

Latihan pencak silat yang ada di Indonesia termasuk PSHT terbilang cukup berat, untuk itu perlu mempelajari senam dasarnya. Penerapannya biasanya akan dilakukan sebelum menjalankan latihan inti. Mengena durasinya menyesuaikan jenis senam dasar apa saja yang dipraktikkan.

Pada gerakan-gerakan senam dasar ini akan membuat seluruh tubuh terangsang mulai dari tangan, kaki, pergelangan, dan bagian lainnya. Manfaat utamanya supaya tubuh tidak kaku sehingga dapat mengikuti seluruh prosesi latihan dari awal hingga akhir.

Manfaat Melakukan Senam Dasar PSHT

senam dasar psht

Melakukan senam dasar PSHT memiliki berbagai macam manfaat baik untuk kesehatan maupun gerak tubuh. Supaya lebih semangat untuk menjalankannya, sebaiknya ketahui terlebih dahulu apa saja fungsi sekaligus manfaatnya pada penjelasan berikut ini:

1. Tubuh Tidak Mudah Cedera

Manfaat utama yang dirasakan ketika melakukan senam dasar adalah menghindari terjadinya cedera. Cedera yang paling umum dirasakan saat seseorang melakukan aktivitas berat sebelum pemanasan yaitu keleso atau badan terasa ngilu setelah sesi latihan.

Tentu kondisi tersebut akan membuat kamu merasa tidak nyaman bahkan sampai mengganggu aktivitas harian. Senam dasar sendiri biasanya akan diajarkan pertama kali pada pemula sebagai tahap pengenalan sebelum menuju jurus-jurus pencak silat utama.

2. Memperbaiki Keseimbangan Tubuh

Gerakan dalam senam dasar yang dilakukan setiap akan mengadakan sesi latihan utama pencak silat ini sebenarnya memiliki banyak manfaat. Salah satu paling utamanya yakni memperbaiki keseimbangan tubuh utamanya bagi pemula atau pernah cedera ringan.

Akan tetapi bagi kamu yang memiliki cedera berat pada anggota tubuh penting seperti tangan dan kaki sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu pada ahlinya. Maksudnya yakni untuk mengetahui apakah dapat melakukannya atau tidak, karena jika salah dapat membuat kondisi bertambah parah.

3. Memperkuat Otot dan Tulang

Ada berbagai penyebab mengapa otot dan tulang dapat kehilangan kekuatannya misalnya saja karena cedera atau faktor usia. Supaya dapat meminimalisir berbagai dampak buruknya, maka dilakukan senam dasar PSHT setiap akan melakukan latihan.

Melakukan senam dasar secara rutin dipercaya dapat menurunkan risiko pengeroposan tulang. Dengan begitu saat akan melakukan aktivitas harian menjadi lebih semangat dan bugar karena otot dan tulang menjadi lebih kuat apalagi jika didukung dengan kebiasaan hidup baik.

4. Memperkuat Mental

Dalam seni bela diri, tubuh memang memegang peranan penting. Namun tahukah kamu, mental juga memiliki peran sangat signifikan utamanya dalam mendukung kesiapan tubuh menerima seluruh latihan. Perlu dimengerti jika semakin tinggi tingkatannya maka tingkat kerumitan latihan lebih tinggi.

Kekuatan mental dalam bela diri menjadi salah satu bagian yang menjadi pusat perhatian. Seluruh pelatihannya memang tidak hanya difokuskan pada kekuatan tubuh saja melainkan juga mental. Sebagai pengenalan, dilakukan senam dasar dengan banyak gerakan.

5. Menurunkan Tingkat Stres

Melakukan latihan bela diri menuntut seseorang menyeimbangkan antara pikiran sekaligus tubuhnya. Konsentrasi tinggi diperlukan agar lebih mudah dalam menerima jurus-jurus baru dengan begitu tidak sampai ketinggalan teman lainnya karena semakin tinggi tingkatannya akan lebih sulit.

Baca Juga : Mengenal Contoh Kerajinan Berbasis Media Campuran Beserta Contohnya

Saat latihan utama menjadi lebih sulit, tentunya akan meningkatkan stres. Oleh karenanya, sebagai pembuka akan diberikan senam dasar PSHT. Bukan hanya untuk mencegah terjadinya cedera, namun juga menurunkan tingkat stres utamanya bagi para pemula.

Tujuan Pencak Silat

senam dasar psht

Sebenarnya pencak silat tidak hanya untuk tujuan membela diri saja melainkan juga terdapat maksud lain di balik penerapannya. Sebenarnya apa saja itu? Jawabannya akan diulas pada penjelasan di bawah ini:

1. Sebagai Bentuk Olahraga

Ada banyak bentuk olahraga yang dapat dipraktikkan salah satunya yaitu pencak silat. Hanya saja memang gerakannya cenderung terlihat lebih berat dibandingkan cabang olahraga lain. Namun jika dilihat dari segi manfaat, kamu tidak perlu ragu karena sangat banyak.

Bukan hanya itu, dalam bela diri juga dibangun sifat sportivitas yang memang sangat penting dimiliki oleh orang-orang saat ini. Sebab, telah banyak terjadi peristiwa kurang mengenakkan saat sportivitas dilupakan mulai dari tindak kecurangan hingga penyalahgunaan kemampuan.

2. Pengembangan Seni

Seperti yang telah diketahui, bela diri merupakan salah satu seni yang hingga kini masih dilestarikan. Namun memang setiap kelompok memiliki kekhasannya masing-masing seperti halnya pada perguruan silat PSHT.

Cabang perguruan silat PSHT sudah menyebar di banyak daerah bahkan sampai ke desa-desa kecil sekalipun. Nantinya para junior akan dilatih oleh senior yang telah memiliki pengalaman serta menguasai jurus-jurus mulai dari dasar hingga paling tinggi.

3. Bela Diri

Saat ini tindak kejahatan semakin merajalela dan menyerang siapa saja bukan hanya orang dewasa melainkan juga anak-anak hingga remaja di bawah umur. Kekhawatiran orang tua terkait keselamatan buah hatinya menjadikan mereka memberikan izin untuk mempelajari seni bela diri.

Gerakan-gerakan yang diajarkan sendiri dimulai dari paling dasar hingga tingkat tinggi. Pada perguruan pencak silat PSHT memiliki beberapa tingkatan yang dibedakan dengan penggunaan sabuk. Umumnya untuk pemula yaitu diberikan sabuk berwarna merah jambu atau biasa disebut pink.

Apa Saja yang Dipelajari di Perguruan Silat PSHT?

Selain Senam dasar PSHT, ada beberapa gerakan lain yang dipelajari pada perguruan seni bela diri tersebut. Pada penjelasan kali ini akan diulas beberapa diantaranya:

1. Sikap Dasar Pencak Silat

Teknik pertama yang dipelajari terbilang banyak yaitu berupa sikap tegak 1 sampai 4.  Dilanjutkan dengan sikap duduk dan masih banyak lainnya. supaya tidak mengalami kebingungan, sebaiknya kamu mempelajarinya mulai dari paling dasar hingga tersulit.

Sebelum menuju ke tahap utama, kamu perlu melakukan senam dasar terlebih dahulu. Manfaat utamanya adalah menghindari terjadinya cedera serius pada area-area penting terutama di kaki dan tangan. Jangan sampai mengalami hal-hal tersebut karena malah menghambat latihan.

2. Mempelajari Jurus-jurus

Terdapat tahapan untuk mempelajari jurus-jurus yakni dari dasar hingga tingkat tinggi. Perbedaan tahapannya bertujuan supaya peserta pelatihan dapat menerimanya secara maksimal. Mengenai standar usia sebenarnya disesuaikan dengan kemampuannya.

Jurus yang diajarkan terdapat banyak jenis yang akan diajarkan langsung oleh para pelatih. Jika dirasa sudah mampu, akan dilakukan ujian untuk setiap kenaikan tingkatannya untuk menguji seberapa kemampuannya.

 Di atas merupakan penjelasan singkat terkait dengan Senam Dasar PSHT yang perlu diketahui sebelum menjadi salah satu bagian dari mereka. Jangan lupa juga untuk mempersiapkan fisik serta mental selama pelatihan supaya berhasil mencapai tingkatan tertinggi.