Ini Dia Contoh Tata Tertib di Sekolah

Sekolah merupakan tempat siswa untuk belajar. Nah, buat kamu yang masih sekolah tentu tidak asing lagi dengan nama ini dia contoh tata tertib sekolah harus dipatuhi semua pihak termasuk siswa dan guru. Ada banyak yang bisa kamu lakukan di sekolah agar prestasi bisa dengan mudah di gapai.

Tata tertib sekolah merupakan aturan yang berlaku di sekolah yang harus diikuti oleh semua pihak. Pihak siapa saja? Pihak guru, siswa dan tenaga kerja yang lainnya. ketika tata tertib sekolah itu dilanggar. Maka pihak sekolah harus tegas memberi sanksi kepada pihak yang tidak menaati peraturan sekolah.

Contoh Tata Tertib di Sekolah

Setiap sekolah mempunyai tata tertib yang berbeda-beda untuk memajukan sekolahnya.Apalagi persaingan untuk memajukan sekolah itu sangat ketat untuk sekarang ini. hal itu dikarenakan sekolah harus memiliki kreativitas guna untuk memajukan sekolah. ada beberapa contoh tata tertib sekolah yang harus dipatuhi oleh semua pihak.

Siswa Wajib Berpakaian Rapi dan Sopan

Tata tertib yang harus diikuti siswa adalah harus berpakaian rapi saat bersekolah. Hal itu dikarenakan pihak sekolah itu sudah menentukan pakaian yang harus digunakan itu hari apa bukan? sehingga siswa hanya mengikuti aturan tersebut. Selain itu juga, pakai yang digunakan itu harus sopan.

Jika siswa tidak berpakain sopan nanti akan timbul hal yang tidak diinginkan. Harus sesuai dengan aturan yang sudah disepakati oleh semua pihak sekolah. sehingga dengan adanya aturan yang jelas siswa dan guru bisa menaati peraturan yang ada di sekolah.

Datang Sebelum Pembelajaran Dimulai

Seorang siswa harus datang sebelum pembelajaran di mulai. Hal itu dikarenakan jika siswa terlambat maka ia tidak akan mengikuti pembelajaran dengan maksimal. Alasannya karena waktu yang digunakan sudah berkurang dengan tingkah siswa yang terlambat tersebut.

Jika siswa datang sebelum pembelajaran maka ia akan siap-siap dulu untuk melakukan proses pembelajaran. Sehingga siswa sudah siap mengikuti pembelajaran dengan baik dan benar.

Siswa Wajib Menghormati Guru dan Semua Pihak Lingkungan Sekolah

Sesama manusia harus sama-sama menghormati antara satu dengan yang lainnya. Misalnya siswa hormat dengan guru, kemudian guru dengan guru, kemudian siswa dengan satpam. Semua wajib dihormati guna untuk memajukan sekolah agar bisa saling dihargai satu dengan yang lainnya.

Ketika semua pihak saling menghormati sama dengan yang lain. Maka besar kemungkinan ketika ada permasalahan bisa segera diselesaikan dengan baik dan jelas. Sehingga bisa secara dengan mudah permasalahan tersebut itu selesai.

Siswa yang Tidak Masuk Harus Izin ke Guru

Nah, ini contoh tata tertib yang harus diikuti siswa adalah ketika tidak masuk ke sekolah maka harus izin terlebih dahulu kepada guru.Hal itu dilakukan agar guru itu mengetahui alasan tidak itu karena apa penyebabnya. Misalnya tidak masuk karena sakit atau karena ada kepentingan mendadak keluarga.

Dengan memberi kabar kepada guru tentu tidak akan bingung ketika ada izin dari siswa. Izin tersebut bisa melalui menulis surat yang langsung diberikan kepada guru wali kelas atau bisa juga langsung menghubungi wali kelas ketika tidak masuk sekolah.

Dilarang Merokok di Lingkungan Sekolah

Larang ini sudah umum untuk sekolah bahwa siswa itu tidak boleh merokok saat ada di lingkungan sekolah.Hal itu dikarenakan akan mengganggu aktivitas pembelajaran di sekolah dan siswa tidak akan konsentrasi dalam mengikuti proses pembelajaran.

Selain itu juga, kepada pihak guru tidak boleh merokok saat mengajar di dalam kelas. Hal itu dikarenakan karena ketika guru mengajar itu asap akan mengganggu aktivitas belajar siswa.Selain itu juga, guru tidak akan konsentrasi saat menjelaskan materi kepada siswa jika harus di bersamaan dengan rokok.

Dilarang Membawa Benda Tajam

Untuk contoh tata tertib yang terakhir adalah dilarang untuk membawa benda tajam ke sekolah. Tata tertib ini berlaku untuk semua pihak lingkungan sekolah, sehingga ketika ada yang membawa benada tajam harus mempunyai alasan yang jelas.

Apalagi bagi siswa itu tidak boleh bawa membawa benda tajam tersebut.Alasannya takut disalah gunakan siswa benda tajam tersebut. Kecuali ada praktek disekolah mungkin bisa dibawa siswa dengan izin guru dan pihak lingkungan sekolah.

Itu dia, contoh tata tertib sekolah yang harus diikuti oleh semua pihak lingkungan sekolah. Ada enam tata tertib sekolah di atas yang bisa kamu pelajari lebih lanjut untuk menambah wawasan. Tata tertib sekolah harus kamu patuhi agar sekolah itu bisa maju seperti sekolah lainnya. kemudian ketika ada tata tertib sekolah tentu ada fungsi mengapa harus ada tata tertib sekolah tersebut?

Fungsi Tata Tertib Sekolah

Setiap sekolah yang mempunyai tata tertib tentu memiliki fungsi berbeda dengan yang lainnya.Hal itu karena setiap sekolah itu memiliki keunggulan masing-masing sehingga harus sama sama berjuang untuk mengharumkan nama sekolah. Nah, apa saja fungsi tata tertib sekolah itu?

Mengerti Hak dan Kewajiban di Lingkungan Sekolah

Biasanya tata tertib sekolah mempunyai fungsi perangkat sekolah mulai dari kepala sekolah,guru,murid dan perangkat harus sama-sama mengerti hak dan kewajiban di lingkungan sekolah. Alasannya karena di lingkungan sekolah itu mempunyai peran masing-masing untuk memajukan sekolah itu berkembang.

Ketika hak dan kewajiban sama-sama dijalankan oleh pihak lingkungan sekolah. Maka nanti proses pembelajaran di sekolah itu akan lancar karena dukungan antara beberapa pihak lingkungan.

Menciptakan dan kedisiplinan

Ketika pihak sekolah membuat peraturan maka ada tujuan tertentu agar sekolah itu bisa maju. Dengan adanya tata tertib sekolah bisa membantu menciptakan siswa untuk selalu kreatif dan inovatif dalam pembelajaran di kelas ataupun di luar sekolah. Misalnya dengan siswa kreatif membuat karya tulis ilmiah yang bisa digunakan untuk mengikuti lomba antar kabupaten.

Selain menciptakan kreatif dan inovatif dengan adanya aturan tersebut dapat melatih siswa untuk disiplin setiap harinya. Sehingga ia tidak terlambat datang ke sekolah untuk mengikuti pembelajaran di sekolah dengan tenang.

Siswa Dapat Belajar dengan Tenang

Ketika ada aturan di sekolah maka siapapun yang melanggar aturan tersebut harus dikenai sanksi. Dengan aturan tersebut siswa dapat tenang mengikuti proses pembelajaran. Misalnya ada siswa yang membawa senjata tajam ke sekolah, maka siswa yang lainnya harus segara laporan ke guru agar cepat diatasi.

Baca Juga : Resensi Novel Fiksi yang Bagus, Ini Cara Membuat dan Contohnya

Jika siswa tidak laporan ke guru maka takut siswa yang membawa senjata itu menyalahgunakan senjata yang dibawa. Maka dengan itu aturan dapat membuat siswa itu tenang dengan memeberi sangsi yang tegas kepada siswa yang melanggar.

Itu dia, fungsi tata tertib sekolah yang kamu pelajari guna untuk membuat bekal kamu sekolah. sehingga dengan adanya tiga fungsi tersebut kamu bisa mengikuti peraturan sekolah dengan benar dan jelas. Setiap aturan yang ada di sekolah itu merupakan peraturan yang harus dipatuhi oleh semua pihak yang bertujuan untuk menciptakan kenyaman dan keamanan dalam proses pembelajaran yang diharapkan.