Daya Tarik Tersendiri 9 Properti Tari Kuda Lumping

Properti Tari Kuda Lumping sarat dengan berbagai keunikan dan mengesankan para penontonnya. Jika kamu perhatian atribut tarian ini memang spesial dan khas dengan kentalnya adat budaya. Iringan gamelan semakin mempercantik tarian dengan ketukan yang dinamis.

Bukan hanya satu dua properti saja, ada banyak properti yang digunakan sebagai pendukung tarian. Pada atribut tertentu, ada filosofinya, tapi ada pula atribut yang membuat tarian ini memang luar biasa keren.

Apa Saja Properti Tari Kuda Lumping?

Properti Tari Kuda Lumping

Dalam setiap pertunjukan Tari Kuda Lumping penuh dengan kejutan yang menarik dan membuat penonton enggan berpaling. Dimulai dengan hentakan kaki para penari, tabuhan gamelan yang menghentak kadang lembut, menciptakan desiran kesan lain yang berbeda.

Sebagai pelengkap pertunjukan yang melestarikan budaya bangsa, Tari Kuda Lumping selalu tampil lengkap dengan propertinya. Apa saja properti Tari Kuda Lumping?

Cambuk

Cetar, cetar, suara membahana dari cambuk memang selalu istimewa membuat penonton takjub mengelilingi tempat pertunjukan. Cambuk kurang lebih dengan panjang 2 meter menjadi properti unik dalam tarian ini.

Dalam setiap hempasan cambuk, suaranya keras dan fokus penonton tak dapat berpaling lagi. Penari semakin bersemangat dengan cambukan demi cambukan yang terhempas di tanah. Suaranya menciptakan aura semangat dengan ketika gerakan seirama gendang gamelan.

Parang

Parang yang digunakan dalam tarian adalah parang palsu atau imitasi. Parang dengan bentuk dibuat mirip aslinya ini biasanya terbuat dari kayu. Setelah dibentuk, akan di cat warna senada dengan kostum yang dikenakan penari.

Ketika penari memainkan parang, seolah sedang melawan musuh yang menghadang di depannya. Gerakan totalitas dan kompak membuat penonton semakin terkesima melihatnya.

Kuda Lumping

Properti Tari Kuda Lumping yang paling utama selain cambuk adalah kuda lumping. Kamu dapat menemukan kuda lumping ini di toko mainan atau toko yang khusus menjual alat tari. Kuda lumping terbuat dari anyaman bambu yang dibuat menyerupai kuda nan gagah berani.

Setelah ditu di cat atau dilukis dengan warna menarik dengan gambar kuda. Ada surai di atas kepala yang menambah keunikan kuda lumping tersebut. Tersedia beberapa ukuran yang dapat disesuaikan dengan penarinya baik kecil, sedang hingga besar.

Kostum

Seperti halnya tarian lain yang kental akan adat dan budaya, kostum tari kuda lumping memiliki ciri khas tersendiri. Kostum unik ini meliputi:

Atasan

Atasan berupa kemeja atau kaos polos. Jika kemeja biasanya berwarna mencolok sehingga menarik perhatian. Properti tari kuda lumping pada bagian atasan ini berbeda-beda untuk setiap paguyuban tari, dengan desain yang berbeda pula.

Meskipun demikian sama-sama untuk menarik penonton karena kostumnya unik dan khas sekali. Pada setiap penampilan ketika pentas, kostum khas menjadi daya tarik tersendiri.

Rompi

Bagian berikutnya adalah rompi yang dikenakan setelah menggunakan pakaian atasan. Untuk warna sekali lagi tergantung dari desain kostum itu sendiri.Mengenakan rompi membuat penari terlihat lebih gagah dan indah saat melakukan gerakan tarian. Dengan ketukan pas, kostum ini bergerak lincah mengikuti tarian yang menambah keren tarian.

Apok

Sebetulnya properti ini sudah sering kamu lihat tapi mungkin belum tahu namanya. Apok melebar pada bagian bahu sehingga terkesan gagah dan berani.

Memang benar jika terdapat filosofi tentang atribut ini bahwa menonjolkan kegagahan dengan pemakaian tepat. Semakin ke bawah akan semakin mengerucut.

Celana

Properti Tari Kuda Lumping berikutnya adalah celana panjang tapi menggantung. Dipilih celana menggantung agar gerakan penari lebih luwes dan bebas

Dengan ukuran yang menggantung maka lebih mudah melakukan gerakan dengan polah ekstrim. Tarian ini memang dengan ketukan penuh semangat dan musik iringannya juga luar biasa.

Sabuk

Sabuk dikenakan dengan desain motif tak kalah kerennya dibanding bagian kostum lain. Pada umumnya motif akan disesuaikan dengan desain dan motif dari pakaian penari.

Pemilihan warna tepat memperindah penari sehingga tarian makin apik dimainkan. Sabuk hias bermanfaat juga untuk menguatkan kostum yang dikenakan oleh para penari.

Sesumping

Apakah kamu tidak familiar dengan kata ini? Ini bagian dari kostum untuk properti Tari Kuda Lumping yang dipakai pada telinga. Dengan menggunakan sesumping ini penari tampil lebih gagah dan menarik.

Warna yang dipilih biasanya keemasan dengan sedikit motif kalem yang menambah keren dandanan penari. Sesumping makin terlihat elegan ketika penari menggerakkan kepala dengan kekompakan sesame penari lain.

Gelang

Gelang yang dimaksudkan adalah yang dikenakan pada kaki dan tangan. Biasanya gelang ini untuk penari perempuan dengan warna yang dipilih seperti sesumping, yaitu keemasan.

Untuk gelang kaki, membuat penonton fokus saat gerakan pada kaki mulai menghentak. Memang tarian ini gerakannya cepat dan dinamis dengan ketukan cepat ditambah iringan gamelan nan apik.

Ikat Kepala dan Penutup Kepala

Salah satu atribut yang tak kalah untuk dibahas adalah ikat kepala dan penutup kepala. Motif dari ikat kepala ini disesuaikan juga dengan desain kostum yang dikenakan.

Ikat kepala pada umumnya dapat dijadikan identitas dari paguyuban seni tari tersebut. Ikat kepala dengan pemilihan warna dan motif yang bagus bukan hanya menunjukkan identitas jelas, tapi juga menciptakan tampilan pentas spektakuler.

Kaos Kaki

Ada penari yang mengenakan kaos kaki ketika pentas di panggung pertunjukkan. Tentu hal ini berguna sebagai alas kaki supaya aman ketika menari.

Namun, sebagian besar penari tidak menggunakannya. Dengan kaki telanjang atau sepatu warna hitam, mereka lebih lincah melakukan gerak tari.

Kacamata Hitam

Menjadi hal khusus dan menarik adanya properti Tari Kuda Lumping berupa kacamata hitam. Kacamata ini bukan hanya sebagai penampakan keren untuk para penarinya, tapi ada maksud khusus.

Ketika dalam pertunjukan ada yang mengucapkan mantra-mantra khusus. Pembacaan mantra terkadang mengakibatkan mata penari bergerak tak beraturan. Saat bergerak seperti ini akan terlihat aneh malah menyeramkan.

Penggunaan kaca mata hitam akan membuat pergerakan mata tak terlihat oleh penonton. Penampilan tarian akan semakin menarik saja dengan berbagai properti yang unik dan keren.

Seperti tarian lain, tari kuda lumping diimbangi dengan tabuhan gamelan yang kental budaya. Dengan alunan ini gerakan dan tarian menyatu menyajikan pementasan tarian mempesona.

Unsur Keunikan Tari Kuda Lumping

Properti Tari Kuda Lumping

Jika kamu pernah melihat secara langsung, tari ini menunjukkan hal mistis antara alam gaib dan nyata. Ada berbagai hal aneh yang kadang terjadi ketika para penari memainkan gerakannya.

Baca Juga : Contoh Kritik Karya Seni Rupa 2 dan 3 Dimensi

Dengan iringan tabuh gamelan nan memukau, penari akan melakukan gerakan yang kadang tak biasa. Ada pula kesan supranatural yang ditangkap karena kadang penari santai saja ketika makan beling atau kaca.

Aksi yang pergerakannya di luar nalar ini menambah daya tarik tersendiri buat para penonton. Terlihat aneh dan tak biasa, setiap pertunjukan Tari Kuda Lumping menciptakan sensasi keistimewaan tersendiri.

Berbagai properti Tari Kuda Lumping menambah keunikan setiap gerakan penarinya. Daya tarik tersendiri untuk dilihat dari segi apapun, baik kostum, gerak, olah tari, hingga gamelan dan keunikan mantranya.