Contoh Undangan Pengajian Terbaik Agar yang Diundang Hadir

Undangan berguna untuk memberitahukan pada orang lain akan suatu hal dengan waktu yang jelas tertera di sana. Dalam contoh undangan pengajian, kamu akan mendapati point penting dalam acara tersebut lengkap dengan hari, tanggal hingga waktunya.

Namun, tak semua orang mengerti bagaimana membuat undangan dengan benar. Undangan dibuat dengan struktur, rapi, jelas dan mudah dipahami sehingga tidak membingungkan orang yang menerimanya.

Keuntungan dan Pentingnya Contoh Undangan Pengajian

Orang membuat undangan tentu memiliki maksud dan tujuan tertentu tak terkecuali acara pengajian. Jika kamu diminta membuat undangannya, kadang bingung mau memulai dari mana. Sebelum mempelajari contoh undangan pengajian, sebaiknya tahu juga keuntungan membuat undangan.

 Ajakan

Undangan dapat disebut sebagai ajakan untuk menghadiri suatu acara, dalam hal ini pengajian. Dengan adanya undangan maka orang yang diundang diharapkan hadir pada saat acara. Tentunya disesuaikan dengan waktu yang telah tertera di sana.

Mempermudah Tuan Rumah

Zaman dulu, undangan dilakukan door to door dengan menyuruh orang untuk melakukan undangan satu demi satu. Hal ini tentu membutuhkan waktu lama karena harus bicara kata per kata pada orang yang akan diundang. Bayangkan jika yang diundang ribuan orang, akan ribet sekali.

Lebih Efisien

Adanya undangan akan menghemat waktu dalam melakukan ajakan pada orang lain untuk hadir dalam acaranya. Tentunya lebih efisien waktu dan tenaga serta dana yang dikeluarkan. Undangan tinggal cetak, disebar dan selesai pendistribusiannya dengan baik.

Hemat

Menggunakan undangan, akan lebih hemat dalam biaya karena hanya membutuhkan mencetak undangan sejumlah orang yang akan diundang. Biayanya sangat terjangkau dan dapat disesuaikan dana yang dimiliki.

Praktis

Sebetulnya undangan pengajian dapat pula dibuat dengan cepat dengan penyebaran lebih praktis. Contoh undangan pengajian dapat didesain dengan bagus menggunakan banyak aplikasi atau template yang telah banyak tersedia di internet.

Zaman digital undangan dapat dibuat secara online sehingga dibutuhkan desain digital saja. Penyebarannya dapat melalui WA, telegram, WAG atau email.

Namun, tak semua orang suka dengan gaya undangan seperti itu karena berbagai alasan. Undangan pengajian dalam bentuk cetak di kertas yang apik dan rapi lebih disukai dan mengena di hati.

Untuk itu dibutuhkan contoh undangan terbaik sehingga orang yang diundang merasa wajib datang di acara tersebut. Perlu dipelajari cara paling mudah dan terbaik sehingga undangan pengajian benar-benar spesial dan istimewa bagi penerimanya.

Contoh undangan seperti apa yang bagus ini? Jangan khawatir karena membuatnya tak terlalu susah, ikuti saja tekniknya pada point-point artikel ini.

Contoh Undangan Pengajian Terbaik Agar yang Diundang Hadir

Sedih rasanya jika mengundang orang tapi yang diundang tidak hadir. Mungkin, salah satu penyebabnya karena undangan kurang menarik dan tidak jelas. Untuk itu, perlu contoh undangan pengajian dapat kamu lihat di bawah ini, agar orang yang diundang ‘merasa’ wajib hadir.

Contoh Undangan Pengajian Pertama

Undangan berfungsi sebagai ajakan untuk banyak orang dalam menghadiri pengajian. Di dalamnya lengkap disebutkan tanggal dan siapa yang mengisi pengajian tersebut sehingga tidak membuat bingung orang yang menerimanya.

Pada awal bagian atas cantumkan nama kumpulan yang akan mengadakan pengajian. Dilanjutkan dengan nama kabupaten atau tempat penyelenggara.

Langkah berikutnya dituliskan undangan untuk siapa dengan kalimat awal kepada Yth (yang terhormat). Dilanjutkan dengan di tempat atau alamat sesuai orang yang akan diberi undangan.

Setelah itu, dilanjutkan ke pokok inti tentang undangan pengajian, misalnya:

Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Puji syukur pada Allah SWT yang telah memberikan rahmatnya pada kita semua. Dalam rangka diadakannya pengajian rutin muda mudi, kami bermaksud mengundang saudara atau saudari yang akan dilaksanakan pada:

Hari                 : Sabtu

Tanggal           : 14 Mei 2022

Waktu              : 19.00 – 21.00 WIB

Pembicara      : Ustad Ahmad

Tema               : Makna syukur di zaman serba digital

Tempat                        : Masjid An-Nur

Demikian undangan ini yang dapat kami sampaikan. Semoga saadara atau saudari dapat datang  menghadiri undangan tersebut dengan penuh rahmat.

Atas perhatiannya kami ucapkan banyak terimakasih.

Wassalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Hormat saya,

Ketua panitia

Contoh Undangan Kedua (Pernikahan)

Pengajian dapat pula dilakukan ketika akan melakukan pernikahan. Undangan ini memang khusus digunakan untuk kelanjutan acara pernikahan tersebut. Agar undangan terlihat bagus dan menarik, perlu contoh undangan pengajian seperti di bawah ini.

Undangan Pengajian Pernikahan

Hal                  : Undangan pengajian

Kepada yth     : Saudara/I (Sebutkan nama yang diundang)

Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Puja dana puji ke hadirat Allah SWT atas segala limpahan berkahnya bagi kita semua. Tak lupa sholawat beserta salam kita panjatkan dengan penuh rasa syukur tak terhingga.

Dengan kerendahan hati, kami mengundang kehadiran bapak dan ibu dalam acara pengajian pernikahan anak kami yang akan kami adakan pada:

Hari                 : Minggu

Tanggal           : 15 Mei 2022

Pukul               : 10.00 hingga selesai

Tempat                        : Rumah Bapak Ahmad, Sleman, Yogyakarta

Pengisi                        : Ustad Rohmad

Demikian undangan ini kami sampaikan semoga bapak dan ibu dapat meluangkan waktu dan menghadirinya. Semoga kita semua dapat berkumpul dalam keadaan sehat walafiat dan terimakasih atas perhatiannya.

Wassalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Hormat kami,

Keluarga Ahmad dan keluarga

Baik contoh undangan pengajian pertama atau kedua memiliki makna yang sama, intinya mengundang agar tamu datang. Penyampaiannya hampir sama hanya ada di beberapa point tentang siapa yang mengundang.

Baca Juga : Contoh Iklan Kolom Beserta Ciri-ciri dan Fungsinya

Dengan mengetahui membuat undangan yang baik maka pihak yang diundang merasa dihormati. Pemilihan kata sangat penting sehingga tidak membuat bingung yang diundang. Pada dasarnya undangan memiliki beberapa poin penting, yaitu:

  • Perihal

Perihal berisikan untuk apa undangan tersebut diberikan. Misalnya saja dalam hal ini adalah undangan pengajian.

  • Ditujukan Kepada Siapa

Hal kedua yang perlu diperhatikan adalah undangan tersebut ditujukan kepada siapa. Harus jelas untuk saudara, saudari, bapak dan ibu atau bapak dan Ibu.

  • Salam Pembuka

Salam adalah point ketiga yang harus kamu perhatikan karena sebagai awal dari sebuah ajakan untuk mengajak yang diundang agar hadir. Contoh undangan pengajian dengan salam jangan sampai dilupakan karena menjadi bagian dari undangan tersebut.

  • Isi Undangan

Berisi tanggal, hari, tempat dan waktu terkait undangan yang disebarkan. Isi harus jelas dengan jam yang jelas pula. Jangan sampai isi undangan tidak jelas atau salah waktu dan tanggalnya karena efeknya bisa mengacaukan jadwal acara.

  • Penutup

Penutup dari undangan pengajian berisikan ucapan terimakasih atas perhatiannya dan salam penutup. Dengan demikian undangan jelas dan dari siapa dan untuk siapa.

  • Salam Hormat

Untuk memperjelas siapa yang mengundang melakukan pengajian. Adanya nama atau ketua panitia memang penting. Jika memungkinkan sebutkan nama sekretarisnya jika itu sebuah organiaasi.

Dengan point yang jelas maka undangan terbaik dibuat dan yang diundang wajib hadir. Perhatikan dengan baik urutan dalam pembuatan undangan ini. Kamu dapat mengubah kalimat contoh undangan pengajian dengan lebih bagus lagi asalkan hal pentingnya tidak diabaikan begitu saja.