Contoh Kerajinan Limbah Tekstil Dari Serat Alam

Tak bisa dipungkiri lagi jika di Indonesia ini ternyata ada banyak jenis limbah. Salah satu jenis limbah yang dinilai cukup berbahaya tentunya limbah tekstil. Limbah bahkan sudah dikelompokkan dalam jenis polutan yang bisa mencemari lingkungan terlebih wilayah perairan. Tetapi ada jenis limbah yang kini bisa kamu kreasikan menjadi kerajinan limbah tekstil. Dimana kini sudah tersedia beragam pilihan contoh kerajinan limbah tekstil dari serat alam.

Barangnya memang bernilai ekonomis sehingga mampu memikat orang untuk membelinya. Limbah tesktil sebetulnya sisa produksi baik berupa sisa benang pada kones,sisa bahan tambahan seperti tali, bisban, kerah, busa pelapis bahkan bisa juga berupa kain perca dari proses produksi. Beragam barang tersebut kini bisa dimanfaatkan dalam pembuatan kreasi kerajinan tangan.

Adapun bahan serat alam yang berasl dari tumbuhan seperti halnya daun enceng gondok, biji kapuk, serat serabut kelapa,limbah jagung dan masih banyak sekali lainnya. Sedangkan serat hewan seperti jalnya serat stapel dan filamen. Contohnya saja kepompong ulat sutera dan serat bulu domba.

Serat alam biasanya mempunyai densitas rendah, bisa diperbaharui, berpori, berlimpah, murah bahkan ramah terhadap lingkungan. Inilah mengapa kain perca yang asalnya dari serat alam sering dipergunakan sebagai bahan pembuatan kerajinan. Kali ini kita pun bakalan membahas mengenai contoh kerajinan limbah tekstil dari serat alam.

Macam-Macam Dari Limbah Tekstil

contoh kerajinan limbah tekstil dari serat alam

Sebelum melangkah lebih jauh bahkan membahas mengenai contoh kerajinan limbah tekstil dari serat alam. Kini kamu pun harus mengerti akan beragam jenis limbah tekstil. Dari pada merasa penasaran sebaiknya simak penjelasan berikut ini:

Limbah tekstil padat

Limbah padat merupakan sisa produksi hasil dari proses produksi. Sisa produksi ini bisa saja berupa barang seperti halnya:

  • Kain sisa atau perca.
  • Sisa benang yang ada pada kones
  • Sisa bahan tambahan seperti halnya kerah, bisban, tali, busa pelapis dan lainnya.

Jadi kamu pun sudah bisa memanfaatkannya menjadi kerajinan yang menghasilkan nilai jual. Tuangkan kreativitas kamu untuk menciptakan hasil karya kerajinan terbaik.

Limbah tekstil cair

Limbah cair merupakan sisa hasil dari proses pengkanjian.Dalam proses pengkanjian ini hadir dalam beberapa tahap yakni:

  • Penggelantangan
  • Pemasakan
  • Merserisasi
  • Pewarnaan
  • Pencetakan

Contoh Kerajinan Limbah Tekstil Dari Serat Alam

contoh kerajinan limbah tekstil dari serat alam

Setelah membahas sekilas mengenai limbah tekstil. Kini kamu pun juga harus mengerti akan beragam contoh kerajinan limbah tersebut. Siapa sangka ternyata ada cukup banyak contohnya yang bisa dijadikan sebagai inspirasi. Dari pada merasa penasaran sebaiknya simak ulasan berikut ini:

Tempat pensil dari kain flanel

Kerajinan yang satu ini pastinya menarik untuk dicoba. Buat kamu yang pintar menjahit alangkah baiknya mencoba membuat karya yang satu ini. Kali ini kamu bisa memanfaatkan kain flanel dengan membuatnya menjadi tempat pensil. Bentuk dari tempat pensil pun bisa kamu kreasikan dengan bentuk yang menarik dan lucu. Setidaknya tempat pensil ini nantinya bakalan memiliki nilai jual tersendiri.

Tas bahan kain perca

Dari pada kain perca dibuang begitu saja hingga menjadi limbah tak berguna. Kali ini kamu pun bisa menyulapnya menjadi tas yang indah. Hanya dibutuhkan  sebuah kreativitas dari kamu untuk menuangkan ide menariknya. Kini kain perca pun menjadi tas indah dan menarik yang bernilai jual.

Rompi dari serat kayu

Contoh kerajinan limbah tekstil dari serat alam selanjutnya bisa kamu temukan pada rompi yang berasal dari serat kayu. Kali ini kamu bisa berkreasi menghasilkan bentuk rompi yang unik dan menarik sesuai ide yang ada dalam imajinasi. Pastikan kamu mampu menghasilkan karya terbaik dari bahan serat kayu ini.

Boneka bahan kain perca

Dari pada kain perca harus di buang begitu saja. Alangkah baiknya menyulapnya menjadi boneka yang unik dan lucu. Pastikan kamu mengeluarkan semua kreativitas dalam diri hingga akhirnya menghasilkan kerajinan bernilai jual tinggi.

Gantungan kunci kain perca

Menariknya sekarang ini kamu bisa juga membuat kain perca menjadi sebuah gantungan kunci. Pastikan kamu mampu menyulap kain perca ini jadi beragam bentuk gantungan kunci yang menarik.

Keset dari anyaman kain perca

Kali ini kain perca ternyata bisa juga kamu jadikan sebagai keset. Pastinya kamu sering sekali menemukan keset ini di pasaran. Dari pada percanya dibuang begitu

Cara Membuat Kerajinan Limbah Tesktil Dari Serat Alam

contoh kerajinan limbah tekstil dari serat alam

Sebelum akhirnya kamu membuat kerajinan tangan dari limbah tekstil. Alangkah baiknya ketahui pula mengenai teknik pembuatan karya kerajinan dari limbah tekstil ini. Supaya lebih jelas sebaiknya simak uraian berikut:

  • Teknik quiliting merupakan teknik menggabungkan kain dengan ukuran sekaligus potongan tertentu supaya nantinya bisa membentuk motif unik.
  • Teknik aplikasi perca meurpkana teknik menghias kain dengan mempergunakan kain perca yang dilekatkan menggunakan lem ataupun jahit.
  • Teknik anyam merupakan teknik menggabungkan bagian-bagian menjadi struktur yang terbilang lebih kuat.
  • Makrame merupakan teknik kerajinan klasik hanya dengan menampilkan bentuk simpulan dari jalinan tali.
  • Teknik bentuk tiga dimensi dilakukan dengan membuat pola, memotong bahannya bahkan membentuk mempergunakan bantuan teknik jahit maupun lem.

Ketika kamu sudah mengetahui beragam teknik diatas. Kali ini kamu pun perlu mengetahui langkah pembuatan kerajinan limbah tekstil dari serat alam. Dimana kali ini bakalan terbahas pemanfaatan dari kain perca.

Cara Mudah Membuat Kerajinan Limbah Tesktil Kain Perca

contoh kerajinan limbah tekstil dari serat alam

Supaya lebih jelas lagi akan setiap langkah pemanfaat kain perca menjadi hasil kerajinan unik. Alangkah baiknya menyimak setiap langkah yang telah tersedia berikut ini.

1.Persiapkan semua bahan:

  • Pensil dan pulpen pola
  • Kertas HVS
  • Karbon jahit
  • Gunting
  • Pendedel benang
  • Jarum jahit
  • Jarum pentul
  • Alat masuk benang
  • Setrika
  • Kain belacu
  • Kain perca
  • Benang jahit
  • Benang sulam
  • Bahan psilin
  • Lem

2. Gambarlah mempergunakan pola pada kertas HVS.

3. Guntinglah pola kemudian lekatkan pada karton hanya dengan mempergunakan lem.

4. Guntinglah karton yang ditempel pola untuk nantinya membuat sebuah cetakan.

5. Letakkan saja kain pislin di bagian atas perca. Sisi pislin yang terasa licin usahakan mebghadap ke bagian bawah.

6. Gosoklah menggunakan setrika sampai kedua kainnya menempel.

7. Jiplak cetakan pola di bagian atas kain.

8. Gunting kain percanya sesuai dengan pola cetakan.

9. Rekatkan kain perca tadi di batas permukaan produk yang nantinya ingin kamu hias dengan bantuan lem kain.

10. Jahitlah pinggiran kain percanya menggunakan tusuk perca feston.

11. Buat saja beberapa macam pola kemudian kreasikan seindah mungkin

Itulah tadi sekilas penjelasan menarik mengenai contoh kerajinan limbah tekstil dari serat alam yang bisa kamu pahami. Semoga saja dengan beragam uraian di atas, kamu lebih tertarik menghasilkan karya kerajinan bernilai jual hanya dengan memanfaatkan serat alam.

Baca Juga : Kerajinan Bahan Campuran Lengkap Beserta Prinsip dan Contohnya

Siapa sangka ternyata ada banyak produk yang dihasilkan hanya dari limbah tekstil ini. Mulai dari barang sederhana hingga barang yang bernilai jual tinggi. Semuanya tergantung pada kreavititas yang ada dalam diri kamu.

Jadi usahakan selalu menuangkan ide baru untuk hasil karya kerajinan tangan yang menarik. Setidaknya kamu bisa menghasilkan pundi rupiah dari ketekunan dan ketelatenan mengolah limbah tekstil menjadi barang bermanfaat.