','

' ); } ?>

Contoh Iklan Kolom Beserta Ciri-ciri dan Fungsinya

Banyak pengguna yang masih merasa kesulitan saat ingin membedakan antara contoh iklan kolom dan contoh iklan baris. Padahal hal ini cukup mudah dikenali hanya dengan melihat pada bentuk iklannya, karena memiliki ciri khas yang berupa kolom-kolom.

Yang mana kolom-kolom tersebut memuat informasi tentang barang atau jasa lengkap dengan gambarnya. Tujuannya adalah agar iklan tersebut dapat menarik perhatian para pembaca. Iklan ini dikenal juga sebagai iklan display, karena memiliki kalimat yang dilengkapi dengan foto atau gambar.

Iklan Kolom Beserta Ciri-ciri dan Fungsinya

Contoh Iklan kolom tidak hanya digunakan untuk menawarkan barang dan jasa saja, namun juga digunakan untuk promosi. Seringkali juga digunakan untuk menyebarkan informasi penting seperti pernikahan, berita duka atau ucapan terimakasih.

Ciri – Ciri Iklan Kolom

Memang orang yang awam dalam bidang periklanan akan sulit mengenai iklan kolom dan iklan baris ini. Padahal iklan kolom memiliki beberpapa ciri yang dapat dilihat dengan jelas seperti poin-poin dibawah ini.

  • Informasi Singkat Dan Dilengkapi Gambar

Iklan kolom biasanya memiliki ciri khas yang dapat ditandai dengan mudah. Yakni menggunakan kata-kata yang singkat dan dilengkapi dengan gambar. Mambuat mata pembaca langsung tertarik walaupun dengan melihatnya sekilas saja.

  • Ukuran Yang lebih Besar.

Contoh Iklan kolom pada umumnya memiliki ukuran iklan yang lebih besar daripada ukuran iklan baris. bahkan saking besarnya, ukuran iklan kolom dapat menghabiskan satu halaman koran penuh.

  • Informasi Penawaran Produk

Iklan kolom dibuat untuk menyebarkan informasi mengenai penawaran produk dan layanan jasa. Namun juga sering digunakan untuk menyebarkan iklan pribadi, seperti ucapan terima kasih, berita duka cita, dan juga pernikahan.

  • Dimuat Di Media Cetak

Kali ini memiliki adalah tentang persamaan antara iklan baris dengan iklan kolom yaitu keduanya sama-sama dimuat di media cetak. Media cetak yang digunakan biasanya adalah koran atau majalah.

Itulah beberapa ciri dari iklan kolom yang dapat digunakan untuk membedakannya dari iklan baris. Sehingga kamu dapat menandainya dengan baik saat menemukan jenis iklan ini.

Fungsi dan Tujuan Iklan Kolom

Pada dasarnya iklan yang dibuat berdasarkan dari manfaat dan tujuan dari si pembuat iklan tersebut. Dapat dianggap baik dan tepat sasaran ketika memikiki tujuan dan dapat tercapai sesuai keinginan. Fungsi dan tujuan yang detail mengenai pembentukan iklan kolom adalah sebagai berikut:

  • Membagikan informasi penting

Iklan kolom ini dibuat dengan tujuan dapat membagikan informasi penting dari si pengiklan. Dengan tujuan semua orang  yang membaca akan mengetahui mengenai produk atau jasa yang ditawarkan oleh pembuat iklan.

  • Dapat mempengaruhi masyarakat.

Tujuan dan fungsi yang kedua dari iklan kolom ini adalah dapat mempengaruhi masyarakat tentang  produk atau jasa yang ditawarkan. Sehingga memiliki mindset yang kuat bahwa produk atau jasa tersebut sangat kompeten.

  • Mempengaruhi Untuk Membeli

Memberikan informasi yang baik dan akurat tentang jasa maupun produk ditawarkan. Sehingga masyarakan yang membaca iklan ini menjadi tergoda untuk mencoba atau membelinya saat tertarik melihat iklannya.

  • Menarik minat pembaca atau penonton.

Iklan ini juga dibuat untuk menarik minat dari pembaca untuk mengetahui lebih dalam dari produk maupun jasa yang ditawarkan. Seperti contoh iklan kolom yang menawarkan mobil atau rumah biasanya disertai ilustrasi menarik tentang keluarga dengan fasilitas yang nyaman.

Unsur Unsur Iklan Kolom

Iklan kolom juga mempunyai beberapa unsur iklan seperti pada umumnya. Unsur-unsur iklan kolom atau kerap disebut sebagai struktur iklan kolom ini  tidak jauh berbeda dengan struktur iklan yang lainnya.

Seperti iklan kolom untuk lowongan kerja, untuk iklan pendidikan, maupun iklan pengetahuan. Berikut adalah  unsur-unsur yang terdapat pada iklan kolom yang terdiri dari:

  • Judul.
  • Nama Produk.
  • Kalimat atau Deskripsi Produk.
  • Nomor Telepon.
  • Alamat Email.

Perbedaan Iklan Baris dan Iklan Kolom

Meskipun sama-sama ditampilkan di media cetak, namun iklan baris dan iklan kolom memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Dilihat dari bentuk dan ukurannya yang dapat dengan mudah dibedakan seperti di bawah ini:

Iklan Baris

Iklan baris adalah iklan yang dibuat dengan komposisi yang terdiri dari beberapa kalimat atau baris. Biaya yang dikenakan pada iklan baris ini juga berdasarkan pada jumlah baris yang digunakannya. Termasuk ke dalam golongan iklan yang berbiaya rendah atau murah.

Iklan baris ini ditulis dengan tulisan yang singkat, padat, dan jelas. Iklan baris dibuat dengan makna pada setiap kalimat sederhana yang disampaikan. Jenis yang diiklankan pada iklan baris contohnya adalah ucapan rasa syukur, iklan jasa, iklan produk, dan sebagainya.

Iklan Kolom

Sementara kalau Iklan kolom ini merupakan salah satu jenis iklan yang memiliki  bentuk yang lebar hingga satu kolom penuh. Iklan kolom ini selain lebih besar juga lebih tinggi dibandingkan dengan iklan baris.

Iklan kolom biasanya juga tidak hanya berupa tulisan saja melainkan juga ada lambang, simbol, gambar ilustrasi dan tanda-tanda lainnya. Tanda yang ingin diperkenalkan kepada masyarakat dengan lebih jelas dan lebih detail.

Biaya yang dikenakan saat memasang iklan kolom bergantung dari ukuran iklan tersebut. Semakin besar ukuran kolom iklannya biasanya semakin mahal juga biaya yang harus dikeluarkan.

Contoh Iklan Kolom Penjualan Produk

Contoh Iklan kolom penjualan produk adalah iklan komersial yang mana pada iklan tersebut berisi informasi mengenai penjualan jasa atau produk. Penjualan produk ini bisa berupa barang-barang yang biasa digunakan masyarakan dalam kehidupan sehari-hari seperti motor, mobil, rumah, dan sebagainya.

Pembuat iklan biasanya mencantumkan informasi penting yang dapat menarik perhatian pembaca. Tentang berbagai keunggulan dari produk yang ditawarkan. Daya tarik yang dimiliki oleh iklan kolom tersebut merupakan kunci utama kesuksesan iklan tersebut.

Informasi detail yang cukup penting untuk menarik perhatian calon konsumen adalah mengenai cicilan, diskon dan juga promosi yang diberlakukan. Sehingga ketika kamu membuat iklan kolom jangan lupa untuk memberikan berbagai informasi tersebut.

Contoh Iklan Kolom Di Koran

Iklan kolom di koran adalah iklan yang didesain khusus untuk di cetak di koran dengan ciri-ciri singkat, padat dan jelas. Iklan kolom ini menjadi andalan para wirausahawan untuk mempromosikan usahanya seperti retail, percetakan, usaha kuliner, pendidikan, dan berbagai layanan lainnya.

Baca Juga : Contoh Kritik Karya Seni Rupa 2 dan 3 Dimensi

Pembuat iklan biasanya membuat iklan dengan sangat menarik dan ilustrasi gambar yang mendukung. Iklan jenis ini menggunakan satuan ukuran milimeter di surat kabar dan berlaku di di Media Pers Indonesia.

Itulah beberapa perbedaan mengenai iklan kolom dan iklan baris yang biasa dicetak di surat kabar. Keduanya-duanya sama-sama menjadi andalan para pengusaha di Indonesia untuk memperkenalkan produknya. Namun sekarang mulai meredup karena kemajuan teknologi dan media cetak digantikan oleh media elektronik.

Kesimpulan

Semoga artikel ulasan mengenai contoh-contoh dari iklan kolom beserta ciri-ciri, fungsi, dan unsurnya. Tadi dapat menambah wawasan anda di bidang periklanan. Sehingga tidak mengalami kebingungan ketika hendak membuat sebuah contoh iklan kolom yang dibutuhkan.