Cara Menyalin Link IG Sendiri dan memahami beberapa fungsinya

Bagi kamu yang mempunyai mempunyai bisnis di akun Instagram, manfaatkan fitur link in bio sebaik-baiknya. Sebelum mengetahui cara menyalin link IG sendiri, maka terlebih dahulu kamu harus mengetahui fungsinya di bawah ini.  

Ini Dia Cara Menyalin Link IG Sendiri yang Mudah Dilakukan, Penasaran?

cara menyalin link IG sendiri

Pada dasarnya cara menyalin link IG sendiri merupakan salah satu langkah yang sangat gampang untuk dipraktekkan. Tetapi meskipun begitu, tidak sedikit orang masih merasa kebingungan untuk menyalin link IG tersebut. Jika kamu salah satu dari sekian banyak orang tersebut, yuk simak ulasan tips untuk menyalin link IG milikmu itu tadi!

Cara menyalin link IG sendiri pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu yaitu dengan membuka aplikasi browser di perangkat HP smartphone milikmu sendiri ya! Hal ini tidak lain disebabkan karena proses penyalinan link tersebut tidak bisa dilakukan melalui aplikasi.

Dengan kata lain, link IG tersebut hanya bisa disalin dengan membuka aplikasi browser. Setelah itu, cukup ketikkan instagram.com di bagian kolom URL pada aplikasi browser HP smartphone milikmu tadi.

Jika sudah, untuk melanjutkan cara menyalin link IG sendiri kamu bisa langsung login dengan menggunakan akun Instagram milikmu tadi ya! Setelah berhasil masuk, maka langsung saja buka menu PROFIL dimana kamu bisa menekan tombol menu yang ada di bagian pojok kanan paling bawah.

Nah, nantinya di bagian kolom URL yang terletak di sebelah atas tersebut, maka kamu bisa melihat URL yang menunjukkan akun IG milikmu tadi. Jika sudah, klik icon copy. Setelah itu kamu tinggal menekan ikon  copy saja baru link profil dalam akun sosial mediamu tadi sudah tersalin secara otomatis. Jadi, bagaimana mudah sekali bukan ulasan artikel di atas tadi mengenai cara menyalin link IG sendiri?

Aneka Ragam Fungsi Link IG untuk Branding Personal Sosial Mediamu!

cara menyalin link IG sendiri

Pada dasarnya, link in bio yang ada di akun Instagram merupakan tautan URL yang bisa ditautkan di profil sosial mediamu sendiri. Tidak sedikit platform sosial media yang menyertakan link tersebut untuk berbagai tujuan. Untuk lebih jelasnya lagi, maka dari itu simak ulasan artikel di bawah ini tentang fungsi dari link IG tersebut.

1. Menjadi Media Promosi

Salah satu fungsi utama dari link in bio tersebut tidak lain yaitu dijadikan sebagai sarana dalam melakukan promosi. Nantinya dengan adanya link tersebut maka para pengikutmu akan diarahkan pada halaman penjualan suatu website atau bahkan marketplace. 

Sebagai contoh, jika pengikutmu mengklik link yang ada dalam profil Instagrammu sendiri, maka nantinya mereka akan dialihkan ke halaman penjualan produkmu. Baik itu melalui toko online di Tokopedia, Lazada, Shopee, dan berbagai macam jenis marketplace lainnya.

2. Demo Produk

Kamu bisa menggunakan link in bio tersebut untuk sarana demonstrasi produk maupun memberikan sampel produk secara gratis. Sebagai saran tambahan, kamu bisa menuntun mereka ke sebuah website berlatar landing page.

Setelah itu, suruh mereka untuk mendaftarkan diri terlebih dahulu untuk memperoleh demo produk maupun sampel gratis tersebut. Dengan data diri yang mereka isi tersebut, maka nantinya kamu bisa memperoleh informasi yang berharga untuk promosi produk  selanjutnya pastinya.

3. Profil Brand

Fungsi dari link in bio tersebut tidak lain untuk menyoroti tentang branding personal akun sosial media milikmu sendiri maupun profil perusahaan. Dengan mencantumkan link in bio tersebut maka nantinya kamu bisa mengetahui lebih dalam lagi mengenai tujuan bisnismu sendiri.

Selain itu, kamu bisa mendeskripsikan diri maupun bisnis produkmu lebih lanjut di dalam link website tadi. Bahkan, kamu bisa menawarkan solusi yang menarik dan bersifat win win solution untuk mengurangi problem alias masalah yang tengah dihadapi oleh para klien maupun pengikutmu nantinya.

4. Sebagai Saluran Marketing dalam Bentuk Video dan Podcast yang Dimiliki

cara menyalin link IG sendiri

Link dalam Instagram tersebut bisa kamu jadikan saluran marketing layaknya Youtube dan juga Podcast. Tentunya akan sangat baik jika para pengikutmu mau mendengarkan opini maupun konten yang telah z

5. Memberi Arahan Produk Best Selling

Dengan menggunakan link in bio tersebut, maka nantinya kamu bisa mengarahkan para penggunamu untuk mencoba berbagai macam produk jualanmu. Terlebih, produk yang sudah best selling tentunya.

Dengan penerapan produk yang telah best selling tersebut, maka nantinya akan membuat proses marketing menjadi lebih menarik pastinya. Hal ini tidak lain karena dengan memberikan saran kepada pelangganmu terhadap produk andalan tadi sering digunakan oleh beberapa perusahaan maupun pebisnis.

Mengingat minat pelanggan akan saran produk yang menjadi andalan sangat digemari dan bahkan jumlahnya tidak sedikit lho! Maka dari itu, kamu bisa memanfaatkan peluang yang satu ini dengan menggunakan link in bio tentunya.

6. Sarana Mempromosikan Blog dan Media Publikasi

Seperti yang telah dijelaskan di atas tadi bahwa sebenarnya tujuan pembuatan link in bio ini tidak lain yaitu digunakan sebagai bahan promosi. Nantinya kamu bisa mencantumkan blog maupun konten website yang sudah kamu publikasikan tersebut di link in bio pada Instagram.

Baca Juga : Bio IG Aesthetic Bahasa Inggris, Cuek, Lucu, Keren & Singkat

Hal ini tidak lain karena caption yang ada di dalam Instagram sendiri jumlahnya sangat terbatas. Untuk itu, tidak sedikit brand maupun perusahaan yang mencantumkan link in bio supaya pelanggannya bisa mencari informasi terkait produk bisnis jualan mu tadi lebih lanjut pastinya.

7. Sebagai Sarana Launching Product

Fungsi link dalam bio Instagram tersebut tidak lain yaitu untuk meluncurkan produk terbaru dari bisnismu. Dengan  adanya link tersebut maka nantinya secara tidak langsung kamu bisa ikut memeriahkan kampanye yang bersifat online.

Bahkan, kamu bisa ikut andil terhadap event-event yang sedang berlangsung lho! Caranya sendiri sangat gampang, yaitu kamu hanya perlu membuat berbagai macam konten terkait peluncuran produk baru tersebut. Setelah itu, undang seluruh pengikutmu untuk masuk di dalam event online tersebut.

Setelah itu, cantumkan link konten tersebut pada akun Instagrammu tadi. Nantinya, orang-orang juga akan memeriahkan acara yang kamu buat tadi terkait peluncuran produk bisnis barumu itu.

8. Kumpulkan Lead Generation

Terakhir, fungsi dari link in bio yang ada di fitur Instagram tidak lain digunakan sebagai sarana untuk melakukan kampanye marketing. Dimana nantinya kamu menyertakan form landing page website bisnis milikmu untuk menawarkan produk yang dimiliki.

Beberapa jenis produk yang bisa kamu bagikan secara gratis tidak lain yaitu berupa electronic book (ebook), cheat sheets, maupun berbagai macam konten gratis lainnya yang bisa diunduh. Tentunya semua itu harus kamu memasukkan ke dalam link tautan tersebut supaya nantinya memudahkan dirimu dalam melakukan proses marketing bukan?

Penutup

Kamu bisa mulai mengaplikasikannya sekarang juga cara menyalin link IG sendiri yang ternyata sangatlah mudah. Fungsinyapun juga sangat banyak, dimana salah satunya bisa memberi nilai lebih sosial media milikmu agar semakin menarik dan profesional.