Cara Menghilangkan Jerawat Beserta Tips Menggunakan Tanaman Herbal

Mempunyai tanaman sebagai obat herbal merupakan salah satu cara alternatif untuk menjaga kesehatan, termasuk dalam hal membersihkan jerawat. Lalu, bagaimana sih cara menghilangkan jerawat yang tepat dengan menggunakan tanaman herbal tersebut? Berikut ulasan lebih lanjutnya.

Jangan Salah, Ini Cara Menggunakan Tanaman Herbal yang Benar Supaya Lebih Efektif!

cara menghilangkan jerawat

Penggunaan tanaman herbal sebagai salah satu obat merupakan hal yang baik untuk dilakukan. Tetapi kamu juga harus tahu bagaimana cara penggunaannya yang tepat, jangan sampai malah asal-asalan saat menggunakannya.

Nah, bagi kamu yang ingin tahu tips menggunakan tanaman herbal secara benar berikut ini ulasan artikelnya menurut salah satu pakar.

1.  Pastikan Terlebih Dahulu Kebenaran Khasiat Bahan

Menurut Dr. Djoko Santosa, M. Si selaku pakar obat herbal dari Fakultas Farmasi UGM Yogyakarta hal pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah memastikan kebenarannya. Dimana kamu harus mengetahui dengan pasti apakah benar tanaman tersebut yang dimaksudkan untuk herbal atau bukan.

Sebab, ada beberapa jenis tanaman yang terlihat mirip jika ditilik dari segi fisiknya. Untuk itu kamu harus benar-benar jeli dalam melihat maupun merasakannya. Jika salah penerapannya, bukan tidak mungkin nantinya efek yang didapatkan justru malah semakin memburuk.

2. Perhatikan Jam Panen Tanaman Herbal Secara Tepat

Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal dan efektif, pastinya kamu harus mengetahui jam panen dari tanaman herbal tersebut secara tepat. Sebab, jika tidak berdasarkan waktu panen yang tepat, maka akan mempengaruhi kualitas dari tanaman tersebut sebagai obat.

3. Perhatikan Proses Pengelolaannya

Terakhir, kamu harus mengetahui proses pengelolaan tanaman herbal tersebut dengan cara yang benar. Dengan begitu, kualitas tanaman sebagai obat herbal tersebut bisa kamu dapatkan secara maksimal pastinya.

Ini Cara Menghilangkan Jerawat yang Ampuh dan Gampang Dilakukan, Mau Coba?

cara menghilangkan jerawat

Jerawat merupakan salah satu hal yang paling menyebalkan bagi sebagian besar orang karena dirasa mengganggu penampilan dan juga aktivitas sehari-hari. Nah, bagi kamu yang ingin membasminya, yuk simak ulasan artikel di bawah ini mengenai cara menghilangkan jerawat!

Tahukah kamu bahwa ternyata jerawat bisa tumbuh di berbagai anggota tubuh selain wajah lho! Beberapa diantaranya yaitu bahu, punggung, dada, hingga lengan bagian atas.

Jika kamu merasa risih dengan hal tersebut maka tidak ada salahnya untuk mengusir jerawat tersebut supaya nantinya aktivitasmu tidak terganggu pastinya. Kamu dapat menggunakan beberapa tanaman herbal untuk mengusir jerawat yang masih kecil hingga sangat membandel.

Beberapa macam tanaman herbal ternyata juga dipercaya untuk dijadikan sebagai obat alami dalam mengatasi masalah kesehatan. Salah satunya yaitu digunakan untuk mengatasi jerawat.

Penasaran dengan cara menghilangkan jerawat menggunakan bahan alami? Simak ulasan artikel yang ada di bawah ini untuk lebih jelasnya lagi ya!

1. Gunakan Obat Herbal Alami Cuka Apel Sebagai Salah Satu Cara Menghilangkan Jerawat

Tahukah kamu bahwa ternyata cuka apel dipercaya sebagai salah satu bahan alami tanaman herbal yang digunakan untuk menghilangkan jerawat? Hal ini tidak lain karena asam suksinat yang terkandung di dalam cuka apel tersebut kabarnya terbukti meminimalisir terjadinya peradangan yang bisa menimbulkan jerawat pada wajah.

Menariknya lagi, ternyata cuka apel ini dipercaya untuk menghilangkan jerawat lho! Cara penerapannya sendiri sangat gampang, kamu cukup menggunakan cuka apel saja kurang lebih sebanyak satu sendok makan dan mencampurkannya dengan 3 sendok makan air.

Terlebih dahulu, kamu harus membersihkan wajahmu sebelum mengoleskannya di bagian yang berjerawat. Jika sudah, gunakan bola kapas untuk mengoleskan cairan cuka apel tadi. Biarkan selama 5 sampai dengan 20 detik supaya air cuka apel tersebut meresap ke bagian wajah yang berjerawat.

Selesai, kamu bisa langsung membilasnya dengan air lalu jangan lupa dikeringkan. Lakukan langkah tersebut sebanyak satu sampai dengan dua kali sesuai kebutuhanmu ya!

2. Manfaatkan Tanaman Lidah Buaya Untuk Mengatasi Jerawat Secara Alami

Selain air cuka apel, ternyata tanaman lidah buaya ini dipercaya mampu mengatasi jerawat secara herbal lho! Jika kamu tertarik untuk mencobanya, maka terlebih dahulu kerok isi gel lidah buaya tersebut dengan menggunakan sendok.

Jika sudah, maka bersihkan wajahmu terlebih dahulu dan oleskan dengan menggunakan gel lidah buaya itu tadi sebagai pelembab. Langkah tersebut perlu kamu ulangi sebanyak satu sampai dengan dua kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal, tetapi pastikan sesuai kebutuhan ya!

3. Manfaatkan Bahan Masakan Bumbu Dapur – Bawang Putih

Terakhir, kamu bisa memakai bawang putih yang mana merupakan salah satu bumbu dapur yang kerap digunakan untuk bahan masakan ibu-ibu. Ternyata bawang putih ini mempunyai banyak sekali kandungan yang baik untuk kesehatan tubuh, terlebih dalam mengatasi jerawat.

Hal ini tidak lain karena antioksidan yang dimiliki oleh bawah putih ini cukup tinggi sehingga dipercaya mampu mengurangi masalah jerawat pada wajahmu. Bahkan, kandungan anti bakteri, anti jamur, dan juga anti virus yang dimiliki oleh bawang putih sendiri juga sangat banyak di dalamnya.

Sebenarnya ada dua  cara menghilangkan jerawat dengan menggunakan tanaman herbal seperti halnya bawang putih. Pertama, kamu bisa mengkonsumsinya secara langsung. Dengan begitu, bawang putih tersebut bisa memurnikan darahmu dan menghambat peradangan yang bisa menimbulkan terjadinya jerawat.

Kedua, jika kamu tidak begitu suka untuk mengkonsumsi bawang putih secara langsung maka coba alternatifnya dengan cara mengoleskannya ke bagian yang berjerawat saja. Caranya sendiri sangat gampang untuk dilakukan yaitu kamu cukup mengambil satu siung bawang putih saja lalu kupas sampai bersih.

Jika sudah, maka kamu bisa langsung menggosokkannya ke bagian wajah yang timbul jerawat. Lakukan langkah tersebut beberapa kali sehari supaya jerawat bisa kempes dengan sendirinya.

Tetapi satu hal yang kamu ingat, apabila jenis kulitmu sensitif maka jangan langsung oleskan bawang putih tersebut ke bagian yang berjerawat tadi ya! Melainkan, kamu harus menghancurkan alias menguleknya terlebih dahulu dan mencampurkannya dengan air.

Dengan begitu, kulitmu yang sensitif tersebut tidak terlalu sakit saat menggunakan bawang putih. Namun, jika ternyata kulitmu malah terasa panas, memerah, gatal-gatal, hingga jerawatnya semakin membesar dan parah maka mau tidak mau kamu harus menghentikan pengobatan herbal tersebut.

Penutup

Cara cepat yang bisa kamu lakukan yaitu dengan mengkonsultasikannya kepada ahlinya. Dengan kata lain, kamu bisa menghubungi dokter maupun pihak medis setempat untuk mengatasi masalah jerawat kamu tersebut. Nantinya mereka akan memberikan saran dan juga rujukan obat yang baik untuk mengatasi permasalahan jerawat tadi pastinya.

Baca Juga : Cara Membuat Sketsa Gambar Pemandangan untuk Pemula

Jadi, setelah mengetahui ulasan artikel di atas tadi mengenai cara menghilangkan jerawat beserta tips menggunakan tanaman herbalnya, apakah kamu sudah paham sampai di sini? Jika sudah, maka jangan lupa terapkan semua tips di awal tadi mulai dari cara penggunaan tanaman herbal tersebut ya! Dengan begitu, kamu tidak perlu khawatir lagi jika ingin mempraktekkannya di rumah bukan?