Cara Mengembalikan Chat WA yang Terhapus

Untuk sekarang ini, WhatsApp merupakan suatu aplikasi kirim pesan cepat yang banyak sekali digunakan oleh masyarakat, bahkan hampir di seluruh kalangan. Ada baiknya kamu menyimak beberapa cara mengembalikan chat WA yang terhapus di perangkat Android atau iOS disini, mudah sekali.

Dengan aplikasi satu ini, hampir semua kegiatan serta keseharian memakai WhatsApp. Saking banyaknya pengguna WhatsApp, mungkin kamu kadang tidak sengaja menghapus ini pesan penting dari keluarga atau rekan kerja.

Bahkan ada pula yang tidak sengaja kehilangan chat atau pesan WA yang terhapus. Kemungkinan beberapa dari kamu ada yang pernah mengalami hal ini? Pastinya panik, sebab hampir semua komunikasi saat ini dilakukan melalui WA.

Ada beberapa alasan mengapa isi pesan WA dapat terhapus. Pertama adalah kamu tidak sengaja memencet tombol ‘Delete for me’ atau ‘Clear all chats’. Juga bisa karena smartphone rusak, tidak sengaja ‘reset’, ataupun ketika pindah ke perangkat terbaru.

Agar lebih jelasnya, kamu dapat membaca ulasan tentang tips mengembalikan isi pesan WA berikut. Akan tetapi harus ada yang diingat, trik mengembalikan isi pesan WA ini hanya bisa dilakukan apabila kamu sering menyimpan data di smartphone atau penyimpanan cloud.

Cara Mengembalikan Chat WA yang Terhapus di Android

cara mengembalikan chat WA yang terhapus

Maka dari itu, mulai saat ini kamu harus mencadangkan isi pesan WA. Ada beberapa perbedaan beberapa cara mengembalikan chat WA yang terhapus di perangkat iOS atau Android. Baca ulasan dibawah ini sampai selesai.

Tips Memulihkan Isi Pesan WA Melalui Penyimpanan Lokal

  • Download File Manager Apk.
  • Di dalam aplikasinya, buka Kartu SD – WhatsApp – Databases. Apabila tidak tersimpan di kartu SD, mungkin kamu bisa menemukannya di dalam penyimpanan internal smartphone.
  • Kemudian ubah nama file cadangan dari msgstore-YYY-MM-DD.1.db.crypt12 ke nama msgstore.db.crypt12. ubah tanggal, bulan, dan tahun.
  • Hapus kemudian pasang lagi aplikasi WA.
  • Buka WA, selanjutnya verifikasi nomor kamu.
  • Ketika diminta, ketuk Restrore agar bisa mengembalikan riwayat pesan.

Tips Memulihkan Isi PEsan WA Melalui Google Drive

  • Hapus kemudian pasang kembali aplikasi WA.
  • Buka WA, selanjutnya verifikasi nomor kamu.
  • Ketika diminta, pilih Restore agar bisa mengembalikan riwayat pesan via Google Drive.
  • Selepas pemulisan selesai, pilih Next. Lalu chat kamu akan ditampilkan selepas prosesnya selesai.

Memerlukan File Backup Agar Menampilkan Pesan yang Terhapus

cara mengembalikan chat WA yang terhapus

Sebenarnya, ada langkah paling mudah agar bisa mengembalikan isi pesan WA yang terhapus, yakni memakai File Backup. Aplikasi yang satu ini memberikan beberapa opsi backup, yakni harian, mingguan, bulanan, atau sama sekali tidak dicadangkan.

Kemudian lokasi backup pun juga bermacam-macam. Tapi biasanya untuk perangkat Android, WA akan menyetorkan file tersebut ke akun Google Drive.

  • Sedangkan untuk pengguna iOS, kamu dapat backup chat WA di iCloud. Beberapa cara mengembalikan chat WA yang terhapus khususnya di perangkat iOS adalah:
  • Pastikan kamu mempunyai cadangan iCloud di aplikasi WA – Setting – Chats – Cadangan Chat.
  • Apabila kamu bisa melukan kapan proses pencadangan terkini dilakukan, hapus lalu pasang kembali aplikasi WA.
  • Selepas memverifikasi nomor, jalankan petunjuk yang diberikan agar bisa mengembalikan riwayat isi pesan.

Apabila ini pesan yang terhapus itu masuk di backup terkini, maka artinya kamu dapat menampilkannya lagi dengan sangat mudah.

Tips Mencadangkan Isi Pesan WA ke Akun Google Drive

cara mengembalikan chat WA yang terhapus

  • Langkah pertama yang harus dilakukan adalah pilih ‘Back up to Google Drive’ [cadangkan di Google Drive].
  • Pilih kapan kamu ingin mencadangkan isi pesan di Google Drive. Kamu dapat mendadangkan pesan tiap hari, tiap minggu, tiap bulan, tidak pernah, serta hanya ketika mengetuk ‘Cadangkan’.
  • Selanjutnya masuk ke akun Google Drive yang akan kamu pakai agar bisa menyimpan isi pesan WA.
  • Kamu bisa juga menambahkan seperti alamat Gmail jika belum masuk pada perangkat tersebut.
  • Selanjutnya ketuk ‘back up over’ [cadangan lewat] supaya dapat memilih koneksi yang dipakai saat akan mencadangkan pesan. Apakah via paket data atau Wifi.
  • Kamu akan diberi opsi apakah bersedia mencadangkan video ataupun tidak.
  • Apabila sudah semuanya, ketuk ‘back up’, maka isi pesan WhatsApp kamu sudah disimpan.

Kamu Dapat Memilih Kapan Akan Mencadangkan Isi Pesan WA

Lama proses pencadangan bakal disesuaikan dengan seberapa ukuran isi pesan yang akan disimpan. Hal ini berarti, semakin banyak pesan yang kamu cadangkan maka pencadangan bisa lebih lama. Hal ini tentu saja bisa lebih banyak mengikis kuota data yang dimiliki.

Mengembalikan cadangan selepas mencadangkan isi pesan dari smartphone ke akun Google Drive, maka pesan tersebut sudah siap untuk dipindahkan ke smartphone baru. Selepas WA dipasang lalu masuk di akun baru, maka kamu hanya perlu ketuk menu ‘restore’ kemudian ‘next’. Langkah ini ditujukan agar bisa mengembalikan isi pesan yang disimpan pada akun Google Drive sebelumnya.

Tips Mencadangkan WA

Setelah mengetahui beberapa cara mengembalikan chat WA yang terhapus, saatnya kamu tahu mengenai bagaimana cara mencadangkan pesan WA. Tapi, fitur yang satu ini dapat dipakai lewat menu pengaturan di smartphone serta memanfaatkan layanan dari Google Drive.

Dengan melakukan cara backup ini, maka riwayat percakapan dapat tersimpan secara aman dan tak akan terhapus. Hal itu juga berlaku walaupun akun WA kamu dipindahkan ke smartphone lain. Dibawah ini merupakan tips backup atau mencadangkan beserta restore riwayat ini pesan WA supaya tak hilang ketika ganti smartphone.

Tips Backup Isi Pesan WA

  • Syarat yang diperlukan supaya riwayat isi pesan di smartphone lama dapat dipindah di smartphone baru adalah: nomor WA yang dipakai wajib serupa dengan nomor yang ditulis pada akun Gmail.
  • Akun yang dipakai untuk proses backup ialah akun yang telah sign-in [masuk] di smartphone.
  • Langkah mencadangkan serta mengembalikan cadangan pesan tak terlalu sulit, namun memerlukan kesabaran yang lebih.
  • Selain itu juga, kamu perlu kuota cukup banyak serta koneksi yang kencang. Kamu dapat juga menggunakan jaringan WiFi.
  • Supaya bisa mencadangkan isi pesan, buka aplikasi WA lalu ketuk titik 3 vertikal yang berada di kanan atas.
  • Selanjutnya ketuk ‘setting’ – ‘pilih chat’ – chat backup’.

Penutup

Itulah tadi rangkuman beberapa cara mengembalikan chat WA yang terhapus. Pada dasarnya, trik me-restore isi pesan WA yang terhapus ialah dengan me-file backup lebih dulu.

Baca Juga : Cara Menggabungkan PPT Menggunakan Metode Reuse Slides

Kamu dapat menggunakan file backup kemudian mengkaitkannya dengan suatu media penyimpanan. Dengan demikian, saat terjadi pesan yang tidak sengaja terhapus, kamu tak harus bersusah payah mencari berbagai trik yang dilakukan.

Maka dari itu, ingatlah selalu melakukan proses file backup sehingga bisa mengatai masalah seperti ini. Agar bisa mendukung proses ini dengan lancar, lebih baik perangkat yang dipakai mempunyai penyimpanan yang cukup besar. Maka, file backup yang tersimpan di perangkat dapat kamu fasilitasi.