Cara Memperpanjang Masa Aktif Kartu Telkomsel, Simak di Sini

Bagaimana cara memperpanjang masa aktif kartu Telkomsel? Bagi pengguna provider Telkomsel, pertanyaan tersebut tentunya sangat umum dilontarkan. Mengetahui cara memperpanjang masa aktif dari kartu Telkomsel yang digunakan memang sangat penting. Apalagi, bagi Anda yang benar-benar bergantung pada layanan yang disediakan oleh provider Telkom tersebut. Berikut adalah beberapa cara agar Anda bisa memperpanjang masa aktif dari nomor Telkomsel yang dimiliki.

Mengapa Harus Tahu Cara Memperpanjang Masa Aktif Kartu Telkomsel

cara memperpanjang masa aktif kartu Telkomsel

Bagi pengguna Telkomsel, sudah sewajarnya Anda mengetahui cara ini. Apalagi, jika Anda cukup sering menggunakan kartu tersebut untuk berkomunikasi dengan klien atau keluarga. Sama seperti provider lainnya, Telkomsel memberlakukan masa aktif atau masa tenggat. Masa tenggat merupakan tanda bahwa masa aktif kartu Telkomsel Anda sudah habis.

Selama dalam masa tenggat, Anda tidak akan bisa menggunakan layanan telepon, SMS, maupun akses internet. Namun, Anda tetap bisa menerima panggilan dan pesan SMS dari nomor lain. Apabila tidak segera melakukan pengisian ulang pulsa atau perpanjangan masa aktif, nomor yang Anda gunakan saat ini akan hangus. Hal tersebut pastinya akan sangat merepotkan. Karena, mau tak mau Anda harus membeli nomor Telkomsel yang baru. Anda bisa mencegahnya dengan mengetahui cara memperpanjang masa aktif kartu Telkomsel.

Cara Memperpanjang Masa Aktif Kartu Telkomsel: Mengisi Ulang Pulsa

cara memperpanjang masa aktif kartu Telkomsel pulsa

Salah satu cara memperpanjang masa aktif kartu Telkomsel yang paling mudah adalah dengan melakukan pengisian pulsa. Tentunya, pihak Telkomsel pun memiliki ketetapan akan nominal pulsa yang bisa dibeli untuk memperpanjang masa aktif kartu. Ada beberapa cara pengisian pulsa yang bisa Anda lakukan, yaitu:

1. Membeli Pulsa Elektrik

cara memperpanjang masa aktif kartu Telkomsel elektrik

Salah satu cara memperpanjang masa aktif kartu Telkomsel yang paling umum dilakukan adalah melakukan pengisian pulsa elektrik. Sesuai namanya, pengisian pulsa ini dilakukan dengan cara top up. Anda bisa melakukan top up pulsa elektrik di counter pulsa maupun lewat toko online. Metode ini sangatlah praktis. Karena, Anda tidak perlu membeli voucher fisik dan memasukkan kode voucher tersebut secara manual.

Walaupun terbilang sangat cepat, Anda juga harus berhati-hati. Pastikan nomor yang Anda berikan pada penjaga counter sudah benar. Karena, nomor yang salah dapat mengakibatkan pulsa tersebut terkirim ke nomor lain. Kekurangan lainnya dari pengisian pulsa elektrik ini adalah, layanan ini tidak bisa dilakukan apabila terdapat gangguan jaringan.

2. Membeli Voucher Pulsa

Cara memperpanjang masa aktif kartu Telkomsel lainnya bisa dilakukan dengan membeli voucher pulsa. Metode ini sudah pasti tak terdengar asing di telinga. Sebelum teknologi pulsa elektrik ditemukan, kebanyakan orang akan membeli voucher pulsa untuk melakukan perpanjangan masa aktif. Anda bisa mendapatkan voucher ini dengan membelinya langsung di counter pulsa terdekat. Anda bisa membelinya dengan nominal yang sesuai dengan kebutuhan.

Setelah membeli, tentunya Anda harus memasukkan voucher pulsa tersebut secara manual. Jika tidak, maka pulsa Anda tidak akan terisi. Anda pun tetap berada di dalam masa tenggat. Untuk melakukan pengisian pulsa secara manual menggunakan voucher pulsa, lakukan langkah-langkah ini:

  • Gosok bagian punggung voucher pulsa menggunakan koin hingga seluruh kode nomor terlihat
  • Lakukan dial up dengan menggunakan nomor USSD
  • Dari menu yang muncul, input nomor pengisian pulsa dan ikuti seluruh instruksi hingga selesai
  • Jika Anda mengikuti instruksi yang diberikan dengan benar, Anda akan memperoleh notifikasi bahwa pulsa sudah terisi dengan sukses.

Selain metode di atas, kamu juga bisa menggunakan cara memperpanjang masa aktif kartu Telkomsel lainnya. Caranya adalah:

  • Pada layar hp Anda, masukkan format: *133*kode voucher Telkomsel#
  • Tekan tombol “OK” seperti layaknya Anda melakukan panggilan
  • Tunggu selama beberapa menit hingga pihak operator selesai memproses permintaan Anda. Apabila kode voucher yang dimasukkan benar, maka pulsa dan masa aktif kartu Anda pun akan bertambah secara otomatis.

3. Membeli Pulsa lewat Aplikasi MyTelkomsel

Untuk mempermudah para penggunanya, Telkomsel merilis aplikasi yang bernama “MyTelkomsel”. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda akan semakin dipermudah saat akan mengisi pulsa, paket internet, maupun mengecek masa aktif. Untuk melakukan pengisian pulsa menggunakan MyTelkomsel, simak cara berikut:

  • Jika Anda belum memiliki aplikasi MyTelkomsel, Anda harus mengunduhnya terlebih dahulu. Aplikasi ini bisa Anda download dari platform Google Play Store dan App Store
  • Selesai menginstall aplikasi ini, lakukan proses registrasi menggunakan nomor Anda
  • Masuklah ke dalam aplikasi menggunakan akun yang sudah Anda buat
  • Pada menu yang tersedia, pilih opsi “Tambah Pulsa”
  • Pilih jenis paket pulsa Telkomsel beserta nominalnya yang Anda inginkan
  • Lanjutkan tahap berikutnya untuk melakukan pembayaran. Pilih metode pembayaran yang diinginkan
  • Setelah melakukan pembayaran, dalam hitungan detik pulsa Anda akan langsung terisi. Masa aktif kartu pun secara otomatis akan bertambah.

Baca juga: Cara Beli Masa Aktif Telkomsel agar Tidak Hangus

Cara Memperpanjang Masa Aktif Kartu Telkomsel Tanpa Membeli Pulsa

Masa aktif kartu Telkomsel habis saat Anda berada di tanggal tua? Anda tidak perlu panik. Karena, ternyata terdapat beberapa cara memperpanjang masa aktif kartu tanpa harus melakukan pembelian pulsa. Metode ini juga berguna apabila Anda tidak ingin membuang kuota internet atau pulsa yang masih banyak. Kebanyakan pengguna Telkomsel sayangnya tidak mengetahui cara ini. Simak cara-caranya berikut:

1. Memakai Metode Kode USSD

Untuk memperpanjang masa aktif kartu Telkomsel, Anda bisa menggunakan kode USSD. Anda bisa mengikuti langkah-langkahnya berikut:

  • Pada layar hp Anda, masukkan kode dial *999#
  • Jendela menu dial up akan muncul dan menampilkan berbagai pilihan menu. Masukkan angka “5” untuk opsi “Lainnya”
  • Pada menu yang muncul selanjutnya, masukkan angka 6, 7, 8, dan 3 secara berurutan
  • Menu akan menampilkan berbagai pilihan masa aktif lengkap dengan harganya. Masukkan kode angka sesuai dengan pilihan yang diinginkan
  • Terakhir, masukkan angka 1 untuk melakukan pembelian
  • Pastikan pulsa utama Anda cukup untuk melakukan pembelian ini. Apabila transaksi sukses, secara otomatis masa aktif Anda akan bertambah.

Untuk Anda, Telkomsel menawarkan sejumlah pilihan perpanjangan masa aktif yang bisa dipilih. Dari segi harga, tentunya paket masa aktif ini memiliki harga yang sangat terjangkau. Untuk pembelian masa aktif ini, tentunya ada hal yang wajib Anda ketahui. Perlu diketahui bahwa untuk pembelian masa aktif, maka akan langsung menggantikan masa aktif yang sedang berlaku. Jadi, pastikan bahwa masa aktif Anda sudah benar-benar habis sebelum melakukan pembelian masa aktif ini. Berikut adalah pilihan paket masa aktif Telkomsel yang tersedia:

  • Paket perpanjangan masa aktif 7 hari dengan harga Rp5.000
  • Paket perpanjangan masa aktif 30 hari dengan harga Rp15.000
  • Paket perpanjangan masa aktif 90 hari dengan harga Rp30.000.

Itulah sejumlah cara memperpanjang masa aktif kartu Telkomsel. Dengan mengetahui tips di atas, tentunya akan sangat membantu Anda dalam memaksimalkan seluruh layanan yang ditawarkan oleh Telkomsel. Jangan lupa untuk membaca berbagai informasi terkini lainnya yang ditawarkan thefolio.co.id.