Cara Membuat Sketsa Gambar Pemandangan untuk Pemula

Menggambar menjadi salah satu hobi dimana seseorang menyalurkan segala ide dan inspirasinya ke sebuah media gambar seperti kertas atau kanvas. Objek andalan sedari kecil yang banyak orang buat adalah objek pemandangan. Membuat sketsa gambar pemandangan menjadi awal yang tepat untuk melanjutkannya menjadi sebuah gambar indah setelah dilakukan proses pewarnaan.  

Sketsa adalah goresan sederhana di sebuah media gambar terhadap sebuah objek. Menggambar pemandangan bisa terdiri dari banyak objek, seperti pemandangan alam pegunungan, pemandangan pekarangan sekolah, pemandangan taman, dan sebagainya.

Membuat sketsa sebuah gambar itu cukup mudah terutama jika kamu memiliki bakat. Namun kamu tidak perlu khawatir karena menggambar itu bisa dipelajari. Kuncinya adalah rajin berlatih dan terus mencoba sehingga menghasilkan gambar yang bagus.

Manfaat Membuat Sketsa Gambar Pemandangan Bagi Pemula yang Sedang Belajar

sketsa gambar pemandangan

Berhasil membuat sketsa pemandangan seperti objek nyata tentu menjadi suatu kepuasan tersendiri. Namun sebelum belajar cara membuatnya, seorang pemula wajib tahu manfaat membuat sketsa gambar pemandangan.

Media Mengembangkan Diri

Menggambar adalah suatu kegiatan menuangkan imajinasi pikiran terhadap sebuah media gambar. Tidak ada yang bisa menyalahkan hasil goresan-goresan tersebut sekalipun hasil gambar yang dihasilkan tidak berbentuk atau abstrak.

Seseorang yang berhasil membuat suatu sketsa gambar tertentu pasti memiliki suatu kepuasan tersendiri. Terkadang suatu penghargaan suatu karya seni tidak ternilai oleh uang. Tidak jarang malah kita menemukan seorang pelukis yang tidak menjual karyanya.

Meningkatkan Konsentrasi Pikiran

Salah satu manfaat menggambar adalah meningkatkan daya konsentrasi. Menggambar pemandangan dengan objek yang ada di depan mata tentu membutuhkan tingkat konsentrasi yang baik untuk bisa menuangkannya ke sebuah kertas atau kanvas.

Terlebih jika objek pemandangan tersebut hanya ada di pikiran kita saja. Tentu membutuhkan tingkat kefokusan yang tinggi untuk bisa menuangkannya dalam sebuah sketsa gambar pemandangan. Oleh karena itulah seorang yang hobi menggambar selalu sibuk dengan dunianya sendiri.

Memperbaiki Kondisi Hati

Menggambar selain bermanfaat sebagai media mengeksplor kemampuan diri juga sebagai media menghibur diri. Membuat sebuah sketsa gambar nyatanya turut melihat sisi emosional diri seseorang.

Ketika seseorang telah berhasil membuat sketsa gambar, maka langkah berikutnya adalah melanjutkan dengan mewarnai. Tahukah kamu jika warna itu memiliki sisi psikologisnya?

Jadi selain goresan sketsa di sebuah media gambar, pemilihan warna juga mempengaruhi kondisi hati seseorang. Misalnya sebuah pohon, seorang pelukis bebas membuat pohon itu berwarna coklat pekat dengan guratan warna hitam.

Mengenal Bentuk Objek Alam

Pemandangan adalah suatu keadaan alam yang indah untuk dinikmati. Alam memiliki bentuk beragam objek seperti pegunungan, hamparan padang savana, berpetak-petak sawah, dan beberapa objek lain yang dianggap menarik untuk digambar.

Menggambar pemandangan melatih seseorang pemula untuk lebih cermat dan teliti dalam mengamati suatu objek. Sehingga ketika menuangkan dalam bentuk sketsa gambar pemandangan, kamu bisa menuangkan setiap objek dengan baik.

Cara Membuat Sketsa Gambar Pemandangan untuk Pemula

sketsa gambar pemandangan

Pemandangan menjadi salah satu objek yang familiar dan mudah untuk dilukis. Alasannya tentu saja karena objek pemandangan tidak membutuhkan imajinasi yang tinggi dan referensinya juga cukup banyak. Berikut cara membuat sketsa gambar pemandangan yang mudah bagi pemula.

Mengawali dengan Niat yang Sungguh-sungguh

Tahap awal sebelum memulai menggambar sketsa adalah awali dengan niat yang kuat dan sungguh-sungguh. Menggambar adalah sebuah seni dan dalam suatu proses belajar selalu terselip rasa bosan. Tidak jarang seorang pemula akan menemukan suatu kesulitan yang membuatnya putus asa.

Untuk itu awali suatu aktivitas dengan niat yang sungguh-sungguh. Agar ketika rasa bosan dan keputusasaan itu hadir, kamu sudah siap dengan mengingat niat yang sudah dimiliki sejak awal.

Memiliki Pensil Khusus

Untuk menggambar sketsa, seorang pemula sebaiknya memiliki pensil khusus seperti pensil keras atau pensil lunak. Pensil keras ini biasanya memiliki tingkat warna kehitaman yang lebih tipis.

Pensil keras membuat warna yang dihasilkan dari gelap ke terang dalam skala rendah. Pensil ini berfungsi untuk membuat garis lurus, garis tipis, dan garis yang tidak membaur pada sketsa.

Contoh pensil keras yang biasa digunakan arsitektur dan sketsa bisnis adalah pensil H termasuk 6H, 4H, dan 2H. Nomor pensil 6H adalah pensil yang paling keras dan 2H paling lunak.

Pensil lunak adalah pensil yang memiliki tingkat kehitaman yang besar. Pensil ini berfungsi untuk membuat bayangan pada sketsa yang akan kamu buat. Contoh pensil lunak yang banyak digunakan adalah pensil B termasuk 6B, 4B, dan 2B.

Menggunakan Kertas Khusus

Kertas khusus untuk menggambar sketsa adalah kertas Fine Art. Kertas ini mempunyai tekstur sedikit lebih keras dan mampu menahan tekanan pensil dengan baik.

Kertas Fine Art sangat memudahkan pemula untuk membuat sketsa. Kamu bisa menghasilkan sketsa gambar pemandangan dengan hasil terbaik.

Memilih Objek Pemandangan

Bagi seorang pemula, mencontoh suatu objek adalah hal yang paling mudah untuk dilakukan. Untuk awal menggambar pilihlah sebuah objek pemandangan alam yang memiliki cakupan yang luas. Seperti pemandangan alam, pemandangan pantai, ataupun pemandangan halaman rumah.

Untuk mempercantik sketsa gambar pemandangan yang akan kamu buat, pilih juga objek pendukungnya. Seperti tanaman bunga dengan kupu-kupu yang bertebangan, hewan-hewan laut, dan sebagainya.

Seorang pemula disarankan untuk tidak menggambar objek hasil dari imajinasinya. Namun jika sudah ahli dalam menggambar sketsa, kamu bisa mencoba menghasilkan sketsa sesuai dengan hasil imajinasimu.

Memilih Objek dengan Sumber Cahaya yang Baik

Seorang pemula perlu mempelajari setiap objek yang digambar. Perhatikan juga sumber cahayanya karena akan berpengaruh pada goresan tebal tipisnya sketsa.

Untuk contoh objek yang bergerak, kamu perlu memperhatikan gerakan objek yang kamu gambar. Karena gerakan tersebut akan menentukan arah tarikan garis-garis yang kamu buat pada sketsa gambar. Garis-garis itu akan membuat suatu bentuk yang mendasari objek.

Belajar Menggambar dengan Cepat

Cara membuat sketsa gambar selanjutnya adalah memperhatikan gerakan tangan dan goresan pensil. Cobalah untuk menggerakkan tangan dengan luwes. Jangan menekan pensil terlalu keras karena akan merusak kerangka dari gambar.

Baca Juga : Gambar Kartun Hijab Modern yang Sedang Trending

Tidak perlu ragu ketika menggerakkan tangan. Belajarlah untuk menggambar cepat yang artinya membuat sketsa dengan garis-garis yang tidak terputus. Kamu tidak perlu sering berhenti untuk mengecek hasil goresan yang dibuat sebelumnya.

Untuk awal-awal mungkin akan terasa sangat sulit. Selain belum terbiasa tentu kamu belum percaya diri dan takut membuat goresan garis yang salah. Namun dengan teknik menggambar cepat akan membuat kamu lebih memahami suatu bentuk-bentuk dasar dari sebuah objek.

Itulah penjelasan tentang cara membuat sketsa gambar pemandangan untuk pemula. Jangan pernah lelah untuk berlatih sehingga kamu menjadi mahir. Tunjukkan hasil sketsa gambarmu pada teman-teman untuk diberi saran dan masukan agar kamu tidak cepat berpuas diri.