Cara Cek Masa Aktif Kartu Telkomsel, Wajib Tahu!

Tahukah Anda bagaimana cara cek masa aktif kartu Telkomsel? Telkomsel merupakan provider seluler yang menawarkan berbagai macam jenis layanan untuk penggunanya. Mulai dari layanan telepon, SMS, hingga paket internet. Semua layanan tersebut bisa Anda gunakan selama masa aktif kartu masih berlaku.

Begitu masa aktif habis, maka Anda tidak bisa menggunakan layanan-layanan tersebut. Bahkan, masa aktif yang terlewati terlalu jauh dapat mengakibatkan kartu Telkomsel Anda terblokir secara otomatis. Jika sudah terblokir, maka akan sangat sulit bagi Anda untuk mengaktifkannya kembali. Oleh karena itu, simak ulasan cara cek masa aktif kartu Telkomsel berikut ini,

Cara Cek Masa Aktif Kartu Telkomsel

cara cek masa aktif kartu Telkomsel

Ingin tahu cara cek masa aktif kartu Telkomsel? Untungnya, provider ini menyediakan banyak sekali cara yang bisa Anda coba. Beberapa cara memang membutuhkan bantuan aplikasi. Namun, proses yang cepat membuat Anda dapat segera mengetahui masa aktif dari kartu seluler Telkomsel yang dimiliki. Simak cara-caranya berikut:

1. Cara Cek Masa Aktif Kartu Telkomsel lewat Kode USSD

cara cek masa aktif kartu Telkomsel ussd

Kode USSD merupakan rangkaian kode perintah sederhana yang diterapkan di semua jenis penyedia layanan seluler. Layanan USSD ini biasanya gratis dan sangat mudah. Sehingga, Anda dapat melakukannya bahkan saat pulsa habis atau memasuki masa tenggat. Untuk mengetahui masa aktif dari kartu Telkomsel menggunakan kode USSD, simak caranya berikut:

  • Buka hp dan masuk ke dalam menu panggilan
  • Selanjutnya, masukkan kombinasi kode *888#
  • Klik “Call” atau “OK” dan tunggu hingga operator selesai memproses permintaan Anda
  • Dari deretan menu yang muncul, pilih menu “Cek Pulsa”. Caranya, masukkan angka 6 dan kirimkan pada menu tersebut
  • Nantinya, Anda akan dapat melihat rincian sisa pulsa beserta masa aktif dari kartu Telkomsel yang Anda miliki.

2. Cara Cek Masa Aktif Kartu Telkomsel lewat Aplikasi MyTelkomsel

cara cek masa aktif kartu Telkomsel mytelkomsel

Selain cara pertama, cara ini juga bisa Anda coba. MyTelkomsel merupakan aplikasi mobile yang dikembangkan oleh Telkomsel untuk mempermudah hidup para pelanggannya.

Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda bisa melakukan pembelian pulsa maupun paket internet dengan sangat mudah. Aplikasi ini juga bisa Anda unduh secara gratis lewat platform Google Play Store maupun App Store. Aplikasi ini bisa menjadi salah satu cara cek masa aktif kartu Telkomsel yang cepat dan mudah. Caranya:

  • Pertama-tama, download aplikasi MyTelkomsel pada perangkat smartphone Anda
  • Setelah aplikasi ini terinstall, langsung buka aplikasi dengan cara mengetuk pada ikon thumbnailnya
  • Lakukan registrasi terlebih dulu dengan menggunakan nomor Anda. Jangan lupa untuk melakukan langkah verifikasi
  • Anda bisa langsung melihat jumlah sisa pulsa, jenis pulsa atau kuota internet yang aktif, dan tentunya masa aktif pada landing page aplikasi.

3. Cek Masa Aktif Kartu Telkomsel lewat Whatsapp

Tahukah Anda bahwa aplikasi Whatsapp bisa digunakan sebagai cara cek masa aktif kartu Telkomsel? Ya, selain menjadi aplikasi chat, ternyata ada trik tersendiri yang bisa Anda pakai dengan menggunakan aplikasi Whatsapp yang dimiliki. Caranya pun sangatlah praktis. Anda bisa melakukannya dengan cara:

  • Pertama-tama, Anda harus menyimpan nomor +62 811-11111111 sebagai kontak di hp. Nomor tersebut merupakan nomor operator Telkomsel di aplikasi Whatsapp
  • Buka jendela chat dengan nomor tersebut dan ketikkan kata “Hai”. Kirimkan
  • Nantinya, nomor tersebut akan membalas dengan pesaon otomatis yang berisi berbagai menu layanan
  • Bagi Anda yang ingin mengecek masa aktif bisa langsung ketikkan kata “Cek Pulsa” dan kirimkan kembali ke nomor tersebut
  • Tunggu selama beberapa saat hingga nomor tersebut kembali membalas pesan Anda dengan informasi mengenai kartu Telkomsel yang digunakan. Di situ biasanya terlampir jumlah sisa pulsa atau kuota internet yang dimiliki dan masa aktif kartu.

4. Lewat LINE atau Telegram

Tak hanya Whatsapp, layanan Telkomsel juga merambah ke berbagai platform chatting lainnya. Beberapa di antaranya adalah LINE dan Telegram. Untuk mengetahui masa aktif dari kartu Telkomsel Anda, berikut adalah yang harus dilakukan:

  • Pertama-tama, tambahkan LINE Telkomsel atau Telkomsel Telegram sebagai kontak Anda
  • Selanjutnya, buka jendela chat lewat salah satu aplikasi. Ketikkan “Hai” dan kirimkan kepada nomor tersebut
  • Nantinya, nomor tersebut akan langsung memunculkan deretan menu layanan. Dari menu yang tersedia, ketikkan “Cek Pulsa” dan kirimkan kembali ke nomor tersebut
  • Tunggu sejenak hingga pihak operator selesai memproses perintah Anda. Nanti, Anda akan mendapatkan balasan berupa informasi mengenai sisa pulsa yang dimiliki dan masa aktif kartu Anda.

5. Lewat Aplikasi Twitter dan Facebook

Cara cek masa aktif kartu Telkomsel yang terakhir adalah menggunakan aplikasi Facebook dan Twitter. Cara ini bisa dibilang cukup cepat dan bisa digunakan apabila Anda tidak ingin menunggu lama. Cara satu ini sangatlah mudah. Anda hanya perlu mengirimkan pesan pribadi (direct message) kepada admin page Telkomsel di Twitter dan Facebook. Jangan lupa untuk menyertakan nomor Anda. Biasanya, admin akan menjawab permintaan Anda di dalam hari dan jam kerja.

Baca juga: Cara Memperpanjang Masa Aktif Kartu Telkomsel, Simak di Sini

Cara Beli Masa Aktif Kartu Telkomsel

Setelah melakukan cara cek masa aktif kartu Telkomsel di atas, Anda baru menyadari bahwa masa aktif dari kartu Telkomsel yang dimiliki sudah habis. Namun, Anda tidak perlu panik. Karena, Telkomsel menyediakan layanan pembelian masa aktif kartu yang bisa Anda manfaatkan. Apa saja?

1. Cara Beli Masa Aktif lewat Pembelian Pulsa

Salah satu cara yang paling mudah untuk menambah masa aktif kartu bisa dilakukan dengan membeli pulsa. Telkomsel menetapkan nominal tertentu untuk pembelian pulsa agar masa aktif kartu Anda bertambah. Selain pembelian pulsa, Anda juga bisa melakukan pembelian paket internet untuk menambah masa aktif.

Cara membeli pulsa Telkomsel pun sangat beragam. Anda bisa melakukan pembelian pulsa dengan menggunakan layanan pulsa elektrik yang praktis. Jika Anda menyukai cara konvensional, bisa juga membeli voucher fisik. Selain itu, pembelian pulsa maupun kuota internet juga bisa dilakukan lewat aplikasi MyTelkomsel.

1. Cara Beli Masa Aktif Tanpa Membeli Pulsa

Pulsa atau kuota internet Anda masih banyak? Di sisi lain, masa aktif kartu Telkomsel Anda sudah habis? Tanpa membeli pulsa pun, Anda bisa melakukan penambahan masa aktif kartu Telkomsel. Caranya adalah dengan membeli masa aktif kartu. Telkomsel menyediakan 3 penawaran paket perpanjangan masa aktif yang bisa dibeli dengan menggunakan pulsa Anda. Paket tersebut adalah:

  • Paket perpanjangan masa aktif 7 hari dengan harga Rp5.000
  • Paket perpanjangan masa aktif 30 hari dengan harga Rp15.000
  • Paket perpanjangan masa aktif 90 hari dengan harga Rp30.000

Untuk caranya, bisa Anda lakukan langkah-langkah berikut:

  • Buka hp dan masukkan kode nomor *999# pada layar panggilan
  • Menu layanan Telkomsel akan muncul pada layar Anda. Pilih “Lainnya” dengan memasukkan kode digit 5
  • Setelah itu, masukkan angka 6, 7, 8, dan 3 secara berurutan pada menu-menu yang muncul
  • Pilih menu masa aktif sesuai dengan kebutuhan Anda. Lanjutkan dengan memasukkan angka “1” untuk memproses transaksi tersebut
  • Setelah proses pembayaran selesai, masa aktif kartu Telkomsel Anda secara otomatis akan langsung bertambah.

Itulah sejumlah cara cek masa aktif kartu Telkomsel. Sangat mudah dan praktis, bukan? Anda bisa pilih metode manapun yang sesuai dengan kenyamanan. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.