Aplikasi yang Mempermudah Cara Scan Dokumen ke PDF di Ponsel

Ada kalanya ketika kamu ingin melakukan sesuatu dengan cepat. Seperti ketika kamu ingin mengirimkan dokumen dan berkas yang harus dalam berbentuk digital PDF. Dokumen yang masih berupa cetakan itu harus melalui proses scan dan tentu akan memakan waktu. Maka kamu tentu ingin tahu cara scan dokumen ke pdf yang cepat.

File PDF sering digunakan karena dinilai lebih aman dari adanya ancaman sabotase. File ini tidak bisa diedit sembarangan. Karena itu terkadang format file PDF juga bisa menimbulkan kerepotan. Terlebih bagi orang yang ingin langsung mengubah filenya ke PDF dengan cara mudah dan sebenarnya ada beberapa cara yang bisa digunakan.

Mengapa File Format PDF Sering Digunakan?

cara scan dokumen ke PDF

Jika kamu belum tahu, PDF adalah singkatan dari Portable Document Format. Yang artinya file ini fleksibel dan mudah untuk digunakan. File seperti ini sudah banyak digunakan karena itu kita memerlukan cara scan dokumen ke PDF yang bisa secara cepat. Tapi, sebelum itu kita harus tahu mengapa format file sering digunakan.

Lebih Mudah untuk Digunakan

File yang berformat PDF biasanya dapat dibuka di internet atau browser. Selain itu kamu juga tidak wajib untuk membuka aplikasi yang dapat membuka tipe file tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa file berformat PDF lebih mudah untuk digunakan. Apalagi dengan besar filenya yang juga fleksibel dan tidak terlalu besar.

Keamanan Lebih Terjamin

Ketika kita ingin mengakses file PDF, kita memang bisa membukanya. Namun, tidak untuk mengedit atau mengubah isi dari dokumennya. File PDF sama seperti file cetakan. Jadi kamu seperti sedang memegang buku cetak yang. Selain itu kamu juga bisa menambahkan kata sandi dan beberapa kunci keamanan di file tersebut.

Banyak Aplikasi Pendukung

PDF adalah format file buatan dari perusahaan Adobe. Karena itu tipe filenya hanya bisa dibuka oleh aplikasi Adobe Acrobat Reader Pro. Namun, sekarang banyak sekali aplikasi pendukung yang dapat digunakan untuk membuka file tipe PDF. Apalagi aplikasi untuk memenuhi cara scan dokumen ke pdf.

Formatnya yang Fleksibel

File yang berformat lain biasanya akan berubah jika kita membukanya di perangkat lain. Seperti word contohnya. Jika kita membuka file di ponsel dan di laptop tentu akan berubah. Namun, hal ini tidak berlaku untuk PDF. Format file ini fleksibel dan tidak terpengaruh akan adanya perubahan jika kita membukanya di perangkat lain.

Dapat Juga Menyimpan Gambar

Sama seperti dokumen lainnya, PDF juga bisa menyimpan gambar. Jadi tidak hanya teks saja. Namun ketika kita mengubahnya menjadi PDF, gambar akan terkompres dan ukurannya akan lebih kecil. Dengan ini kita jadi bisa lebih irit dalam melakukan penyimpanan berkas karena ukurannya yang tidak terlalu besar.

Tipe File yang Kompatibel dengan Banyak Perangkat

File PDF dapat dibuka di mana pun. Baik di ponsel ataupun di komputer. Tidak peduli tipe komputermu mau seperti apa. Window, Linux, atau Mac-Os. PDF dapat dijalankan di semua OS tersebut. Begitupun dengan ponsel. Mau kamu memakai Android ataupun Apple. Semuanya tidak ada masalah bagi tipe file ini.

Dapat Diedit

Jangan panik dulu jika kamu sudah terlanjur mengubah filemu ke dalam bentuk PDF. File tersebut masih akan bisa diedit dengan bantuan beberapa aplikasi reader yang digunakan untuk membaca file berbentuk PDF. Jadi tidak perlu khawatir jika di file PDF kamu ada beberapa kesalahan seperti pengetikan dan lain-lain.

Beberapa alasan ini menjadi penyebab banyak orang sekarang selalu menggunakan file berformat PDF. Banyak sekali keuntungan yang dapat kita peroleh. Selain itu beberapa hal juga terjamin, seperti keamanan yang tadi sudah dibahas. Karena itu dokumen digital sekarang lebih disukai dalam bentuk PDF karena tidak repot.

Aplikasi Cepat untuk Cara Scan Dokumen ke PDF di Ponsel

cara scan dokumen ke PDF

Ada beberapa cara scan dokumen ke PDF dengan cepat. Selain itu semuanya juga dapat dilakukan hanya dengan bermodalkan ponsel. Namun, cara ini harus didukung oleh beberapa aplikasi. Jadi, kamu juga harus mempunyai aplikasinya terlebih dahulu. Aplikasi ini kebanyakan tidak berbayar dan gratis. Semua orang dapat memakainya.

Office Lens

Untuk cara scan dokumen ke PDF yang pertama kita bisa menggunakan aplikasi Office Lens. Setelah kalian sudah berhasil mengunduhnya kamu langsung bisa masuk ke dalam aplikasinya. Di dalam aplikasi itu ada fitur kamera yang dapat digunakan untuk melakukan scan. Hasil scan nantinya akan sudah berbentuk PDF.

Google Drive

Cara ini bisa dibilang cukup mudah. Apalagi ketika aplikasi sudah berada di ponsel sejak kita membelinya. Google Drive adalah aplikasi dari Google. Cara mudah untuk melakukan scan hanya dengan memencet tombol + dan memilih tombol scan. Jika sudah selesai nantinya file langsung berbentuk PDF dengan sendirinya.

Cam Scanner

Cara ini sama mudahnya, namun kita diharuskan untuk mengunduh aplikasi dulu. Jika sudah selesai mengunduhnya, kita bisa langsung menggunakan kamera untuk melakukan scan. Nantinya file yang di foto melalui kamera akan berbentuk PDF. Kita juga bisa mengedit file PDF itu di aplikasi untuk memotong bagian tidak perlu.

Notes (Hanya untuk Iphone)

Untuk pengguna ponsel Apple, kamu juga memiliki fitur khusus tanpa harus mengunduh aplikasi lainnya. Di Apple yang memiliki OS 11 sudah ditambahkan fitur scan di dalam notes. Caranya pun sama dengan bagaimana menggunakan Google Drive. Kita hanya perlu menambahkan file dan memencet tombol +

Simple Scan

Aplikasi ini sama mudahnya dengan ketiga aplikasi yang tadi sudah dibahas. Kamu tinggal mengunduhnya di playstore/app store. Lalu, hanya dengan menggunakan kamera kita bisa memiliki hasil scan yang bagus. Selain itu bentuk format filenya dapat menjadi PDF ataupun gambar.

Tiny Scanner

Cara ini sama dengan beberapa cara tadi yang memerlukan kamera. Tiny Scanner adalah aplikasi yang ada di play store dan app store. Dengan hanya bermodalkan kamera kita hanya perlu memotret dokumen yang ingin kita scan. Hasil scan nantinya dapat ditentukan apakah ingin berupa gambar atau PDF.

Baca Juga : Cara Menyadap WA Pasangan di HP Kita

Internet sekarang sudah menyediakan banyak hal untuk memudahkan hidup kita. Seperti contohnya banyak program dan aplikasi yang dapat kita unduh dengan gratis. Dengan berkembangnya teknologi, kita tentu akan senang dengan hal ini. Namun, kita juga tidak boleh terlena dengan perkembangan yang ada.

Penutup

Berikut adalah beberapa tips cepat cara scan dokumen ke PDF. Cara ini hanya dapat dilakukan di ponsel. Jika ingin melakukan scan di komputer ada beberapa aplikasi lain yang juga dapat kita unduh. Tentunya secara gratis dan tanpa adanya hambatan. Dengan ini tentu dapat mempercepat pekerjaan kita jika ada keadaan yang penting.