7 Aplikasi Translate Aksara Jawa : Gratis dan Mudah Digunakan

Aplikasi untuk menerjemahkan Bahasa Inggris mungkin sudah umum kamu temui. Namun, bagaimana dengan aplikasi translate aksara jawa? Mungkin kamu sendiri mengira aplikasi dengan fungsi seperti ini tidak pernah ada.

Namun, ternyata dugaan kamu salah, loh. Ada banyak aplikasi penerjemah yang menyediakan layanan translate aksara jawa. Bahkan, dengan fitur dari aplikasi ini kamu bisa menerjemahkan Aksara Jawa ke berbagai bahasa yang ada di dunia.

Jadi, tidak hanya terbatas pada Bahasa Indonesia atau Bahasa Jawa saja. Keunggulannya yang lain adalah kemudahan penggunaan aplikasi ini. Karena memang tujuan utamanya adalah mempermudah kamu yang tidak bisa berbahasa Jawa yang ingin belajar aksara jawa.

Rekomendasi 7 Aplikasi Translate Aksara Jawa yang Mudah Digunakan

translate aksara jawa

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, sebenarnya ada aplikasi yang menyediakan layanan untuk translate Aksara Jawa. Bahkan, sebenarnya ada banyak sekali aplikasi yang memiliki fitur ini dan bisa kamu unduh di toko aplikasi.

Supaya kamu tidak bingung untuk memilih aplikasi yang mana, berikut ada rekomendasinya. Berikut 10 aplikasi translate Aksara Jawa yang paling direkomendasikan. Aplikasi-aplikasi ini sangat mudah digunakan oleh para pemula dalam belajar Aksara Jawa.

Tidak hanya untuk sekedar menerjemahkan saja, beberapa aplikasi mempunyai fitur belajar Bahasa Jawa. Jadi, kamu tidak hanya sekedar mengetahui artinya saja, namun juga mempelajari dan memahaminya lebih dalam.

1. Menerjemahkan Berbagai Aksara dengan Aplikasi Aksara

Rekomendasi aplikasi untuk menerjemahkan aksara jawa yang pertama adalah aplikasi AKSARA. Sebenarnya fitur aplikasi ini tidak terbatas pada Aksara Jawa saja. Aplikasi AKSARA juga telah mendukung berbagai aksara dan literasi yang ada di Indonesia.

Misalnya saja untuk Akasara Jawa, Aksara Bali, Aksara Sumatera, sampai Aksara Lampung. Melalui aplikasi ini, kamu bisa menerjemahkan berbagai aksara di Indonesia ke dalam aksara latin dan Bahasa Indonesia.

Penggunaan aplikasi ini sangatlah mudah, kamu tinggal menulis aksara yang ingin kamu terjemahkan. Kamu juga bisa menscannya secara langsung dari dokumen atau gambar aksara yang ingin diterjemahkan.

Aplikasi akan langsung memproses terjemahan yang kamu inginkan ke dalam aksara latin. Kemudian, kamu bisa melanjutkan proses penerjemahannya ke Bahasa Indonesia sesuai dengan konteks dan kebutuhan kamu.

2. Mempelajari Aksara Jawa dengan Aplikasi Belajar Bahasa Jawa

Seperti nama aplikasinya, fokus utama dari aplikasi ini bukanlah penerjemahan. Namun materi dan aktivitas untuk belajar Bahasa Jawa. Tentu saja, di dalamnya ada fitur menerjemahkan Aksara Jawa ke Aksara latin sebagai salah satu fiturnya.

Aplikasi ini sebenarnya sangat ideal untuk digunakan oleh anak-anak yang baru mengenal dan belajar Bahasa Jawa. Materinya diberikan secara bertahap sesuai dengan kemampuan penggunanya.

Animasi dan cara penyampaiannya pun menarik dengan fitur audio dan gambar berwarna. Membuat anak-anak dan para pemula dalam Bahasa Jawa semakin mudah untuk mengikuti materi yang diberikan.

3. Mengetik Langsung di Papan Ketik Aksara Jawa

Sesuai dengan nama aplikasinya, aplikasi ini berbentuk papan ketik yang langsung bisa diaplikasikan dalam sistem keyboard smartphone. Dengan menggunakan aplikasi ini, maka keyboard akan memiliki tampilan Aksara Jawa dan langsung bisa digunakan.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan translate Aksara Jawa dengan lebih praktis dengan keyboard ini. Para pengguna bisa langsung mengetikkan Aksara Jawa yang ingin diterjemahkan. Maka, keyboard akan langsung menampilkan hasil terjemahan yang diinginkan.

Kamu juga bisa menggunakan fitur scan pada keyboard. Jadi Aksara Jawa yang ingin kamu terjemahkan bisa tertulis secara otomatis oleh keyboard tanpa perlu kamu repot untuk mengetik ulang lagi.

4. Super Ringan dengan Aplikasi Aksara Jawa

Aplikasi translate Aksara Jawa selanjutnya adalah aplikasi Aksara Jawa. Aplikasi ini adalah pilihan yang tepat untuk kamu yang menginginkan aplikasi translate dengan ukuran yang ringan dan mudah digunakan.

Hal ini karena ukuran dari aplikasi ini hanya 2.8 mb saja. Bahkan, untuk smartphone dengan spesifikasi minim pasti bisa mendukung untuk menjalankan aplikasi satu ini. Kelebihan lain, selain ukuran aplikasi yang ringan adalah kemudahan dalam penggunaannya.

Antarmuka dari aplikasi Aksara Jawa ini sangat sederhana. Para pemula dalam materi Aksara Jawa pasti akan dengan mudah memahaminya. Fiturnya juga sangat lengkap mulai dari penerjemahan dengan cara mengetik aksara secara manual.

Sampai fitur scanning, jadi kamu tidak perlu repot-repot mengetik aksara satu per satu. Kamu juga bisa menerjemahkan banyak aksara sekaligus dalam satu kali scan.

5. Fitur Lengkap dengan Aplikasi Hanacaraka

Aplikasi Hanacaraka terbilang memiliki fitur yang lengkap untuk kamu memahami dan translate Aksara Jawa. Aplikasi Hanacaraka sudah memiliki fitur dasar untuk menerjemahkan Aksara Jawa dengan cara ditulis manual maupun discan.

Selain menerjemahkan, aplikasi ini juga memiliki fitur seperti cara membaca aksara jawa, menuliskannya secara manual, dan berbagai materi lain yang akan memudahkan kamu memahami Aksara Jawa yang kamu terjemahkan.

Baca Juga : Tidak Perlu Bingung, Begini Cara Menggunakan Kode Nuklir

Aplikasi ini juga memiliki layanan tes tingkatan. Jadi, kamu bisa mengetahui sudah seberapa dalam pemahamanmu mengenai Aksara Jawa. Hasil tes ini bisa digunakan untuk menyesuaikan materi Bahasa Jawa dan Aksaranya yang akan diberikan pada kamu.

6. Belajar Menulis dengan Nulis Aksara Jawa

Menulis Aksara Jawa tidak sama dengan menulis aksara latin maupun aksara lain. Perlu latihan agar kamu bisa menulis aksara Jawa dengan baik dan sempurna. Fitur inilah yang disediakan oleh aplikasi Nulis Aksara Jawa.

Jadi, tidak hanya sekedar memberikan layanan terjemahan saja. Kamu juga mempelajari bagaimana cara menulis aksara Jawa yang kamu terjemahkan dengan baik dan benar. Sebenarnya, fitur aplikasi ini tidak terbatas pada aksara Jawa saja.

Kamu juga bisa mempelajari bagaimana cara menulis aksara lain yang ada di Indonesia. Mulai dari aksara Jawa, aksara sunda, aksara Lampung, dan berbagai aksara yang ada di Indonesia.

7. Belajar dengan Aplikasi Sinau Bahasa Jawa

Tanpa animasi atau cara penggunaan yang rumit, kamu bisa memanfaatkan aplikasi Sinau Bahasa Jawa untuk memperdalam kemampuan Bahasa Jawa kamu. Jika kamu adalah seorang pemula kamu bisa memulainya dari tingkat dasar terlebih dahulu.

Selain belajar materi untuk Bahasa Jawa, aplikasi ini tentu saja memberikan fitur untuk translate Aksara Jawa dengan mudah. Tingkat materi pada aplikasi ini bisa dengan mudah disesuaikan.

Kamu bisa mengikuti tes pada akhir materi untuk melihat sejauh mana pemahamanmu. Kemudian, materi selanjutnya akan disesuaikan dengan hasil tes yang ada. Kamu juga bebas mengulangi materi yang sudah dipelajari, jika kamu ingin lebih mendalami materi.

Itulah berbagai aplikasi terjemahan Aksara Jawa yang direkomendasi. Aplikasi di atas tidak hanya sekedar membantu kamu untuk menerjemahkan aksara jawa, namun juga mempelajarinya secara kesuluruhan.

Penutup

Bagi kamu yang merasa pemula dalam translate Aksara Jawa. Jangan khawatir, karena aplikasi-aplikasi di atas sangat mudah digunakan dan cocok untuk digunakan untuk mempelajari dari awal.