Why Omega Plays an Important Role at the Olympic Winter Games PyeongChang 2018?

Penerapan asas ketepatan catat waktu OMEGA di Olympic Winter Games PyeongChang 2018

0
33

Tepat 30 tahun yang lalu, pekan olahraga Olympic Games untuk pertama kalinya menapaki kota Seoul, Korea Selatan. Di tahun 2018, acara bergengsi tersebut kembali ke Korea Selatan. Sedikit berbeda, kali ini dalam format Olympic Winter Games, dimana cabang olahraga musim dingin dengan medan salju dan es yang menjadi fokus utamanya. Meski cabang olahraganya berbeda, tim atlet juga sudah berganti, namun satu yang tetap sama—perjalanan sejarah keunggulan yang masih terus berlangsung, dari tim Official Timekeeper-nya (Tim Pencatat Waktu Resmi).

 

OMEGA tercatat pertama kali mendaulat perannya sebagai Official Timekeeper pada Olympic Winter Games di tahun 1936. Pekan olahraga tersebut diadakan di kota Garmisch-Partenkirchen, Jerman. Pada kesempatan itu, teknisi tunggal ditugaskan hanya dengan membawa 27 buah stopwatch OMEGA, yang digunakan untuk menghitung waktu setiap detiknya. Perjalanan tersebut terus berlangsung hingga 82 tahun terakhir ini, OMEGA secara progresif terus mengembangkan dan mengasah teknologinya, sehingga sampai detik ini masih memegang predikat dan reputasi pencatat waktu terbaik yang tiada bandingannya.

 

 

Tahun ini, untuk ke-28 kalinya dalam sejarah, OMEGA masih akan memenuhi tugasnya sebagai Official Timekeeper dari pekan olahraga Olympic Games. Mengambil lokasi di PyeongChang, Korea Selatan, nantinya OMEGA akan menugaskan 300 orang pencatat waktu dengan bantuan 350 relawan terlatih. Tak ketinggalan, peralatan lengkap dengan bobot total mencapai 230 ton yang terdiri dari; 30 papan umum, 90 papan skor, dan berkilo-kilo meter kabel serta fiber optik, nantinya akan digunakan selama acara olahraga musim dingin tersebut berlangsung.

Adapun cabang olahraga yang nantinya akan hadir dalam Olympic Winter Games tahun ini adalah sebanyak 15 cabang olahraga. Termasuk, Alpine Skiing, Biathlon, Bobsleigh, Cross-country Skiing, Curling, Figure Skating, Freestyle Skiing, Ice Hockey, Luge, Nurdic Combined, Short Track Speed Skating, Skeleton, Ski Jumping, Snowboarding, dan Speed Skating. Setiap cabang olahraga tersebut akan dipantau pergerakannya oleh tim pencatat OMEGA. Hebatnya, seluruh informasi yang akan ditampilkan oleh Official Timekeeper selanjutnya dapat digunakan untuk meningkatkan pengalaman dari penonton dan memberikan informasi langsung yang dapat digunakan oleh para atlet untuk menganalisis penampilan mereka. Ini adalah pertama kalinya di Olimpiade berupa proses pengolahan data mendalam semacam itu dapat tersedia secara akurat. Ini adalah era baru dalam sejarah pekan olahraga akbar internasional.

Acara olahraga musim dingin ini akan berlangsung mulai 9 Februari hingga 25 Februari 2018. OMEGA dipercayai untuk menangkap hasil terakurat dan mengukur performa seluruh atlet di PyeongChang 2018. Setiap atlet, penonton, saksi dan juri tak perlu khawatir mengenai kepastian informasi dan keakuratan yang tertampil, karena setiap alat penghitungnya telah dipastikan dapat diandalkan. Dengan kapasitas dan kualitas yang begitu mumpuni, OMEGA lantas tak hanya dipercaya untuk menjadi Official Timekeeper di Olympic Winter Game PyeongChang 2018 saja, karena pada 9 Maret 2018, OMEGA meneruskan peran pentingnya pada PyeongChang 2018 Paralympics.

Ketika memikirkan peran penting OMEGA dalam PyeongChang 2018, ternyata bukan hanya masalah ketepatan waktu. Tidak sesederhana tampilan digit pada setiap papan skor, namun pengolahan data oleh OMEGA adalah keajaiban yang sebenarnya terjadi dan menjadi jantung utama dari keseluruhan operasi. Seperti pada Olympic Winter Games 2014 di Sochi, Rusia—OMEGA menghitung lebih dari 650.000 periode waktu akhir, waktu jeda, peringkat, jarak dan skor. Seluruhnya terjadi dan terbagi dalam 98 peristiwa berbeda setiap harinya dalam dua minggu. Itu adalah volume data yang luar biasa besar jika dibayangkan. OMEGA secara hebat mampu mengolahnya dan menampilkannya ke seluruh papan skor di stadion sampai ke layar televisi hanya dalam waktu 100 milidetik, sungguh menakjubkan!

Bersamaan dengan keterlibatan OMEGA sebagai pencatat ketepatan waktu dalam PyeongChang 2018, merek pembuat jam tangan terbaik asal Swiss ini juga merilis dua edisi spesial jam tangan edisi terbatas bertema PyeongChang 2018. Adalah, OMEGA Seamaster Planet Ocean “PyeongChang 2018” dan OMEGA Seamaster Aqua Terra “PyeongChang 2018” Limited Edition. Keduanya hadir dalam jumlah terbatas 2.018 buah saja, dan membawa karakteristik presisi jam tangan terbaik khas OMEGA dengan ukiran spesial logo “Olympic Games PyeongChang 2018” yang secara strategis diletakkan pada bagian kotak belakangnya.

Teks: Billy Saputra
Foto: OMEGA