Why We Love the New Vantage from Aston Martin

Berbagai daya tarik dari seri Aston Martin: Vantage terbaru.

0
4

Belum lama ini Aston Martin secara resmi meluncurkan varian terbari dari New Vantage. Masih membawa figur karakteristik yang telah menjadi ikon mobil sport ala Aston Martin selama lebih dari tujuh dekade, New Vantage dianggap dapat memenuhi ekspektasi penggemar setianya. Mobil sport seri andalan dari Aston Martin ini pertama kali dipertunjukkan kepada publik tepatnya pada tahun 1951. Aston Martin DB2 menjadi mesin yang menyokong performa dari seri Vantage pada saat itu. Seiring waktu berjalan dan sejarah ditorehkan, beberapa seri lain seperti William Towns-V8 Vantage, lalu V600 Le Mans dengan mesin twin-supercharged, dan V8 Vantage ikut andil dalam proses penorehan sejarah tersebut. Hal ini menjadi bukti, di mana nama dari seri Vantage menguatkan fondasi takhta Aston Martin sebagai produsen mobil sport berperforma tinggi.

Secara tampilan karakter, New Vantage masih memperlihatkan ciri khas garis desain yang tegas, kokoh dan berkarakter agresif. Bukan sesuatu yang aneh sebagai tampilan dari mobil sport, justru malah melambangkan identitas, kehandalan dan kedinamisan serta kemampuan yang dimiliki dari mobil sport tersebut. Selain itu, salah satu kunci utama dari estetika desainnya adalah juga untuk mengakomodasi fitur canggih performance aerodynamic, yang secara sederhana memosisikan splitter depan untuk mengalirkan aliran udara langsung ke bagian bawah mobil, di mana terdapat sistem pendinginan udara. Bagian tersebut sangat lah penting, karena nantinya aliran tersebut dapat membuat bagian diffuser belakang terisi oleh aliran udara yang bersih, untuk kemudian menciptakan tekanan udara yang rendah, secara bersamaan mencegah guncangan yang dihasilkan oleh roda belakang ketika digunakan saat berkendara dengan kondisi tertentu.

Berbekal mesin 4 liter twin-turbo V8, tenaga sebesar 503 HP mampu dihasilkan, sejalan dengan besaran torsi 685 Nm. Posisi mesin yang diletakkan lebih rendah dan jauh di belakang chasis dapat menguntungkan daya cengkeram mobil, karena mampu mencapai titik gravitasi secara optimal dan menyeimbangkan berat mobil secara maksimal. Selain itu, dengan bobot total sebesar 1530 kg, hal ini membuat power-to-weight ratio dan torque-to-weight ratio dari New Vantage memberikan kenyamanan yang luar biasa ketika pedal gasnya diinjak saat berkendara. Kehebatan lain yang berhasil diwujudkan oleh tim engineering Aston Martin ialah kualitas tuning yang luar biasa, suara mesin yang dihasilkan dari induksi mesin, knalpot dan engine-management system-nya terdengar sangat alami, sehingga mampu menambah sensasi berkendara yang semakin mantap.

Memasuki bagian dalam kokpit dari New Vantage, kesan mobil sport yang terlihat dari luar masih kuat terasa. Terutama dari keleluasaan fokus yang diberikan terhadap pengemudi dari bagian setir. Kombinasi dari tombol kontrol bergaya putar dan tekan memberikan kemudahan guna dan akses. Lalu, tombol transmisi PRND juga telah dipindahkan ke dalam formasi segitiga sehingga pengemudi dapat dengan mudah mengubah dan mengganti kontrolnya. Jika melihat sekeliling bagian dalamnya, tema interior dan keputusan dalam menata susunan tata letak kemudinya terlihat benar-benar diperhitungkan. Ruang kepala yang diberikan untuk penumpang terasa cukup baik dan memiliki jeda yang cukup signifikan jika dibandingkan dengan seri-seri Vantage sebelumnya. Menilai berbagai kelebihan dan kenyamanan yang ditawarkan, membuat New Vantage terdengar begitu menarik!

Teks: Billy Saputra
Foto: Aston Martin Jakarta