What’s on Laneway Festival Singapore 2018

Yuk! simak informasi terbaru dan tips seru sebelum berangkat ke Laneway Festival Singapore 2018.

0
44

Laneway Festival Singapore 2018, Sabtu, 27 Januari 2018
The Meadow, Gardens by the Bay

Sudah menjadi suatu hal lumrah ketika antusiasme dan euforia perayaan hari Natal dapat dirasakan lebih awal sejak awal bulan November. Gema euforia yang sama juga dapat ditemukan pada Laneway Festival Singapore 2018, keseruannya terasa sudah “memanas” sejak satu bulan sebelum acara festival musik indie terbesar se-Asia ini dilangsungkan, salah satunya adalah menunggu pengumuman line-up dari siapa saja yang akan tampil dalam festival tahun ini.

Menjabat sebagai festival musik indie paling ditunggu bukanlah hal yang mudah. Setelah melewati lika-liku proses kurasi dan pertimbangan, hasil kerja keras dari seluruh tim Laneway Festival Singapore 2018 terbayar sudah. Tak perlu khawatir, tim penyelenggara Laneway Festival Singapore tahun ini menjamin akan memberikan pengalaman tak terlupakan, karena cukup banyak pemain baru yang akan tampil pada festival kali ini. Berikut adalah daftar penampilan dari penyanyi dan grup band indie yang telah dikonfirmasi akan tampil pada festival musik Laneway Singapore yang ke-8.

Artis Internasional (dalam urutan alfabetis)

Aldous Harding – Amy Shark – Anderson .Paak & The Free Nationals – Billie Eilish – Bonobo – Father John Misty – Loyle Carner – Mac DeMarco – Moses Sumney – Rolling Blackouts Coastal Fever – Slowdive – Sylvan Esso – The Internet – The War On Drugs – Wolf Alice.

Kami cukup antusias untuk segera menyaksikan penampilan dari Anderson .Paak & The Free Nationals. Setelah sebelumnya berhasil mendobrak melalui penampilannya dalam album Dr.Dre yang bertajuk Compton pada tahun 2016, .Paak terus-menerus berkarya hingga namanya semakin dikenal oleh banyak pihak. Penyanyi, pengarang lagu sekaligus produser yang berbasis di Los Angeles, Amerika Serikat ini terkenal lihai berkarya lintas genre. Albumnya yang brilian dengan tajuk Malibu diluncurkan pada tahun 2016. Beberapa single yang memperkenalkan warna khas suaranya adalah Glowed Up dan Money on Me.

Lalu, dua musisi yang kembali tampil tahun ini antara lain adalah Mac DeMarco dan The Internet. Penyair modern sekaligus penghibur sejati Mac DeMarco telah menghipnotis dunia dengan caranya menginterpretasikan sebuah lagu. Penyanyi berumur 26 tahun ini telah menulis, merekam dan merilis hasil rekamannya setiap tahun secara independen. Mac juga meluncurkan sebuah Long Play (LP) This Old Dog di awal tahun 2017.

Sedangkan, penampilan dari The Internet setiap tahunnya pada Laneway Festival Singapore dirasa semakin progresif. Band ini sempat merilis Ego Death pada tahun 2015, tak sia-sia album tersebut berhasil masuk ke dalam jajaran nominasi dari penghargaan Grammy. Meski berada dalam formasi band, setiap anggotanya juga pernah merilis karya secara independen. Seperti sang vokalis, Syd yang meluncurkan album debut Fin. Lalu, Matt Martians yang merilis album resapan funk solo berjudul The Drum Chord Theory. Dan gitaris mereka Steve Lacy yang merilis Steve Lacy’s Demo berisikan enam lagu yang penuh dengan luapan ide segar pribadinya.

Selain musisi internasional, musisi lokal juga turut serta meramaikan Laneway Festival Singapore 2018. Datang dari hampir seluruh penjuru wilayah Asia (Indonesia, Singapura, Filipina dan Malaysia) mulai dari band yang sedang naik daun hingga penyanyi yang sudah cukup sukses, pun ikut berpartisipasi dalam festival ini. Menggenapkan visi dan misi Laneway untuk memperkenalkan talenta baru yang berhasil lolos melalui proses kurasinya.

Artis Asia (dalam urutan alfabetis)

alextbh – Amateur Takes Control – HEALS – MAS1A – Obedient Wives Club – THELIONCITYBOY – The Ransom Collective – Tim De Cotta.

Band rock alternatif asal Indonesia HEALS, akan tampil dengan karakter khas suara distorsi gitarnya. Kehadiran mereka berawal dari kesuksesan single pertamanya yang berjudul Void di tahun 2014. Setahun kemudian, HEALS berhasil menerima tawaran rekaman dalam format kaset. Di tahun 2017, batu loncatan kembali dipijak oleh HEALS dengan merilis album penuh yang berjudul Spectrum, berisikan 10 lagu mengenai perspektif imaninatif mengenai kehidupan manusia.

Dari Singapura, penyari rap yang terkenal melalui radio THELIONCITYBOY akan tampil. Setelah merilis Let’s Talk About Kevin Lester (2010), Everything You Love, You Hate (2013) dan Put Your City On (2014), THELIONCITYBOY merilis album penuh berjudul Paradise pada tahun 2016.

Sedangkan perwakilan dari Filipina, The Ransom Collective yang merupakan band alumni sekaligus pemenang kompetisi Wanderband akan tampil membawakan pancaran suara khas yang menggabungkan pola perkusi yang unik, lead gitar berbasis akustik, dan fase biola penuh melodi dengan karakter vokal yang cukup menonjol. Peluncuran EP mereka di tahun 2014 dan peluncuran album penuh Traces di tahun 2017 sama-sama menerima respon positif dari kritikus musik. Saksikan kehebatan mereka semua secara langsung di #Laneway2018!

Tips seru!
– Sedia payung sebelum hujan dan tabir surya sebelum kulit terbakar. Karena kondisi cuaca di Singapura yang dapat berubah (terik atau hujan), ada baiknya membawa tabir surya dengan level SPF yang cukup tinggi sehingga dapat melindungi kulit ketika kondisi cuaca terik dan panas. Sebagai pencegahan jika cuaca hujan, sediakan jas hujan di dalam tas, karena pada tahun sebelumnya, payung sempat dilarang untuk dibawa ke dalam lokasi festival.
– Tak ada salahnya membawa ekstra kaus atau atasan, karena tak ada yang tahu perubahan cuaca yang akan terjadi nantinya seperti apa. Karena jika ternyata dibutuhkan, tak perlu khawatir karena hanya tinggal mengganti kamar mandi terdekat dan mengganti baju, sehingga tak akan dibuat risih oleh baju yang sebelumnya telah lusuh.
– Powerbank! Seharian berada di dalam festival dengan ponsel pintar untuk memotret dan mengunggah konten ke media sosial akan menguras baterai. Membawa powerbank dapat membantu agar baterai gadget tetap terisi hingga akhir acara. Percaya pada kami powerbank akan sangat membantu, terutama setelah acara ketika ingin menggunakan ponsel pintar untuk memesan taksi online.
– Lokasi Laneway berada di The Meadow, Gardens by The Bay, untuk mencapainya dapat menggunakan kereta MRT. Untuk jalur kereta MRT-nya, dapat menggunakan The Circle Line atau Downtown Line menuju stasiun MRT Bayfront, ambil pintu keluar B dan telusuri lorong bawah tanah untuk kemudian keluar di Dragonfly Bridge atau Meadow Bridge. Lanjutkan dengan melihat petunjuk yang mengarah ke lokasi Laneway di The Meadow.

Untuk informasi dan pembelian tiket Laneway Festival Singapore 2018, klik disini..