Two Wheeled Monster

Merayakan kelahiran monster jalanan baru dari Italia.

0
6

Langsung dari Bologna, Italia, Ducati memberikan sedikit bocoran dari lima deret model motor-super terbaru untuk koleksi tahun 2018-nya. Kelima model tersebut merupakan lini dari Monster 821, yang merupakan motor ikonis kelahiran Borgo Panigale, Italia. Pembaharuan ini merupakan wujud perayaan hari jadi ke-25 tahun dari model orisinalnya yang juga dahulu diluncurkan pada Cologne Show pada bulan Oktober 1992. Lini 821 pun mewarisi seluruh karakter dan pesona dari tampilan edisi Monster 900, sebuah kendaraan bermotor roda dua berkecepatan tinggi—hasil gabungan dari kombinasi performa tinggi, kelincahan dan kemudahan kemudi bagi pengendaranya.

Perubahan yang diterapkan pada Monster 821 mengadopsi estetika desain dan fitur fungsi yang juga diperkenalkan pada lini Monster 1200. Ramping dan begitu memesona dengan simplifikasi desain ulang terbaru pada bagian tanki dan ekornya, mengambil inspirasi dari versinya di tahun 1992. Monster 821 diciptakan untuk menjadi yang terdepan di aspal jalanan dan juga dari segi penampilan, desainnya klasik namun juga kontemporer. Demi memberi kemudahan bagi pengemudi dalam melihat seluruh informasi motor, terdapat layar berteknologi TFT, yang membuka celah untuk pengaturan dari pengendalian roda gigi dan juga indikator bahan bakar. Ducati Quick Shift up/down dan Ducati Multimedia System dihadirkan sebagai pelengkap yang menambah kenyamanan dalam pengalaman berkendara yang ditawarkan dari 821.

Untuk sentuhan akhir dari segi penampilannya, Monster jalanan ini kembali muncul dengan warna cirikhas Ducati yaitu kuning. Pilihan warna yang juga digemari oleh para banyak pecinta motor Ducati di masa lampau. Warna ini juga secara eksklusif hanya hadir dalam lini 821, bersaing dengan opsi warna lain yaitu hitam pekat dan merah merona. Pacuan hingga 109 HP dan 9250 rpm dari liquid-cooled twin cylinder Testastretta-nya memberikan sensasi getaran kemudi; semua ini mampu diciptakan oleh torsi 8.8 kgm (86Nm), sehinga Monster 821 mampu menjamin sebuah kinerja yang atraktif, mudah dikendarai, dan memuaskan hasrat berkendara pengemudinya.

Sebagai motor dengan kecepatan tinggi, Monster 821 juga dimodali Ducati Safety Pack, yang terdiri dari Bosch ABS dan Ducati traction Control, keduanya memiliki level intervensi yang dapat diatur dan disesuaikan oleh pengemudinya ketika berkendara. Riding Modes juga menjadi penjamin kemudahan atur dari ABS, DTC dan Power Modes (mengontrol tenaga tercepat dan tipe pelepasannya), sehingga memungkinkan untuk 821 dapat ditransformasikan menjadi tiga jenis motor berbeda, dengan masing-masing karakternya. Melengkapi perlengkapan luar biasanya, sistem pengereman dari Brembo ditanamkan, dengan dual-discs 320mm dan M4-32 monobloc radial callipers pada bagian depannya. Sistem suspensinya juga termasuk dari 43 mm forks pada bagian depan, dan alat peredam getar pada bagian belakangnya.

 

Teks : Billy Saputra
Foto : Ducati

SHARE
Previous articleThe Digital Belles
Next articleDay to Day Companion