By Invitation Only

Mengamati mobil super eksklusif Ferrari FXX-K Evo

0
18

Merupakan suatu kebanggaan bagi seseorang untuk memiliki sebuah supercar. Apalagi, jika supercar tersebut secara eksklusif hanya dapat dinikmati secara terbatas. Seperti yang baru-baru ini diluncurkan oleh Ferrari. Beruntunglah bagi mereka kaum royal terpilih sekaligus penggemar fanatik supercar Ferrari yang mendapat tawaran untuk berkesempatan memiliki dan merasakan pengalaman untuk mengendarai Ferrari FXX-K Evo.

Mengapa begitu istimewa? Karena mustahil untuk dapat melihat mobil hasil eksperimen laboratorium berkemampuan mencengangkan ini di jalanan umum. Meski memiliki daya pacu yang tak kalah cepat dengan mobil balap sirkuit, tidak menjadikan FXX-K Evo secara otomatis boleh digunakan di sembarang sirkuit. Penggunanya dapat tetap menikmati kemampuan maksimal dari FXX-K Evo, namun tetap di bawah pengawasan program yang telah didedikasikan khusus kepadanya.

Sebagai mobil dengan prasyarat istimewa, tentu pengembangannya dipersiapkan secara matang oleh tim engineer Ferrari di Maranello. Untuk menyeimbangi kecepatannya yang tinggi, daya tekan ke bawahnya ditingkatkan. Cukup signifikan, daya tekannya terhitung 23% lebih besar ketimbang versi FXX-K sebelumnya. Daya tekannya juga 75% lebih besar jika dibandingkan dengan mobil Ferrari (road legal) pada umumnya. Sehingga daya cengkeramnya dapat mencapai 830 kg ketika digeber hingga indikator kecepatan menyentuh garis merah.

Menciptakan daya tekan atau downforce yang mumpuni bukanlah perkara mudah. Sehingga waktu yang dihabiskan oleh tim engineer Ferrari dalam mengembangkan FXX-K Evo menjadi setimpal ketika berhasil merakitnya. Hasilnya berupa pemasangan sayap belakang terbaru dengan kemampuan adaptif yang dapat menyesuaikan dengan spoiler-nya. Juga terlihat munculnya sirip kecil pada bagian belakang, dan penambahan generator vortex dalam mesin V-12-nya.

Secara menyeluruh, badan FXX-K Evo didesain untuk mampu memanfaatkan aliran angin secara maksimal. Sehingga desain bumber depan dan belakang, serta suspensinya telah diatur untuk dapat dialiri arus angin, sambil memberikan daya tekan yang telah disebutkan di atas. Karakteristik mobil super lain juga terdapat pada bagian setirnya, termasuk integrasi gear-shifting paddles sekelas mobil F1, yang juga mendukung KERS Manettino yang mampu memperbaiki kemudahan sistem kendali secara menyeluruh.

Memasuki bagian dalam dan kokpitnya, terdapat layar yang juga menampilkan sistem kamera belakang dengan ukuran cukup besar yaitu 6,5 inci. Layar ini juga memiliki fungsi untuk menampilkan data telemetri, parameter dan status mobil yang mudah dipahami. Program trek khusus untuk penggunaan mobil jenis XX ini telah dijadwalkan pada musim depan. Tepatnya mulai Maret 2018 sampai Oktober 2019.

 

Teks : Billy Saputra
Foto : Ferrari

SHARE
Previous articleDay to Day Companion
Next articleRoyal Residential