It’s Electrifying

Mempelajari konsep mobil listrik masa depan dari Mercedes-Benz.

0
23

Konsep dan skema dalam menciptakan kendaraan bebas emisi juga dikembangkan oleh perusahaan mobil asal Jerman, Mercedes-Benz melalui mobil konsep yang masuk di kelas kompak, yaitu EQ. Seri mobil konsep EQA diperkenalkan sebagai mobil konsep dengan keseluruhan pengoperasiannya menggunakan energi listrik. Selain itu, mobil konsep ini juga dinyatakan tak hanya semata kendaraan elektrik, nama EQ menjadi kapsulasi dari ekosistem elektrik dengan kemampuan teknologi dan kandungan inovasi yang komprehensif.

Menurut Dr. Dieter Zetche, CEO dari Daimler AG dan Kepala dari Mercedes-Benz Cars, “Masa depan dari mobilitas Mercedes-Benz akan berdiri di atas empat pilar: Connected, Autonomous, Shared, and Electric.” Kemudian ia menambahkan, “Kendaraan bermobil yang bebas emisi adalah masa depan yang diimpikan, sehingga kami mencoba menjawabnya dengan mobil konsep EQ, sebuah lini mobil yang tak hanya menjadi sebuah kendaraan bermotor elektrik semata,” lanjutnya.

Tak hanya kendaraan bermotor elektrik semata, mobil konsep EQA di tenagai oleh dua buah penggerak elekrik yang bertenaga, dengan sistem pengeluaran yang mampu ditingkatkan lebih dari 200kW, hal ini dibantu oleh komponen baterai yang berkualitas tinggi, serta all-wheel drive yang mampu memberikan performa dinamis dan luar biasa. Ditambah dengan kombinasi dari sistem operasi intelijen dari Mercedes-Benz, EQA mampu mencapai jarak tempuh hingga 400 km, tergantung dari kapasitas baterai yang ditanamkan.

Sebagai mobil konsep elektrik, tentu pengisian baterai juga masuk ke dalam pengembangan, sehingga modul pengisian induksi dan stasiun pengisian dipersiapkan secara matang oleh Mercedes-Benz. Tampilan interior dan eksteriornya benar-benar futuristik. Dari luat terlihat berbagai garis minimalis dengan warna silver dan biru pada bagian bumper-nya. Lalu dari bagian dalam, kokpit serta area kontrol di sekitarnya memiliki tampilan berteknologi OLED. Melihat teknologi dan perkembangan dari industri otomotif saat ini, termasuk melihat wujud nyata dari konsep Mercedes-Benz EQA, rasanya semakin tidak sabar untuk segera hidup di “masa depan” yang ramah lingkungan.

Teks: Billy Saputra
Foto: Mercedes-Benz

SHARE
Previous articleLuxe Shore
Next articleHistorical Affair