Lavish and Delish

Mencari kekayaan cita dan rasa dari Venezia.

0
28

Setelah menghadiri Milan Men’s Fashion Week bulan Juni yang lalu, The Folio sempat mampir ke kota Venice. Kota yang identik dengan festival topeng kenamaan tiap bulan Februari ini selalu memiliki daya tarik sendiri meski telah beberapa kali mengunjunginya. Kali ini, bertepatan dengan Venice Art Biennale yang ke-57 kota terapung ini dipenuhi dengan karya seni yang menjadi dekorasi diluar bangunan-bangunan bersejarah sejak masa keemasan jalur perdagangan Italia ini. Tak lengkap rasanya jika mampir ke Venice tanpa mencoba ranah kuliner asal Italia. Untuk mengobati rasa penasaran tentang cita rasa asli Venezia saya sempat menyambangi salah satu restoran legendaris yang berada pada salah satu hotel kenamaan Belmond Hotel Cipriani.

Terletak di ujung canal Giudecca dan hanya lima menit menyebrang dari Piazza St. Marco, Belmond Hotel Cipriani menawarkan akomodasi luks yang menghadap ke arah hamparan taman hijau dan lagun yang teduh. Para tamu bisa menikmati fasilitas dengan bersantai di kolam renang ukuran Olimpiade yang berhadapan dengan sisi barat perairan Venice, menyewa yacht pribadi atau menikmati masakan berbintang Michelin di salah satu restorannya yang diberi nama Cip’s Restaurant.

Nama Cip’s dipilih sesuai dengan panggilan pemiliknya Cipriani yaitu Cip’s. Restoran Cip’s yang berada di Belmond Hotel Cipriani menyambut The Folio dengan sajiannya yang tentu memiliki sajian khas Italia dengan cita rasa bintang lima dan telah mendapat berbagai ulasan termasuk dalam deretan Michelin Guide tahun 2017. Lokasi restoran Cip’s sendiri berada di teras depan hotel yang terletak bersebrangan dengan halaman Piazza St. Marco. Ketika menyantap hidangan, para tamu menghadap langsung kearah gradasi arsitektur Venetian yang megah dan bersejarah.

Ada empat langkah dalam tata cara kuliner khas Italia, pertama makanan pembuka, kedua makanan pembuka berupa pasta, ketiga hidangan utama dan terakhir makana penutup. Pertama-tama saya memesan menu pembuka yaitu beef carpaccio dan truffle gnocchi. Irisan daging sapi yang diberi garnish pickles segar terasa sangat pas dipasangkan dengan pasta gnocchi berisi keju sebelum menikmati main plate selanjutnya. Selagi menunggu hidangan utama, ada sebuah dingin perpaduan soda, sirup jeruk, buah ceri dan bahan lain yang dirahasiakan bernama Italian Soda yang hanya bisa didapatkan di restoran ini. Tak berapa lama menu utama favorit Cip’s dihidangkan diatas piring berukuran besar, Grilled Lobster lengkap dengan eggpalnt salad sebagai pelengkap. Lobster yang memang berasal dari perairan sekitar Venice ini sangat menggugah selera dengan bumbu perpaduan manis dan asin didalamnya. Diujung santapan pannacotta dan tiramisu tradisional telah menanti sebagai pencuci mulut. Mangiare bene e tutto fantastico!

Teks : Gracyamanda Hutabarat
Foto : Belmond Hotel Cipriani Venice

SHARE
Previous articleHistorical Affair
Next articleDouble Feature